Cara Masak Rendang Mudah Dengan Bumbu Dari Pasar

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Ada beberapa makanan yang jadi juara di acara-acara khusus keluarga Indonesia. Selain opor ayam, menu yang lain adalah rendang. Rendang jadi bintang pada momen seperti lebaran. Untuk membikin rendang yang ringkas, dapat memercayakan bumbu giling siap pakai atau bumbu jadi dari pasar.



Langkah mengolah rendang sebetulnya lumayan gampang, namun prosesnya memerlukan waktu yang lama. Apa lagi untuk membikin rendang kering yang mewajibkan daging diolah beberapa jam sampai bumbunya menyerap dan kental.

Untuk membikin rendang yang nikmat memang memerlukan bumbu banyak. Sebutlah saja bawang merah, bawang putih, cabe merah, cengkeh, lada, kemiri, ketumbar, kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh sampai asam kandis. Bila malas mengolah bumbu sendiri, kamu dapat memercayakan bumbu jadi yang berada di pasar.

Bumbu jadi yang dibeli dipasar ini komplet dan rasanya terjaga nikmat. Untuk membuat rendang dari 1 kg daging, kamu perlu beli bumbu selesai. Harga bumbu rendang di pasaran bisa berbeda beda tiap lokasi dan tergantung momen juga. Bisa saja harga menjelang lebaran capai Rp 20 ribu.

Walau bumbu giling dari pasar telah termasuk komplet, tetapi kamu bisa menambah beberapa bumbu tambahan seperti daun kunyit, lengkuas, asam kandis dan cabe bila ingin rendang yang lebih pedas. Atau tinggal dibilang juga ke pihak penjual jika ingin rasa yang lebih pedas. Pengalaman mereka bisa dipercaya untuk membuat bumbu yang lebih pedas.


Jika ingin membuat sendiri bumbu, berikut daftar bahannya :

Bumbu rendang daging sapi 1 Kg

  • 60 gram bawang merah
  • 50 gram bawangputih
  • 250 gram cabai merah besar
  • 100 gram lengkuas
  • 50 gram kemiri
  • 2 gram cengkeh



Santan juga menentukan berhasil tidaknya dari resep rendang sapi ciri khas Padang. Santan yang diolah lama bisa hasilkan minyak hingga rendang akan kering dan dapat diletakkan lama. Untuk 1 kg daging umumnya memerlukan santan dari 3 butir kelapa. berikut bahan lain untuk membuat rendang :


Bahan Membuat Rendang Selain Bumbu:

  • 1 kg daging sapi
  • 3 butir kelapa, diambil santan kental dan santan encernya
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai, memarkan
  • 4 butir asam kandis
  • 100ml minyak goreng
  • 5 gram garam



Langkah mengolah rendang dengan bumbu jadi dari pasar ini sebetulnya sama juga.


Cara Membuat rendang sapi :

1. Haluskan semua bahan Bumbu dengan diulek atau diblender.

2. Tumis bumbu dengan sedikit minyak goreng hingga wangi.

3. Masukkan batang serai, daun jeruk, asam kandis dan garam, aduk rata.

4. Tuangi santan dan dididihkan, masukkan daging.

5. Masak dengan api kecil selama beberapa jam sampai daging empuk dan bumbu kecoklatan sesuai selera.

Untuk durasi waktu memasak rendang ini berbeda-beda sesuai jumlah daging yang digunakan dan juga konsistensi rendang yang diinginkan. Semakin kering rendang yang dibuat maka semakin lama juga proses masaknya. Itu tadi cara memasak rendang dengan bumbu jadi dari pasar.

Sebagai tips, ketika mengolah rendang dengan bumbu jadi ini sebaiknya tambahkan garam di akhir waktu memasak. Karena biasanya rendang sudah asin sebelum ditambahkan garam. Jangan lupa juga bubuhkan sedikit gula untuk sensasi rasa gurih sedap pada rendang.