Earphone : Tips Memilih, Contoh Headset Murah, Dan Rekomendasi Earphone Wireless

#Tags

Bagi anda suka mendengarkan musik melalu gadget, atau bermain game,  pastinya membutuhkan sekali earphone. Meski, ada pelantang suara (speaker) biasa, namun sensasinya berbeda  jika menggunakan earphone. 



Meski demikian,  banyak orang yang masih bingung bagaimana cara memilih headset atau earphone yang bagus. Yang pertama anda harus menyesuaikan headset atau earphone yang ingin anda beli dengan kebutuhan anda. Karena tak semua headset atau earphone itu sama, baik dari segi harga, bentuk, dan lain sebagainya.


Tips Memilih Headset / Earphone Yang Bagus

Kali ini halamanbogor berbagi sedikit tips bagaimana cara memilih headset atau earphone yang bagus dan berkualitas.

1. Budget / anggaran dana

Cek punya uang berapa, sehingga anda bisa memilih headphone/headset yang sesuai dengan budget anda. Anda bisa cari di internet mengenai harga dan spesifikasi headphone yang ingin anda beli, lalu bandingkan dengan budget anda.

2. Model headphone / earphone

Ada beberapa macam bentuk headphone, jadi sebelum anda memilih anda pikirkan baik-baik bentuk headphone seperti gimana yang mau dibeli. Ada 3 macam headphone yaitu :

  1. Over ear (model headphone/ speaker menutupi seluruh telinga)
  2. Earbuds (model headphone/ speaker menempel di lubang telinga tapi tidak masuk)
  3. In ear(model earphone / speaker yang masuk ke lubang telinga).


3. Fungsi Yang Akan Digunakan

Anda juga harus menentukan headphone jenis apa Untuk Nge-Game atau Musik dengan selera musik yang anda suka. Seperti lagu metal, hip hop cocok dengan headphone tipe Warm (output suara cenderung bass, suara bass jedag jedug, suara agak kecil). Aliran rock, klassik cocok dengan Bright (output suara cenderung treble) atau Natural (treble dan bass seimbang) dsb.

4. Spesifikasi headphone

a. Frekuensi
Kemampuan headphone dalam merespon frekuensi gelombang suara. Contoh: 6.000 Hz – 28.000 Hz. Headphone yang bagus memiliki rentang frekuensi yang besar, semakin lebar rentangnya semakin baik. Semakin rendah frekuensi bawahnya semakin baik karena headphone bisa memperdengarkan suara-sauara berfrekuensi rendah. Selain itu semakin tinggi frekuensi atasnya semakin baik. Mungkin aja ada beberapa suara yang tidak terdengar selama ini jadi muncul.

b. Impedance (hambatan)
Untuk Impedance, semakin besar itu belum tentu semakin baik atau sebaliknya. Namun dapat disesuaikan dengan selera kita. Biasa-nya headphone  memiliki impedance >= 32 ohm.

c. Sensitifitas
Sensitifitas headphone ditunjukan oleh tuliasn SPL (Sound Pressure Level) dalam satuan mW (mili Watt) atau kalau di kemasannya langsung ditulis desiBel. Contoh: 114 dB. Dari sini kita bisa mengetahui seberapa keras suara yang dapat dikeluarkan oleh sebuah headphone. Semakin besar angkanya semakin keras suaranya, jadi gak perlu ngebesarin volume player kita. Tapi tetap harus hati-hati karena dengan angka yang besar bisa menggangu fungsi pendengaran kita bahkan kerusakan pendengaran secara permanen. Amannya, carilah headphone yang memiliki sensitifitas 100 dB.

Demikian tadi beberapa tips dalam memilih earphone/ headset / headphone.

Rekomendasi Earphone Bagus dan Murah

Jika sebelumnya, sudah tahu cara memilih earphone, berikut ini kami bagikan beberapa pilihan rekomendasi earphone dengan harga di sekitar 50 Rb- an. Harga mungkin bisa berubah sewaktu waktu dari penjual tanpa pemberitahuan sebelumnya. 

COPPER EXTRA BASS Series Earphone CP014 dari Copper

earphone murah

 Harga aslinya 110Rb, tapi saat artikel ini ditulis sedang ada promo dari Tokopedia, jadi harganya 50rb, belum termasuk ongkos kirim. Bisa cek di tautan pembelian di https://tokopedia.link/sBDl73AyPsb

Headset | Handsfree | Earphone JETE HX1 Super Bass

earphone bagus

 Merk : Jete
Model : HX1
Driver Unit : 10mm / 15mm Speaker
Microphone : Yes
Noise Cancelling : Yes
Panjang Kabel : 120 cm
Warna : Hitam, Merah, Gold, Grey

Harga 160Rb-an. Tapi saat ini sedang promo di Toped seharga 52Rb... cek langsung di https://tokopedia.link/6U4mpI4yPsb

 MINISO Earphone Kabel Musik Stereo HD Anti Bising Metal Headset Earbud Headphone Handsfree Mic Mikropon Dengan Kotak Penyimpanan

 

earphone bagus

Bagi penggemar produk miniso atau Bear Bears, produk earphone ini bisa melengkapi koleksimu.  

