4 Cara Membuat Link WA Langsung ke Chat Pribadi -- Bisa Pasang di Instagram Cocok Untuk Bisnis Online

#Tags

Link WhatsApp merupakan salah satu  fitur chat  dan perpesanan WA memang bikin usaha online  jadi lebih mudah dan effisien.Dengan tautan WA,  pengguna WA bisa melakukan kirim pesan kepada pengguna WhatsApp lain tanpa perlu menyimpan nomor telepon. 

Memang benar, ini jadi senjata andalan bagi pengusaha yang sudah serius meggarap bisnisnya secara online  dengan menggunakan WhatsApp untuk melakukan komunikasi dengan calon konsumen, ya cukup memasang link WhatsApp saja, calon konsumen bisa langsung terhubung layaknya chat bisnis.

Sebelum fitur saat ini, calon konsumen harus pakai SMS, Telepon atau menggunakan fitur live chat yang butuh usaha lebih untuk memasangnya. Padahal awal -awal, calon konsumen pasti cuma bertanya -tanya saja.

Arti Link WhatsApp

Link WhatsApp atau link WA adalah salah satu cara yang digunakan untuk bisa berkomunikasi dengan WhatsApp tanpa perlu menyimpan nomor telepon.Caranya biasanya tinggal klik link, kemudian Anda akan diarahkan langsung ke nomor tujuan. Link WA ini bisa dipakai oleh semua orang, termasuk untuk Anda yang berjualan online tentunya akan membuat jualan menjadi semakin mudah.

Selain itu, link WhatsApp ini aman.  Bagi  yang masih bingung bagaimana cara membuat link WA, silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

1. Cara Membuat Link WhatsApp Secara Manual

Jika tidak ingin menggunakan formulir di atas juga bisa membuatnya manual. Untuk penggunaannya, sama saja, bisa Anda gunakan di Facebook, Instagram, Blog, Website, toko online dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan saja.

Catatan :

  1. Nomor telepon harus menggunakan kode internasional, untuk Indonesia menggunakan kode 62 sebagai pengganti 0 di awal nomor telepon.
  2. Untuk penulisan nomor telepon juga jangan menggunakan spasi atau tanda strip, karena ini tidak akan kebaca oleh server api WhatsApp.


Misalkan nomor WhatsApp yang Anda miliki adalah 081939123456, maka Anda tinggal merubahnya menjadi 6281939123456. Sehingga untuk buat link WA caranya seperti berikut ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281939123456

https://wa.me/6281234567890

Anda tinggal merubah saja pada nomor handphone api.whatsapp dan wa.me dengan nomor WhatsApp yang Anda miliki.

2. Cara Membuat Link WhatsApp Lebih Pendek Dengan Shortener link

Sebagaimana disebut sebelumnya, untuk membuat link WA pendek, bisa dengan alat gratis dari bitly. Dengan memperpendek, tautan atau link jadi mudah diingat. Ada banyak jenis shortener URL yang ada saat ini, tetapi kebanyakan saat ini lebih banyak yang menggunakan Bitly.

Untuk membuat shortlink menggunakan Bitly caranya mudah, silahkan ikuti langkahnya dibawah ini:

  • Pertama silahkan Anda buka website ‘Bitly’ dengan cara ketikan pada kolom search Google, atau langsung saja ke bitly.com

Sumber: qwords

  • Jika sudah terbuka pada tengah terdapat kolom besar, silahkan masukan link yang akan Anda shortener, contoh diatas kami menggunakan “https://api.whatsapp.com/send?phone=6281939123456”,  jika sudah silahkan klik Shorten.
Sumber: qwords


  • Untuk hasil shortener akan ditampilkan pada bawah kolom, Anda tinggal copy saja.


Untuk mendapatkan shortener link custom dari Bitly, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu.

Setelah itu tinggal cari saja kira-kira menggunakan CTA WhatsApp apa yang akan dimasukan, tetapi pastikan dulu kata tersebut belum ada yang menggunakannya.

Contohnya seperti berikut ini:

Sumber: qwords

 

BACA JUGA:

Arti Istilah Dalam Chat WhatsApp Seperti GC , VN, PM , PC, dan VC

Kulik Fitur-Fitur Di Whatsapp Web Terbaru

 

3. Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Link WhatsApp bisa dipasang di Instagram, posisinya berada di bio Instagram. Caranya berikut ini:

  • Buat link WhatsApp terlebih dahulu, Anda bisa membuat link WA di formulir atas, atau manual. Sangata disarankan link yang panjang dipendekkan dengan  menggunakan Bitly. Cek caranya di atas untuk menggunakan bitly
  • Jika sudah silahkan Anda copy link tersebut, kemudian buka aplikasi Instagram.
  • Silahkan pergi ke menu “Profile” dan pilih menu “Edit Profile” untuk membuat link WA di IG.


  • Setelah itu silahkan scroll ke bawah dan paste-kan link WA tadi ke bagian “Website“.
  • Silahkan simpan perubahan tersebut.
  • Jika sudah Anda bisa mengecek apakah link WhatsApp di Instagram sudah berhasil bisa masuk ke chat pribadi atau belum.

4. Cara Membuat Link WA dengan formulir halamanbogor

Demikian cara membuat link whatsapp langsung ke chat, modifikasi dengan bitly (atau pemendek link), dan aplikasi pasang di instagram.Semoga bisa memaksimalkan konversi penjualan Anda.

Cek info WhatsApp Lainnya