Nisfu Sya'ban Jatuh pada 8 Maret 2023: Sejarah, Makna, dan Amalan yang Dilakukan

#Tags

 Nisfu Sya'ban adalah salah satu malam yang istimewa bagi umat Muslim. Malam Nisfu Sya'ban jatuh pada tanggal 15 Sya'ban, sekitar dua minggu sebelum bulan Ramadhan tiba. Pada tahun 2023, Nisfu Sya'ban jatuh pada tanggal 8 Maret. 

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengikhbarkan bahwa laporan setiap lokasi rukyatul hilal tidak berhasil melihat hilal pada Senin, 29 Rajab 1444 H atau bertepatan 20 Februari 2023.

nisfu syaban 2023


"Telah dilaporkan penyelenggaraan rukyatul hilal pada Senin Pahing 29 Rajab 1444 H / 20 Februari 2023 M. Laporan tiap lokasi rukyat yang menyelenggarakan rukyatul hilal pada saat ini terlampir. Tidak ada lokasi yang melihat hilal," sebagaimana tertulis dalam Pengumuman LF PBNU Nomor 012/LF–PBNU/II/2023 yang dikeluarkan pada Senin (20/2/2023).
 


Hal ini berarti 1 Sya'ban 1444 H jatuh pada Rabu 22 Februari 2023 M.

"Awal bulan Sya’ban 1444 H bertepatan dengan Rabu Wage 22 Februari 2023 M (mulai malam Rabu) atas dasar istikmal," lanjut poin berikutnya. ADVERTISEMENT Karena 1 Sya'ban 1444 H bertepatan pada Rabu, 22 Februari, maka Nisfu Sya'ban, 15 Sya'ban 1444 H bertepatan pada Rabu, 8 Maret 2023 atau mulai Selasa, 7 Maret 2023, malam.

Dalam artikel ini, kita akan membahas sejarah, makna, dan amalan yang dilakukan pada malam Nisfu Sya'ban.


Sejarah Nisfu Sya'ban


Nisfu Sya'ban berasal dari kata "Nisfu" yang berarti "setengah" dan "Sya'ban" adalah nama bulan dalam kalender Islam. Jadi, Nisfu Sya'ban berarti setengah dari bulan Sya'ban. Malam Nisfu Sya'ban memiliki sejarah yang panjang dalam Islam. Ada beberapa riwayat dari Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa pada malam Nisfu Sya'ban, Allah SWT memperhatikan hamba-Nya dan mengampuni dosa-dosa mereka.

Makna Nisfu Sya'ban

Ada beberapa makna dari malam Nisfu Sya'ban. Pertama, malam Nisfu Sya'ban merupakan waktu yang baik untuk memohon ampunan dan menghapuskan dosa-dosa. Kedua, pada malam Nisfu Sya'ban, umat Muslim dianjurkan untuk berdoa dan berzikir dengan lebih banyak. Ketiga, malam Nisfu Sya'ban juga dianggap sebagai waktu untuk memperbanyak amal kebaikan, seperti bersedekah dan berinfak.

Amalan yang Dilakukan pada Malam Nisfu Sya'ban

Ada banyak amalan yang dilakukan pada malam Nisfu Sya'ban. Berikut adalah beberapa amalan yang sering dilakukan pada malam tersebut:

Shalat Tahajud

Salah satu amalan yang paling penting pada malam Nisfu Sya'ban adalah shalat tahajud. Tahajud adalah shalat malam yang dilakukan setelah tidur sejenak. Pada malam Nisfu Sya'ban, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan shalat tahajud agar mendapat pahala yang berlipat ganda.

Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran juga merupakan amalan yang baik pada malam Nisfu Sya'ban. Umat Muslim dapat membaca Al-Quran sendiri atau bersama-sama dengan keluarga dan teman-teman.

Berdoa dan Berzikir

Pada malam Nisfu Sya'ban, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa dan zikir. Salah satu doa yang biasa dibaca pada malam Nisfu Sya'ban adalah Doa Nisfu Sya'ban.

Bersedekah

Bersedekah adalah amalan kebaikan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Amalan ini memiliki beberapa keutamaan, antara lain mendapatkan pahala, membersihkan harta, menjalin silaturahmi, serta membantu sesama. Melalui bersedekah, seorang Muslim dapat memperbaiki hubungannya dengan Allah SWT, menyucikan harta, mempererat tali persaudaraan, dan membantu sesama. Pada malam Nisfu Sya'ban, umat Muslim dapat memperbanyak amalan kebaikan, termasuk bersedekah, untuk mendapatkan pahala yang besar.

Puasa Sunnah

Puasa sunnah pada hari-hari tertentu, termasuk pada malam Nisfu Sya'ban, juga menjadi amalan yang baik dilakukan. Dengan berpuasa, umat Muslim dapat mendapatkan pahala dan menghapuskan dosa-dosanya.

BACA JUGA :
Penjelasan La Tahzan Innallaha Ma'ana dan Artinya
Surah An-Nas : Keutamaan, Isi Dalam Tulisan Arab, Latin, Beserta Terjemahan

 

Kesimpulan

Malam Nisfu Sya'ban merupakan waktu yang istimewa bagi umat Muslim. Pada malam tersebut, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan kebaikan, seperti shalat tahajud, membaca Al-Quran, berdoa dan berzikir, bersedekah, dan puasa sunnah. Melalui amalan-amalan tersebut, umat Muslim dapat mendapatkan pahala dan menghapuskan dosa-dosanya. Pada tahun 2023, Nisfu Sya'ban jatuh pada tanggal 8 Maret, maka persiapkan diri kita dengan memperbanyak amalan kebaikan dan doa pada malam Nisfu Sya'ban tersebut. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan keberkahan pada kita semua.