Sepeda Listrik Beam di Kota Bogor, Alternatif Kendaraan Bagi Warga

#Tags

Kendaraan listrik semakin populer di Indonesia. Salah satunya adalah sepeda listrik yang mulai diadopsi di beberapa kota, termasuk Kota Bogor. Di Kota Bogor, Pemerintah Kota bersama dengan PT Beam Mobility telah memperkenalkan sepeda listrik untuk digunakan sebagai alternatif transportasi yang ramah lingkungan.

Melalui kerja sama antara Pemerintah Kota Bogor dan PT Beam Mobility, sebanyak 665 unit sepeda listrik telah disediakan untuk digunakan oleh masyarakat. Selain itu, PT Beam Mobility juga menghadirkan armada sepeda motor listrik berbagi, BEAM Rover, yang dapat digunakan di Kota Bogor.

Namun, seperti halnya dengan kendaraan lainnya, sepeda listrik juga memerlukan perawatan dan perbaikan. Sayangnya, banyak sepeda listrik di Kota Bogor yang mengalami kerusakan dan ditinggalkan begitu saja di jalanan. Hal ini menyebabkan sepeda listrik yang masih bisa digunakan menjadi berkurang, dan menjadi bahan pembicaraan di masyarakat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, PT Beam Mobility mulai mengubah aturan penggunaan sepeda listrik di Kota Bogor. Setiap pengguna yang melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh PT Beam Mobility akan didenda sebesar Rp 150.000,-. PT Beam Mobility berharap dengan adanya aturan yang lebih ketat, pengguna sepeda listrik di Kota Bogor akan lebih memperhatikan kendaraan yang mereka gunakan dan merawatnya dengan baik.

Cara Menggunakan Beam Rover

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan sepeda listrik atau BEAM Rover di Kota Bogor, PT Beam Mobility telah menyediakan langkah langkah untuk menggunakannya. Langkah-langkah tersebut adalah:

  1. Instal aplikasi BEAM di smartphone
  2. Buka aplikasi dan Anda akan masuk ke dalam sebuah peta yang menunjukkan dimana lokasi Beam Rover terdekat
  3. Buat akun dulu
    • Klik menu dan tekan login
    • Masukkan nomor ponsel yang akan digunakan
    • Masukkan nomor email
    • Kemudian tekan sign up
    • Aplikasi akan mengirimkan kode 4 digit lewat SMS atau Whatsapp
    • Masukkan ke 4 angka tadi ke tempat yang tersedia
    • Tekan kirim
    • Pendaftaran selesai dan halaman menu akan berubah
  4. Jika sudah mendaftar, klik “payment” dan masukkan uang sejumlah minimal 50 ribu rupiah yang akan dipotong pada akhir perjalanan
  5. Temukan lokasi penyewaan Beam Rover, tetapi kalau Anda berada di sekitar Kebun Raya Bogor, bisa langsung menuju tempatnya. Salah satunya dekat Pintu III, Pintu IV dan dekat Lawang Salapan
  6. Jika sudah pergunakan smartphone untuk menscan QR yang ada di dekat setang Beam Rover
  7. Cek semua peralatan kendaraan termasuk rem. Gunakan helm sebelum berkendara.
  8. Mulailah berkendara. Lipat standar kendaraan sebelu duduk di jok BEAM Rover. Untuk berkendara, tekan tombol ‘Go’ secara perlahan.
  9. Untuk mengurangi kecepatan dan berhenti. Lepas tombok ‘Go’ secara perlahan untuk mengurangi kecepatan dan Tarik tuas rem pada stang kendaraan.
  10. Mengakhiri perjalanan. Parkir kendaraan pada tempat yang sudah ditentukan.
  11. Lipat kembali standar BEAM Rover hingga berdiri sebelum mengakhiri perjalanan.
beam rover bogor
Sumber : tangkapan layar ridebeam.com

Pemakai sepeda listrik Beam Rover diperkenankan untuk mengembalikan sepeda di lokasi yang berbeda, misalkan tempat awal dari dekat Tugu Kujang dan mengembalikan di Lapangan Sempur.


Dalam penggunaannya, pengguna harus memperhatikan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh PT Beam Mobility. Contohnya, pengguna harus menggunakan helm dan tidak boleh melanggar aturan lalu lintas. Pengguna juga harus mengembalikan kendaraan pada lokasi yang telah ditentukan oleh PT Beam Mobility.

BACA JUGA :

Tentang BEAM Rover

Sepeda listrik dari Beam yang disebut beam rover merupakan alternatif kendaraan mobilitas mikro yang dipilih oleh berbagai kota untuk mengurangi kemacetan dan emisi karbon/CO2 dan NO2.

Sepeda listrik ini dilengkapi dengan fitur komunikasi IoT yang dapat mengunggah status setiap kendaraan secara langsung. Hal ini memungkinkan BEAM untuk menerapkan sistem geofence yang dapat mendeteksi jika terdapat permasalahan pada armada dan memperbarui kondisi armada di lapangan, termasuk ketika baterai perlu diganti. Selain itu kecepatan BEAM Rover sudah diatur tidak melebihi dari 25km/jam fitur ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna.

Tarif Penggunaan Beam Rover

Tarif untuk penggunaan beam adalah Rp. 1,750 untuk biaya akses dan rp. 700 untuk setiap menitnya. Jadi, untuk 15 menit pemakaian tarifnya berkisar Rp. 12.000.-

Tentang Pengelola Beam

Beam Electric di kota Bogor dikelola oleh PT Beam Mobility Indonesia, sebuah perusahaan mobilitas mikro berbagi yang didirikan pada tahun 2018. PT Beam Mobility Indonesia telah beroperasi di berbagai negara di Asia Pasifik seperti Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, Turki, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Dengan armada seperti sepeda listrik atau skuter, perusahaan ini melakukan kerja sama dengan pemerintah kota untuk menghadirkan moda transportasi baru yang aman, terjangkau, dan berkelanjutan. PT Beam Mobility Indonesia terus mengembangkan inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik dan meningkatkan kualitas mobilitas di kota-kota di mana mereka beroperasi.

Penutup

Melalui penggunaan sepeda listrik atau BEAM Rover, diharapkan dapat mengurangi dampak negatif pada lingkungan, khususnya dalam mengurangi emisi gas buang. Selain itu, penggunaannya yang terjangkau juga dapat membantu masyarakat untuk menghemat biaya transportasi.

Dengan adanya inisiatif dari Pemerintah Kota Bogor dan PT Beam Mobility, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap lingkungan dan memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.