7 Rekomendasi Set Top Box Terbaik 2024

#Tags

Pada tanggal 2 November 2022 lalu, siaran televisi (TV) analog di seluruh wilayah Indonesia dimatikan secara serentak. Kebijakan ini disebut Analog Switch Off (ASO) yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia. Sejak saat itu, dibutuhkan set top box untuk tetap dapat melihat siaran televisi.

Set-Top Box atau sering disingkat sebagai STB, adalah perangkat elektronik yang dirancang untuk meningkatkan fungsionalitas televisi. STB biasanya berbentuk kotak kecil yang terhubung ke televisimu melalui kabel atau nirkabel.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih STB:

Ketika memilih STB, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan agar mendapatkan perangkat yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pertama, pastikan STB yang Anda pilih kompatibel dengan televisi Anda. Periksa apakah televisimu memiliki port yang sesuai dengan jenis koneksi STB yang akan Anda gunakan, seperti HDMI atau AV.

Set Top Box Luby DVB-T2-02

Set Top Box Luby DVB-T2-02

Set Top Box Luby DVB-T2-02 sudah mendukung resolusi layar hingga Full HD 1080p. Jadi tampilan siaran makin terasa lebih nyaman di mata. Set top box ini juga sudah mendukung HDMI 1.3 (1080P) serta memiliki fitur auto dan manual untuk memindai siaran TV digital. Kamu juga dapat internetan melalui perangkat ini dengan menambahkan dongle wifi dibeli terpisah. STB ini memiliki harga berkisar RP. 157.000 (harga bisa saja berubah sewaktu waktu).

Set Top Box TANAKA DVB T2

Set Top Box TANAKA DVB T2

Merk set top box ini merupakan merk rekomendasi dari kominfo. STB ini didukung dengan antena UHF yang bisa menangkap siaran dengan stabil. Terdapat 2 output untuk terhubung ke TV lamamu yaitu dapat menggunakan kabel HDMI atau bisa juga dengan kabel RCA. Perangkat ini juga sudah bisa digunakan untuk nonton Youtube dengan menambahkan dongle wifi. STB ini memiliki harga berkisar Rp199.000 (harga bisa saja berubah sewaktu waktu).

Set Top Box Digital DVB T2 – PDV 600T2

Set Top Box Digital DVB T2 – PDV 600T2

Dilengkapi dengan early warning system (EWS) atau sistem peringatan dini bencana, Set-top box POLYTRON ini dapat menangkap siaran TV digital menggunakan antena UHF biasa. Alat ini juga sangat fleksibel karena dapat digunakan semua jenis dan merek TV.

Kualitas gambarnya pun dijamin setara dengan TV kabel berlangganan. Anda bisa menonton acara TV yang stabil, tanpa semut, atau bayang-bayang. Kamu pun dapat merekam siaran TV dengan cukup memasang flashdisk sebagai media penyimpanannya. STB ini memiliki harga berkisar Rp425.000 (harga bisa saja berubah sewaktu waktu).

Set Top Box TV Digital GOLDSAT REVO DVB T2 Terrestrial

Set Top Box TV Digital GOLDSAT REVO DVB T2 Terrestrial

Set Top Box TV Digital GOLDSAT REVO DVB T2 Terrestrial dirancang untuk menerima siaran TV digital dengan menggunakan antena TV UHF. Dengan menggunakan MT7601 USB Wifi Dongle Receiver yang dapat dibeli terpisah, kamu dapat menambah fitur youtube. Selain itu kamu juga dapat menambah fitur lain seperti WETV, TikTok, Media Player, dan IPTV. STB ini memiliki harga berkisar Rp168.000 (harga bisa saja berubah sewaktu waktu).

Set Top Box LUNA X EVERCOSS

Set Top Box LUNA X EVERCOSS

Set Top Box LUNA X EVERCOSS merupakan receiver TV digital yang sudah support resolusi Full HD, yang membuat kualitas menonton TV menjadi naik kelas, serta dapat merekam Siaran yang berlangsung. Set top box PRO ini sudah dilengkapi juga dengan koneksi HDMI, USB, serta support Wifi dongle (Dijual terpisah). STB ini memiliki harga berkisar Rp 159.000 (harga bisa saja berubah sewaktu waktu).

Set Top Box Advance STP A01

Set Top Box Advance STP A01

Set Top Box Advance STP A01 Set Top Box dari Advance untuk antena UHF. Dengan kualitas gambar Full HD 1920x1080, dua output HDMI dan RCA, recording dengan USB, Set Top Box ini menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya. STB ini juga memiliki gambar jernih. STB ini memiliki harga berkisar Rp. 158.000 (harga bisa saja berubah sewaktu waktu).

DVB T2 Venus Cabai Rawit

DVB T2 Venus Cabai Rawit

Set top box ini merupakan brand lokal yang sudah terkenal karena memiliki produk parabola miliknya. Menghadirkan konsep yang minimalis dengan material berkualitas, STB ini dinilai mempunyai tuner yang lebih sensitif. Bahkan, produsen ini mengklaim produknya mampu menayangkan siaran televisi bebas noise yang tajam dan jernih. Venus juga menawarkan fitur early warning system yang akurat pada produknya ini. STB ini memiliki harga berkisar Rp145.000 (harga bisa saja berubah sewaktu waktu).