Jadwal Kereta Api Pangrango Bogor-Sukabumi 2023

#Tags

Bogor dan Sukabumi terletak sangat berdekatan. Kota Hujan Bogor menawarkan suasana kota besar yang lebih ramai dan modern dibandingkan Sukabumi. Warga Sukabumi umumnya berkunjung ke Bogor untuk menikmati hiburan modern, tanpa perlu jauh-jauh ke Jakarta. Apalagi, saat ini Bogor semakin banyak menghadirkan tempat wisata populer yang sangat cocok untuk anak muda dan pasangan. Dengan jarak tak sampai 70 kilometer, masyarakat cukup sering menggunakan mobil untuk bepergian dari Sukabumi ke Bogor. Padahal, ada cara yang lebih praktis dan nyaman, yaitu menggunakan kereta api. Perjalanannya menjadi singkat — hanya 2 jam dan tanpa kemacetan. Tarifnya pun ekonomis, berkisar antara Rp 35.000  dan Rp 80.000 per penumpang.



Untuk mengangkut penumpang dari Sukabumi Bogor, KA Pangrango akan dioperasikan 3 kali perjalanan pulang pergi (PP) setiap harinya dengan relasi Stasiun Bogor Paledang sampai Stasiun Sukabumi dan melayani naik turun penumpang di sejumlah stasiun pemberhentian lainnya seperti, Stasiun Batutulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karangtengah, Cisaat, dan Sukabumi.


Jadwal  Kereta Api Pangrango Bogor-Sukabumi 

Berikut jadwal perjalanan KA Pangrango dari Stasiun Bogor Paledang dan Stasiun Sukabumi  :

Stasiun Bogor Paledang

  • Berangkat 08.30 tiba di Sukabumi 10.30 WIB
  • Berangkat 14.30 tiba di Sukabumi 16.30 WIB
  • Berangkat 20.00 tiba di Sukabumi 22.00 WIB



Stasiun Sukabumi

  • Berangkat 05.30 tiba di Bogor Paledang 07.30 WIB
  • Berangkat 11.25 tiba di Bogor Paledang 13.25 WIB
  • Berangkat 17.25 tiba di Bogor Paledang 19.25 WIB



Masyarakat bisa membeli tiket KA Pangrango di website resmi PT KAI, aplikasi KAI acsess, dan kanal pembelian resmi lainnya.

Harga Tiket  Kereta Api Pangrango Bogor-Sukabumi

Rangkaian KA Pangrango terdiri dari 2 kereta eksekutif dan 4 kereta ekonomi. Tarif tiket KA Pangrango untuk kelas eksekutif Rp80.000 dan kelas ekonomi yakni Rp35.000.

Penumpang diarahkan melakukan pembelian tiket melalui KAI Access yang dapat dilakukan hingga 60 menit sebelum keberangkatan. 

Stasiun Sukabumi



Stasiun induk kota Sukabumi berada di Jalan Stasiun Barat No. 2, Gunungparang, Cikole, Sukabumi, Jawa Barat 43141. Stasiun ini merupakan stasiun paling selatan dalam Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun ini berada cukup berdekatan dengan pusat keramaian, seperti Ramayana dan Supermall Sukabumi. Untuk mencapai stasiun ini, Anda bisa menggunakan angkot merah jambu yang melintas tepat di depan stasiun.

Beroperasi sejak 1882, Stasiun Sukabumi merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda. Stasiun ini memiliki lima jalur, namun hanya tiga yang masih aktif sampai saat ini. Jalur 1 merupakan lintasan KA Pangrango jurusan Bogor Paledang, sementara Jalur 2 adalah lintasan KA Siliwangi tujuan Cianjur. Adapun jalur 3 digunakan sebagai jalur sepur simpan, atau tempat penyimpanan gerbong.

Stasiun Paledang, Kota Bogor



Stasiun Paledang Bogor telah berdiri sejak 1881. Stasiun peninggalan kolonial Belanda ini dulunya bernama Stasiun Buitenzorg. Hingga hari ini, tampilan stasiun masih sangat kental akan nuansa Eropa klasik, dengan paduan bangunan baru yang lebih modern di bagian depan. Selain sistem check-in seperti di bandara, Stasiun Bogor juga menyediakan fasilitas tempat parkir susun yang bisa memuat hingga 4.000 motor dan 400 mobil.

BACA JUGA :
Peta Rute KRL Dan Jadwal KRL Bogor Jakarta : Tautan dan Cara Unduh - 2023
Mengenal Citayam - Antara Depok Atau Kabupaten Bogor


Stasiun pusat Kota Bogor ini beralamat di Jalan Mayor Oking, Jalan Paledang Blok Sekolah Dalem No. 4, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122. Letak stasiun ini berada tepat di depan pusat belanja Taman Topi Square. Anda juga bisa mengunjungi Kebun Raya Bogor hanya dengan naik angkot nomor 03 atau nomor 02 dari depan stasiun.