Informasi Provinsi Di Indonesia : Jumlah, Ibukota dan Provinsi Terluas

#Tags

Sebagaimana diketahui  Indonesia merupakan negara yang besar. Luas wilayah Indonesia yaitu 1,905 juta kilometer persegi. Luasnya wilayah Indonesia dari ujung timur ke ujung barat sebanding kira kira dengan jarak dari Moskow ke London. 



Badan Informasi Geospasial (BIG) yang melaporkan ada 16.771 pulau di Indonesia tahun 2020. Semua wilayah tersebut dibagi kedalam wilayah Tingkat I yang disebut provinsi


Indonesia Memiliki Berapa Provinsi  ?

Mengutip dari lemhannas.go.id, jumlah provinsi di Indonesia adalah 34 provinsi.

Daftar Nama provinsi di Indonesia dan Ibukotanya

Berikut ini daftar 34 provinsi di Indonesia dan masing masing ibukotanya  :

  1. Nanggore Aceh Darussalam : Banda Aceh
  2. Sumatera Utara: Medan
  3. Sumatera Selatan: Palembang
  4. Sumatera Barat: Padang
  5. Bengkulu: Bengkulu
  6. Riau: Pekanbaru
  7. Kepulauan Riau: Tanjung Pinang
  8. Jambi: Jambi
  9. Lampung: Bandar Lampung
  10. Bangka Belitung: Pangkal Pinang
  11. Kalimantan Barat: Pontianak
  12. Kalimantan Timur: Samarinda
  13. Kalimantan Selatan: Banjarmasin
  14. Kalimantan Tengah: Palangkaraya
  15. Kalimantan Utara: Tanjung Selor
  16. Banten: Serang
  17. DKI Jakarta: Jakarta
  18. Jawa Barat: Bandung
  19. Jawa Tengah: Semarang
  20. Daerag Istimewa Yogyakarta: Yogyakarta
  21. Jawa Timur: Surabaya
  22. Bali: Denpasar
  23. Nusa Tenggara Timur: Kupang
  24. Nusa Tenggara Barat: Mataram
  25. Gorontalo: Gorontalo
  26. Sulawesi Barat. Ibukota Sulawesi Barat : Mamuju
  27. Sulawesi Tengah. Ibukota Sulawesi Tengah : Palu
  28. Sulawesi Utara. Ibukota Sulawesi Utara : Manado
  29. Sulawesi Tenggara. Ibukota Sulawesi Tenggara : Kendari
  30. Sulawesi Selatan. Ibukota Sulawesi Selatan : Makasar
  31. Maluku Utara: Ternate
  32. Maluku: Ambon
  33. Papua Barat: Manokwari
  34. Daerah Otonomi Khusus Papua: Jayapura



Peta Indonesia dengan nama - nama provinsi

10 Provinsi terluas di Indonesia

Dari 34 provinsi yang ada, menurut data yang dihimpun dalam databoks, ada Papua adalah provinsi terluar.  Berikut ini nama provinsi di Indonesia yang masuk ke dalam 10 provinsi yang memiliki wilayah terluas.
1. Papua
Luas provinsi Papua mencapai 319 ribu kilometer atau setara dengan 16,64 persen dari luar wilayah Indonesia.
 Provinsi ini sempat beberapa kali berganti nama. Dilansir dari dari papua.go.id, saat masa penjajahan Belanda, provinsi paling timur Indonesia ini disebut Dutch New Guinea atau Nugini Belanda.

Pada tahun 1969 hingga 1973 provinsi ini dikenal dengan sebutan Irian Barat.Lalu diganti menjadi Irian Jaya oleh Presiden Soeharto saat meresmikan tambang dan emas Freeport. Nama tersebut digunakan hingga tahun 2002. Nama provinsi ini berganti lagi menjadi Papua sejak dikeluarkan Undang-undang No 21/2001 Otonomi Khusus Papua.


Tahun 2004, provinsi ini dibagi menjadi dua yaitu wilayah bagian timur bernama Papua dan wilayah bagian barat menjadi bernama Provinsi Papua Barat.

2. Kalimantan Tengah
Provinsi terluas di Indonesia selanjutnya yaitu Kalimantan Tengah. Luas wilayah provinsi ini yaitu 154 ribu kilometer persegi. Provinsi ini terbentuk dari proses yang sangat panjang. Mengutip dari palangkaraya.go.id, puncak terbentuknya Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 23 Mei 1957. Pembentukan provinsi ini dikuatkan dengan dikeluarkannya Undang-undang Darurat Nomor 10 Tahun 1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Kalimantan Tengah. Pada saat itu Kalimantan Tengah resmi menjadi daerah otonom dan tanggal tersebut juga dijadikan sebagai hari ulang tahun Kalimantan Tengah.

3. Kalimantan Barat
Kalimantan Barat menjadi provinsi terluas kedua di Pulau Kalimantan dan terluas ketiga di Indonesia. Luas provinsi adalah 147.307 km². Mengutip dari kalbarprov.go.id, secara geografis batas wilayah provinsi anak ini sebagai berikut: Bagian utara: Sarawak, Malaysia Bagian selatan: Laut Jawa & Kalimantan Tengah Bagian Timur: Kalimantan Timur Bagian barat: Laut Natuna dan Selat Karimata

4. Kalimantan Timur
Kalimantan Timur menempati posisi keempat sebagai provinsi terluas di Indonesia dengan luas 127.347 km². Mengutip dari kaltimprov.go.id, provinsi ini memiliki batas wilayah sebagai berikut: Utara: Kalimantan Utara Timur: Selat Makasar dan Laut Sulawesi Selatan: Kalimantan Selatan Barat: Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Negara Bagian Serawak, Malaysia.

