3 Doa Setelah Sholat Dhuha Agar Untuk Melancarkan Rezeki dan Memudahkan Urusan

#Tags

Umat islam diwajibkan mengerjakan sholat fardhu lima waktu, sebagaimana shalat adalah rukun islam.  Selain itu, ada pula sholat sunnah yang dianjurkan, salah satunya untuk dilaksanakan setiap hari adalah sholat dhuha. 

Sholat dhuha menjadi satu dari tiga hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Diriwayatkan oleh Abu Hirairah RA, "Kekasihku SAW mewasiatkan kepadaku tiga hal, yaitu puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat shalat Dhuha, dan shalat Witir sebelum tidur." (H.R. Bukhari dan Muslim No. 721).

Tata Cara Shola Dhuha

Sholat dhuha ddilaksanakan pada pagi hari setelah matahari terbit sampai 15 menit sebelum masuk waktu dzuhur. Sholat dhuha dilaksanakan salah satunya untuk memohon agar dilancarkan rezekinya oleh Allah Swt.
Sholat dhuhaa dilakukan mulai dari 2 rakaat hingga 12 rakaat, dengan pilihan harus angka genap. Berikut tata cara dalam melaksanakan sholat dhuha :

  1. Membaca niat
  2. Takbiratul ihram, lebih baik dilanjutkan dengan membaca doa iftitah
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat atau ayat Alquran, bisa membaca surat Asy Syamsu atau surat lainnya
  5. Rukuk dengan tuma'ninah
  6. I'tidal dengan tuma'ninah
  7. Sujud dengan tuma'ninah
  8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah
  9. Sujud kedua dengan tuma'ninah
  10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Mengulangi urutan nomor 3-9 hingga rakaat keempat
  12. Tahiyat akhir dengan tuma'ninah
  13. Salam
  14. Membaca doa

3 Doa Setelah Sholat Dhuha

Setelah sholat dhuha usai, umat islam dianjurkan untuk memanjatkan doa-doa pembuka pintu rezeki. Banyak doa setelah sholat dhuha yang bisa dipanjatkan. Doa-doa ini telah diajarkan oleh para ulama Muslim.

Berikut 3 doa setelah sholat dhuha yang bisa kamu panjatkan agar dimudahkan dalam segala urusan:

Doa Setelah Sholat Dhuha Riwayat Imam Nasa’i

Doa setelah sholat dhuha yang pertama seperti diriwayatkan An Nasa’i dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

Rasulullah SAW telah sholat dhuha, kemudian beliau bersabda (dengan doa):

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Allahummaghfirli wa tub 'alayya innaka antat tawwabur rohimu.

Artinya: 

“ Ya Allah, ampunilah aku dan maafkan lah aku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Tobat dan Maha Pengampun).”

Rasulullah Saw mengucapkan doa tersebut sampai seratus kali.  Doa tersebut bisa dibacakan sebanyak 40 atau 100 kali


BACA JUGA:
Sholat Dhuha 4 Rakaat : Keutamaan, Niat, Tata Cara, dan Doa Setelah Dhuha

Doa Setelah Sholat Dhuha yang Paling Umum

Doa ini lebih umum dibacakan, sebagaimana dituliskan di al Targhib wa al Tarhib karya Al Mundziri, doa setelah sholat dhuha seperti di bawah ini:

للّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innadh dhuhaa'a dhuhaa'uka wal bahaa'a bahaa'uka wal jamaala jamaaluka wa quwwata quwwatuka wal qudrata qudratuka wal 'ishmata 'ishmatuka. Allahumma in kaana rizqii fis samaa 'i fa anzilhu wain kaana fil ardhi fa akhrijhu wa in kaana mu'siran fa yassirhu wain kaana haraaman fa thahhrihu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bihaqqi dhuhaa 'ika wa bahaa 'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika aatinii maa aataita bihi 'ibaadakash shaalihiin.

Artinya:
" Ya Allah, sesunguhnya dhuha ini adalah dhuha-Mu, semua keagungan adalah keagungan-Mu, semua keindahan adalah keindahan-Mu, semua perlindungan adalah perlindungan-Mu, dan semua kekuatan adalah kekuatan-Mu. 

Ya Allah, jika rezeki hambaMu ini ada di langit, turunkan lah, jika (tertanam) di dalam bumi, keluarkan lah, jika rezeki itu sulit dirahi, mudahkan lah, jika haram, sucikanlah, dan jika masih jauh, dekatkanlah dengan kebenaran Dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, dan kekuatan-Mu. Dan karuniakan lah kepada hamba-Mu ini (rezeki) yang telah Engkau anugerahkan kepada hamba-hambaMu yang saleh."

BACA JUGA:
Sholat Dhuha 2 Rakaat : Tata Cara, Niat, Tata Cara, dan Doa Setelah Sholat Dhuha


Doa Setelah Sholat Dhuha untuk Mohon Ampun

Memanjatkan doa setelah sholat dhuha bertujuan selain agar dimudahkan rezekinya, juga untuk memohon ampunan. Berikut bacaan doa setelah sholat dhuha untuk memohon ampunan kepada Allah SWT:

اَللَّهُمَّ لَكَ اْلحَمْدُ، أَصْبَحْتُ عَبْدَكَ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ، خَلَقْتَنِيْ وَلَمْ أَكُ شَيْئاً، اَسْتَغْفِرُكَ لِدِيْنِيْ، فَإِنَّهُ قَدْ اَرْهَقَتْنِيْ ذُنُوْبِيْ، وَ أَحَاطَتْ بِيْ، إِلاَّ أَنْ تَغْفِرَهَا، فَاغْفِرْهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Allahumma lakal hamdu, ashbahtu 'abdaka 'ala ahdika wa wa'dika kholaqtani wa lam aku syaia, astaghfiruka lidini fa innahu qod arhaqotni dzunubi wa ahathot bi illa taghfirha faghfirha ya arhamar rahimin.

Artinya,
" Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Aku memasuki waktu pagi sebagai hamba-Mu untuk memenuhi janji-janji-Mu. Engkau menciptakan aku sementara aku bukan apa-apa. Aku memohon ampunan kepada-Mu untuk agamaku, sesungguhnya dosa-dosaku telah membebaniku dan telah meliputiku kecuali Engkau memaafkannya, maka maafkanlah wahai Dzat paling penyayang di antara para penyayang."

BACA JUGA:

Penutup

Itulah 3 doa setelah sholat dhuha yang bisa dipanjatkan untuk memohon kepada Allah Swt agar dilancarkan rezeki dan urusannya di dunia. Mari kita jadikan sholat Dhuha sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari kita untuk meraih keberkahan dan kebaikan dalam hidup. Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan dan kekuatan untuk melaksanakan sholat Dhuha secara rutin, sehingga kita dapat merasakan manfaatnya di dunia dan akhirat. Amin.