Surat Al Kautsar : Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

#Tags

 Al-Qur'an menjadi kitab suci umat Islam yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan 6666 ayat. Satu di antara surat yang sering dibaca saat salat ialah Al-Kautsar. Surat Al Kautsar terdiri atas 3 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah diturunkan sesudah surat Al 'Aadiyaat. 

Dinamakan Al Kautsar (nikmat yang banyak) diambil dari perkataan Al Kautsar yang terdapat pada ayat pertama surat ini.Surat ini sebagai penghibur hati Nabi Muhammad  S.A.W
Surat Al-Kautsar merupakan satu di antara surat pendek di dalam mushaf Al-Qur'an. Bahkan saat salat, surat Al-Kautsar sering menjadi pilihan suratan yang dibaca.

Surat Al-Kautsar terletak di urutan ke-108 di dalam Al-Qur'an. Tepatnya terletak di antara surat Al-Ma'un dan surat Al-Kafirun.

Surat Al-Kautsar diturunkan ke Rasulullah saw. saat beliau merasa sedih. Hal itu dikarenakan beliau ditinggalkan dua orang yang sangat disayanginya. Oleh sebab itu, surat ini merupakan surat yang berfungsi untuk menghibur Rasulullah saw.

Isi dan Makna Ayat Surat Al Kautsar

Profesor Muhammad Quraish Shihab selaku Pendiri Pusat Studi Al Quran dalam wawancara oleh putrinya sendiri, Najwa Shihab, menjelaskan bahwa terdapat kaitan pada makna istimewa Surat Al Kautsar dengan keturunan anak perempuan. Surat Al Kautsar diturunkan saat Nabi Muhammad SAW kehilangan putranya.

“Surat ini diturunkan ketika Nabi Muhammad saw kehilangan putranya. Ketika itu banyak ucapan orang yang menyatakan bahwa Muhammad telah terputus keturunannya,” jelasnya melalui YouTube Najwa Shihab.



Meskipun menjadi surat terpendek di Al Quran, Quraish Shihab menekankan membaca ayat Al Quran itu panjang atau pendek tetap hendaknya menghayati maknanya. Oleh karena itu tentu menarik jika membahas arti ayah Surat Al Kautsar lengkap. 

Ayat 1 :

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ


Inna a’thoinaa kal kautsar

 “Sesungguhnya Kami telah menganugerahkan kepadamu (Nabi Muhammad SAW) Al Kautsar (yakni kebajikan yang banyak, termasuk sungai di Surga yang dijanjikan Allah SWT.”


Arti ayat Surat Al Kautsar oleh Quraish Shihab ini menerangkan tentang anugerah kepada Rasulullah SAW beserta dampak buruk orang yang membenci Nabi Muhammad SAW. Selain itu, surat ini bertujuan mengajak umat Islam sangat menghormati Nabi Muhammad SAW. Bukan hanya sebagai nabi, tetapi sebagai manusia.

Umat Non-muslim menghormati Nabi Muhammad SAW sebagai manusia. Oleh karena itu, sebagai umat muslim wajib memberikan penghormatan lebih besar yakni sebagai manusia dan sebagai nabi.

Surat ini menggambarkan kedudukan Nabi Muhammad SAW di sisi Allah SWT dan ancaman bagi mereka yang membencinya. Baik membenci ajaran maupun pribadinya.

BACA JUGA:
Surah An-Nas : Keutamaan, Isi Dalam Tulisan Arab, Latin, Beserta Terjemahan

Ayat Seribu Dinar : Pengertian, Tulisan latin, Arti, Keutamaan dan Waktu Mustajab Baca


Ayat2 :

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ


Fasholli lirabbika wanhar

“Maka berdoalah demi Tuhan Pemeliharamu dan sembelihlah (binatang untuk engkau sedekahkan kepada yang membutuhkan).”


“Maka berdoalah demi Tuhan Pemeliharamu dan sembelihlah (binatang untuk engkau sedekahkan kepada yang membutuhkan).”

Arti ayat Surat Al Kautsar oleh Quraish Shihab ke dua ini memberikan tuntunan kepada manusia jika memperoleh ana maka sembelilah binatang sebagai tanda syukur atau yang biasa disebut Aqiqah.



Ayat 3 :

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ


Innasyaa ni aka huwal abtar

“Sesungguhnya pembencimulah yang terputus dari keturunan dan kebajikan."



Ayat ini menerangkan bagi siapapun yang membenci dan memusuhi Nabi tidak lagi dikenal keturunannya. Mereka terputus dari kebajikan.

Asbabun Nuzul surah ini yakni ketika Nabi Muhammad SAW dianugerahi putra tetapi meninggal dunia. Orang-orang menganggap keturunan Nabi berhenti saat itu karena yang melanjutkan keturunan itu laki-laki bagi mereka. Kemudian turunlah surat ini.

Surat ini seakan menjadi jawaban bahwa keturunan Nabi Muhammad SAW  itu juga termasuk perempuan. Sama halnya Nabi Isa AS yang tidak memiliki ayah, Nabi Isa AS adalah keturunan Maryam, seorang perempuan.

Itulah penjelasan tentang arti ayat Surat Al Kautsar oleh Quraish Shihab.