Mengenal Citayam - Antara Depok Atau Kabupaten Bogor

#Tags

Beberapa waktu yang lalu aat artikel ini ditulis,  Citayam menjadi sorotan, terutama setelah aksi para remaja asal Citayam datang berkumpul di kawasan Dukuh Atas-Sudirman, Jakarta Pusat, menjadi viral di media sosial.

Para remaja dari Citayam itu Dukuh Atas karena area itu sudah banyak perubahan dan semakin menarik dikunjungi saat akhir pekan. Banyak apresiasi untuk video tersebut, terutama untuk rasa percaya diri dari para remaja di video tersebut. 

Barangkali, yang menjadi sorotan lain adalah karena para remaja Citayam tersebut meninggalkan sampah berserakan di lokasi. Insiden itu yang kemudian memicu pro - kontra di warganet Indonesia.

Lokasi Citayam

Bagi yang jarang meenggunakan layanan moda transportasi KRL jalur Bogor - Jakarta, barangkali nama lokasi Citayam belum terlalu sering didengar. Citayam merupakan daerah di sekitaran Depok dan berbatasan dengan Kabupaten Bogor. Namun secara administrasi, Citayam merupakan nama Desa di Kabupaten Bogor.  Desa Citayam masuk dalam Kecamatan Tajurhalang.  

Meski begitu, disebutkan jika bicara tentang Citayam mencakup seluruh lahan di Kecamatan Cipayung, Kota Depok. Sedangkan dahulu, Citayam merupakan kampung yang bersebelahan dengan Kampung Cipayung.

Ini menjadi anomali sendiri, karena Kampung yang luas tidak diadopsi menjadi nama kecamatan, malah dibagi ada yang ke Depok  (masuk Cipayung) dan Kabupaten Bogor (Tajur Halang).


Dari peta ‘Tjipajoeng: herzien in de jaren 1899-1900’ yang diterbitkan Topographisch Bureau pada 1901, Citayam ditulis dengan Tjitajam. 


Dari peta tersebut, area Citayam meliputi kampung Bojong, Pondok Terong, Rawa Geni, Ratu Jaya, Pabuaran dan Tjitajam. Kampung Citayam dengan beberapa kampung lain yang berdekatan dibentuk menjadi sebuah desa, yang diberi nama Desa Citayam.

Citayam dahulu termasuk dalam Residentie Batavia (Jakarta), Afdeeling (Kabupaten) Buitenzorg (Bogor), District (Kewedanaan) Paroeng. 


Sekarang, Citayam berada di Kecamatan Cipayung, Kota Depok. Kecamatan ini terdiri dari Kelurahan Pondok Terong, Ratu Jaya, Pondok Jaya, Cipayung dan Cipayung Jaya.
Pada 1999, lima kelurahan itu dipisahkan dari Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, dan menjadi bagian Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Kemudian pada 2011 lima kelurahan ini menjadi Kecamatan Cipayung.


Sedangkan Citayam, dimekarkan dengan desa induk bernama Desa Citayam dan desa pemekaran bernama Desa Raga Jaya. Kampung Citayam, merupakan bagian dari Desa Raga Jaya, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor.

Status Citayam ini memang cukup rumit karena bisa jadi secara administrasi berada di Kota Depok atau Kabupaten Bogor saat ini.

Asal Usul  Nama Citayam

Toponimo atau asal usul nama Citayam belum diketahui secara pasti. Namun ada yang menyebut Citayam dari dua suku kata, Cit berasal dari Peuncit dan Ayam. Dalam bahasa Sunda, jika digabungkan menjadi Pameuncitan Ayam. Sedangkan dalam bahasa Indonesia berarti pemotongan ayam.
Tapi mungkin juga seperti toponimi daerah di sebagian besar Jawa Barat, untuk menunjukkan kondisi lokasi. Lokasi dalam hal ini adalah gambaungan dari 2 kata Ci dan Tayam. Ci  merujuk ke kata Cai, yang artinya aliran air, dan Tayam sebuah jenis tanaman.
Tayam merupakan jenis tanaman yang sudah tidak ada lagi di lokasi, tapi jenis ini masih banyak di Bantargebang, Bekasi, yang dahulu merupakan bantaran sungai yang ditumbuhi pohon gebang .

Jalan Ke Citayam

 Paling gampang sih kalau mau ke Citayam tinggal naik kereta. Dari Jakarta tinggal naik KRL tujuan Bogor.Nanti tinggal turun di Stasiun Citayam.