Cara Cek IMEI HP / iPhone

#Tags

Saat ini marak penjualan handphone dengan harga miring, baik ponsel smartphone android maupun Iphone. Meski mendapatkan harga yang lebih murah, bukan berarti tidak ada masalah. Bisa jadi produk hp yang murah tersebut adalah produk black market, alias tidak melalui jalur yang resmi.  

Jika demikian, kemungkinan besar hp atau iphone yang digunakan tidak dipakai. Hal ini karena IMEI dari ponsel tersebut tidak terdaftar. 

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity (IMEI), identitas peralatan mobile internasional. IMEI biasanya terdiri dari 15 digit angka dan berfungsi menjadi nomor identitas perangkat. Nomor IMEI dipakai oleh operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang tersambung ke jaringannya.

Mengecek nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) iPhone bisa dilakukan dengan mudah. Cek IMEI iPhone bisa dilakukan melalui menu pengaturan dengan beberapa langkah singkat.

Apabila nomor IMEI iPhone yang dicek tidak terdaftar, maka bisa dipastikan iPhone tersebut adalah barang dari pasar gelap. Jika BM, maka iPhone akan diblokir.

Cara Cek IMEI Handphone / Iphone

Untuk cek IMEI iPhone resmi atau BM, pengguna harus mengetahui nomor IMEI iPhone dulu dengan memeriksanya di kode USSD *#06#. Bagi pengguna Iphone, Selain itu, nomor IMEI juga bisa diperiksa lewat menu pengaturan iPhone. 

  1. Klik menu ikon gerigi roda untuk mengakses menu "Pengaturan". 
  2. Kemudian, pilih "Umum" dan klik opsi "Mengenai". 
  3. Selanjutnya, gulir ke bawah hingga menemukan kolom IMEI yang tertera 15 digit angka. 

Cara memeriksan  IMEI hp/iPhone resmi atau BM bisa dilakukan lewat situs milik Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dengan cara sebagai berikut: 

  1. Buka tautan atau link cek IMEI Kemenperin berikut ini https://imei.kemenperin.go.id/
  2. Di awal halaman situs web, masukan nomor IMEI iPhone tadi di kolom yang tersedia 
  3. Lalu, klik ikon kaca pembesar 
  4. Jika muncul tulisan "IMEI terdaftar di database Kemenperin" maka dapat dipastikan iPhone yang Anda miliki telah didistribusikan lewat jalur resmi. 
  5. Namun sebaliknya, apabila muncul tulisan "IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin" maka perangkat milik Anda adalah ponsel selundupan.  

Cara cek IMEI  di atas tidak bisa digunakan untuk mengetahui apakah perangkat Anda adalah iPhone asli atau abal-abal. Cara cek IMEI iPhone tersebut hanya untuk mengetahui status pendistribusian ponsel milik Anda, apakah hp/iPhone tersebut adalah barang BM atau resmi. 

Sementara itu, untuk mengetahui apakah iPhone itu asli atau tiruan caranya beda lagi. iPhone asli bisa diidentifikasi lewat situs https://checkcoverage.apple.com/ dengan memasukkan nomor seri perangkat.