Cara Mengurus Kartu ATM BRI Yang Hilang

#Tags

ATM BRI di Bogor, halamanbogor.com -- Setiap hari saat beraktivitas baik bekerja, kursus, sekolah atau bertamu, selain membawa kartu identitas dan ponsel, ATM adalah barang lain sering dibawa. Kehilangan kartu ATM sama seperti kehilangan KTP, apalagi saat itu juga butuh untuk transaksi mengambil uang di outlet ATM. 

Jika kehilangan kartu ATM, jangan dibiarkan dan menunggu berhari-hari. Begitu hilang dapat kamu lakukan dengan melakukan panggilan ke pusat panggilan (call center) dan mendatangi kantor cabang untuk membuat kartu baru. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh kartu ATM BRI yang baru. Meski hilang bikin pusing, namun pengurusan ATM sebenarnya tidak seperti mengurus kehilangan KTP.

Jika yang hilang adalah ATM BRI, salah satu cara mengurus kartu ATM BRI yang hilang adalah dengan menyiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Kamu juga perlu mendatangi kantor cabang terdekat untuk memperoleh kartu ATM BRI yang baru.



Syarat Mengurus Kartu ATM BRI Hilang

Berikut ini daftar dokumen persyaratan yang perlu kamu bawa ketika mengurus kartu ATM BRI yang dikutip dari laman bri.co.id/en/bantuan

  1. Buku Tabungan.
  2. Kartu ATM dan KTP yang berbasis NIK.
  3. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian atau mengisi Surat pernyataan kehilangan kartu ATM di BRI tempat pengajuan kartu baru.
  4. Dikenakan biaya pergantian kartu sesuai jenis kartu yang dimiliki sebesar Rp10.000-Rp20.000.


Cara Mengurus Kartu ATM BRI Hilang

 


Untuk mengurus penggantian kartu ATM BRI hilang dapat kamu lakukan dengan praktis. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Hubungi Call Center Bank BRI. Hubungi pusat panggilan atau call center BRI di 14017.
  2. .Blokir Kartu ATM BRI. Sampaikan ke petugas bahwa kartu ATM BRI hilang dan kamu ingin memblokirnya untuk keamanan saldo di dalam kartu. Pemblokiran juga dilakukan untuk menghindari pemakaian kartu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  3. Sebutkan Nomor Rekening dan Nama yang Terdaftar. Sebutkan nomor rekening dan nama yang terdaftar pada kartu ATM BRI untuk memudahkan pemblokiran oleh petugas bank.
  4. Kunjungi Kantor Cabang BRI Terdekat. Jika pemblokiran kartu sudah berhasil dilakukan, kamu dapat berkunjung ke kantor cabang BRI terdekat untuk membuat kartu ATM baru. Pastikan kamu membawa dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP.
  5. Jelaskan Tujuan Kedatangan. Sampaikan ke petugas mengenai kronologi kartu ATM BRI yang hilang dan kamu ingin membuat kartu ATM yang baru.
  6. Kartu ATM Pengganti Diproses. Petugas akan membuatkan kartu ATM BRI yang baru. Lalu, kamu dapat membayar biaya administrasi yang telah ditentukan oleh petugas BRI. Kartu ATM BRI yang baru telah berhasil dibuat.