5. Papua Barat
Provinsi Papua Barat menjari provinsi terluar nomor 5 di Indonesia, dengan luas 102.946 km².  Provinsi ini ada di ujung barat Pulau Papua dengan ibu kota Manokwari. Mengutip dari papuabaratprov.go.id, nama Papua Barat sebelumnya yaitu Irian Jaya Barat sesuai dengan Undang-undang Nomor 45 Tahun 1999. Kemudian berganti menjadi Papua Barat sejak diterbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Thaun 2007. Provinsi ini merupakan wilayah dengan status otonomi khusus. Meskipun telah berdiri sebagai provinsi sendiri, namun daerah ini tetap memperoleh perlakukan khusus dari provinsi induknya.

6. Sumatera Selatan
Provinsi terluas selanjutnya yaitu Sumatera Selatan dengan luas 91.592 km². Provinsi ini sangat bersejarah sebab dahulu pernah berdiri kerjaaan besar bernama Kerjaan Sriwijaya. Saat masih berkuasa, kerajaan tersebut menjadikan Palembang sebagai Kota Kerajaan. Mengutip dari sumselprov.go.id, provinsi ini memiliki 13 Kabupaten dan 4 Kota.

7. Riau 

Riau merupakan salah satu dari sekian banyak jumlah provinsi di Indonesia yang memiliki wulayah luas. Berdasarkan data luas wilayah provinsi ini sekitar 87.023,66 kilometer persegi. Mengutip dari riau.go.id, kata Riau diambil dari Bahasa Portugis “Rio” yang artinya sungai. Awalnya sebutan tersebut hanya untuk wilayah diperuan muda (Raja Bawahan Johor) di Pulau Penyengah. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda wilayah tersebut berubah menjadi Residentie Riouw.

Melihat dari sejarahnya, provinsi ini merupakan gabungan dari beberapa Kerajaan Melayu yang pernah jaya dimasanya. Kerajaan-kerajaan tersebut antara lain Kerajaan Siak Sri Indrapura, Pelalawan, Riau-Lingga, dan beberapa kerajaan kecil. Berdasarkan keputusan Presiden Indonesia tanggal 27 Februari tahun 1958 No.258/M/1958, Mr. SM Amin ditugaskan utntuk menjadi Gubernur KDH Provinsi Riau yang pertama. Kemudian berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No. Desembr/I/44-25 tanggal 20 Januari 1959, Pekanbaru ditetapkan sebagai Ibukota Provinsi Riau menggantikan Tanjung Pinang.


8. Kalimantan Utara
Kalimantan Utara memiliki luas wilayah 75.467,7 kilometer persegi. Diambil dari kaltarprov.go.id, Provinsi Kalimantan Utara merupakan bekas wilayah Kesultanan Bulungan. Kesultanan itu pernah berkuasa di beberapa daerah seperti Kabupaten Bulungan, Tana Tidung, Malinau, Nunukan, Kota Takan dan Tawau (sekarang Sabah). Saat ini Kalimantan Utara menjadi provinsi nomor delapan terluas di Indonesia. berdasarkan data dari Badan Pusat Statistika tahun 2018,  Dari segitu geografis, batas wilayah provinsi ini sebagai berikut: Utara: Negara Sabah, Malaysia Timur: Laut Sulawesi Selatan: Kalimantan Timur Barat: Negarak Serawak, Malaysia


9. Sumatera Utara
Luas provinsi terluas nomor 9 ini adalah 72.981 km². Mengutip dari sumutprov.go.id, provinsi ini merupakan gabungan dari Keresidenan Aceh, Sumatera Timur, dan Tapanuli. Provinsi ini memiliki sejarah pembagian wilayah yang berubah-ubah. Sejak terbit Undang-undang RI nomor 10 tahun 1984 pada 15 April 1948., Sumatera dibagi menjadi tiga yaitu Sumatera Utara, Sumatera Tengah, dan Sumatera Selatan. Tanggal 15 April 1948 kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Provinsi Sumatera Utara. Tahun 1949 Provinsi Aceh dan Provinsi Tapanuli atau Sumatera Timur di bentuk. Selanjutnya pada 1950, Provinsi Aceh dan Provinsi Tapanuli/Sumatera Timur bergabung kembali dengan Sumatera Utara. Dan tahun 1956 Provinsi Aceh berdiri sendiri dengan wilayahnya sebagian dari Provinsi Sumatera Utara.


10. Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi tengah memiliki luas 61.841 km². Mengutip dari sigikab.go.id, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 1952 sejak 12 Afustus 1952, Sulawesi Tengah dibagi menjadi dua kabupaten, yang terdiri atas: Kabupaten Donggala yang memiliki wilayah bekas Onder afdeling Palu, Donggala, Parigi, dan Toli-toli. Kabupaten Poso yang mempunyai wilayah bekas Onder afdelin Poso, Bungku/Mori, dan Luwuk. 


Demikian penjelasan mengenai jumlah provinsi di Indonesia, daftar nama provinsi dengan ibukota masing masing dan 10 provinsi terluas yang ada di negara Indonesia.