Pengertian Satuan Ton dan Kilogram Dan Konversi Keduanya

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Anda mungkin pernah ditanyakan atau membutuhkan untuk mengkonversi berat suatu barang dari ton ke kg. Masalah atau pertanyaan untuk konversi ini mungkin terlihat mudah. Tapi tahukah Kamu, jika orang di Amerika Serikat, Inggris dan satuan internasional bisa berbeda untuk konversi berat dari 1 ton ke kg ini. 

 


Pengertian satuan ton dan kilogram

Sebelum melakukan konversi ton ke kilogram, dan sebaliknya, perlu dipahami konsep kedua satuan tersebut. Baik satuan berat ton dan satuan berat kilogram sama-sama diakui sebagai satuan resmi oleh Sistem Satuan Internasional.

Keduanya lazim digunakan di banyak negara  tak terkecuali Indonesia. Terutama untuk kilogram menjadi satuan yang paling umum dipakai masyarakat Indonesia untuk mengukur berat dalam berbagai kebutuhan sehari-hari. Perhatikan saja kebutuhan mengukur berat beras, gula, minyak, buah, sayur, sampai daging. Sementara satuan berat ton yang lebih sering dijumpai untuk skala lebih besar seperti transportasi, mesin pabrik, dan alat-alat berat untuk konstruksi.


Sementara ada negara punya sistem satuan berbeda yang hampir mendekati ton. Misal Amerika Serikat ada istilah short ton, sedangkan Inggris menggunakan long ton.  Meski keduanya menambahkan kata "ton" dalam satuan tersebut, sebenarnya jika dikonversi ke kilogram bakal menghasilkan angka berbeda. Jadi saat warga Inggris atau Amerika Serikat mendapatkan pertanyaan 1 ton berapa kg, jawaban mereka tak akan sama.

Di Amerika Serikat, satu short ton setara dengan 907 kilogram. Ton pendek adalah unit pengukuran massa yang sama dengan 2,000 pon. Satuan massa ini sering digunakan di Amerika Serikat, yang umum disebut sebagai ton. Ton pendek sering mengacu pada ukuran berat, gaya yang diberikan oleh massanya pada gravitasi standar. 

Sementara satu long ton di Inggris menjadi 1.016 kilogram. Satu ton panjang didefinisikan sebagai 2.240 pon. Ton panjang muncul dari sistem pengukuran tradisional Inggris. 1 Pon adalah 0,453592 kg, sehingga 1 long ton dalam kg  = 2240 x  0,453592

Sementara di Indonesia, mengacu pada Sistem Satuan Internasional, dimana  satu ton sama dengan 1.000 kilogram. Menghitungnya pun mudah, sebab hanya perlu mengalikan atau membaginya dengan angka seribu.

Untuk konversi sebaliknya (kilogram ke ton),  hanya perlu membaginya. sehingga jika pertanyaannya 1 kg berapa ton, jawabanya adalah 0,001 ton.

Contoh soal konversi satuan ton ke kilogram

Asep pergi ke pusat grosir beras di Pasar Bogor untuk membeli sembako dalam jumlah besar. Dalam catatan pesanan, Maman diminta membeli beras sebanyak dua ton. Namun, Maman harus membaginya ke dalam karung sebanyak 20 buah dengan satuan kilogram. Lantas, berapa kilogram beras yang harus dimasukkan dalam masing-masing karung?

Cara menjawab dan jawaban :
Pertama, mulai perhitungan dari konversi satuan ton ke kilogram.
Berdasarkan rumus 1 ton = 1.000 kilogram, maka: 2 ton = 2 x 1.000 = 2.000 kilogram.
Lalu untuk memastikan berapa kilogram beras yang harus Asep masukkan ke dalam karung lanjutkan tahapnya dengan membagi hasil tersebut dengan jumlah karungnya, yakni 20 buah.

Total beras yang dibeli dalam kilogram: 2.000 kilogram.
Jumlah karung yang harus disediakan: 20 karung.
Jumlah beras dalam kilogram untuk setiap karung = total beras dibagi dengan jumlah karung.
2.000:20 = 100.
Jadi ada 100 kg untuk setiap karung.

Artinya, Asep harus mengisi 100 kilogram beras untuk masing-masing karung.