Dengan suara Hi-Res Balanced. Keseimbangan frekuensi bass, midrange, dan treble yang netral, suara lebih jernih dan kencang. Desain Ergonomis, nan lembut. Plusc dilengkapi dengan tas/tempat headphone We Bare Bears yang lucu

earphone bagus

Harga biasa 89Rb-an. Tapi saat ini sedang promo di Toped seharga 51Rb... cek langsung di https://tokopedia.link/99u3RkLzPsb

 

COPPER ULTRA CLEAR CP2006 Series Earphone / Headset / Handsfree

earphone murah


Kembali earphone/headset dari Copper, model CP2006 mengutamakan kualitas suara yang jenih (ultra clear High Definition), inovasi terbaik kami hadirkan untuk Anda yang suka mendengarkan musik, menginginkan suara jernih saat menonton film favorit Anda serta saat memainkan game favorit. Suara mid dan bass yang seimbang dan jernih tentunya akan memanjakan Anda saat menikmati hiburan digital Anda.

Harga biasa 145Rb-an. Tapi saat ini sedang promo di Toped seharga 50Rb... cek langsung di https://tokopedia.link/ZVzb7A2zPsb

CIJI Earphone/handsfree MI-379 Karakter Kartun Lucu dan Murah

earphone lucu


Ciji Earphone Terbaru dengan Karakter Kartun lucu akan memberikan sensasi yang berbeda saat mendengarkan music/telephone.
Design yang Lucu, simple dan unik ini sangat mudah untuk mudah dibawa dan tidak menghabiskan tempat saat ditaruh di tas

Spesifikasi Produk:
- Materials : ABS
- Cocok dipakai untuk Iphone,Ios System,Samsung,HTC, Millet,xioami,laptop dengan audio jack 3,5mm dan Handphone Android lainnya.
- Panjang Kabel : 1,2m
- Frekuensi Respon : 17-21 KHz
- Impedansi 32 Ohms
- Tingkat tekanan suara : 115 dB ( 1KHz/1Vrm)
- Audio Jack : 3,5mm

Harga biasa 90Rb-an. Tapi saat ini sedang promo di Toped seharga 45Rb... cek langsung di https://tokopedia.link/soTEnVuAPsb

QKZ AK6 DMX BassHead Earphone with mic alt AK6 Pro Max

earphone murah

 

Earphone AK6 DMX memiliki desain modern, lebih warm dengan boost pada mid bass, dan menggunakan an TESLA driver, sehingga AK6 MAX terdengar lebih muddy, muffled (mendem)

Driver/speaker yang digunakan dalam AK6 DMX menggunakan dual magnetic yang memiliki kekuatan mendekati 1 Tesla, atau sering disebut Tesla Magnetic Flux pada merek lain. Biasanya earphone dengan driver seperti ini mempunyai bass yang powerful dan cenderung dominan.

Secara umum, AK6 DMX cenderung dominan bass, dengan vokal yang warm cenderung muddy, dan treble yang smooth. 

Harga biasa 80Rb-an. Tapi saat ini sedang promo di Toped seharga 43Rb... cek langsung di https://tokopedia.link/CBWMpXXAPsb

 Earphone Zenith QKZ CK9 In Ear Earphone with Microphone al KZ


Masih dari QKZ, kali ini Earphone Zenith QKZ CK9. Headset yang memiliki model In-ear ini, iPhone, iPad, Samsung, htc, LG & standard Android smartphone. Desainnya modern, dan harganya juga murah.

 Harga biasa 85Rb-an. Tapi saat ini sedang promo di Toped seharga 55Rb... cek langsung di https://tokopedia.link/NtM0WyFCPsb

ROBOT Headset Earphone RE101


 Earphone dari Robot ini memiliki beberapa keunggulan selain harganya yang terjangkau.

  1. Menggunakan 14 mm composite diagphrapm unit
  2. Memberikan Anti-distorsi yang efektif
  3. Menciptakan suara yang jernih, dan suara bass yang kuat
  4. Kawat kabel yang dibuat menggunakan pola tenunan
  5. Lebih padat dan elastis menjadikan kable lebih awet
  6. Design In-Ear yang mengikuti lekukan telinga
  7. Nyaman dan tidak sakit saat digunakan dalam waktu lama
  8. Dilengkapi tombol multifungi
  9. Cukup dengan satu tombol untuk memainkan dan mematikan musik
  10. Cukup dengan satu tombol mengangkat dan menutup telepon
  11. Dapat digunkan untuk berbagai perangkat dengan interface audio jack 3.5 seperti MP3, Smartphone, Tablet, Komputer, dsb
  12. Bisa digunakan untuk dibawah Iphone 7

 Harganya 29RB  bisa dilihat di https://tokopedia.link/R1nQwQXDPsb

 

Earphone Bluetooth

Jika budget tidak terlalu masalah, dan ingin earphone yang tanpa kabel (earphone wireless) yang sering bikin ribet, maka pilihan kamu mungkin berjodoh dengan earphone bluetooth Baseus. 

earphone bluetooth



Suaranya jernih, gak delay. Lama pemakaian saat nonton atau dengar lagu bisa 4 jam, teleponan bisa 2-3 jam. Pengecasan ulang hanya butuh waktu 1,5 jam.

Selain itu Baseus Encok WM01 True Wireless Bluetooth Earphones memiliki desain imut dan lucu dengan warna yang lembut. Desain earbud yang mini sehingga pas dengan telinga yang pastinya nyaman di pakai seharian.

earphone wireless

 Rasakan kenyamanan dengerin musik sambil bebas beraktivitas tanpa khawatir keserimpet kabel. 

Harga earphone wireless Baseus WM01 antara 180Rb s/d 200Rb. Bisa cek di https://tokopedia.link/fnuFqpFEPsb