Makanan Yang Disarankan Dikonsumsi Saat Sahur supaya Kuat Puasa dan Yang Disarankan Dihindari

#Tags

halamanbogor.com -- Saat jalankan puasa Ramadan, lapar dan haus ialah rasa yang tidak terelakkan. Untuk yang tidak biasa, ini bisa mengusik fokus dan performa saat lakukan beragam kegiatan atau beribadah yang lain.

Padahal apa yang  dimakan saat sahur juga menentukan kelancaran beribadah puasa. Bila salah pilih, bukan mustahil orang yang berpuasa akan rasakan lemas, lemah, dehidrasi, dan keluh kesah yang lain.

Ada banyak jenis makanan, tapi hal yang paling penting saat sebelum tentukan menu itu ialah kandungan didalamnya.

Kandungan makanan untuk sahur baiknya memiliki kandungan 3 zat gizi ini:
Karbohidrat kompleks yang diolah semakin lama oleh badan. Dengan demikian, kandungan ini akan memberi energi semakin lama untuk melakukan aktivitas
Vitamin dan protein untuk jaga ketahanan badan hingga tidak gampang sakit
Serat yang membuat mekanisme pencernaan bekerja lebih lamban dari umumnya. Ini akan membuat Anda kenyang semakin lama.



Makanan Sahur supaya Kuat Puasa



 

Dilansir dari Food Ndtv, ada 5 makanan sahur supaya kuat puasa yang bisa Anda coba di puasa Ramadan 2022. Makanan ini dapat digabungkan dengan makanan sehat lain supaya gizi yang didapatkan badan makin komplet. Berikut daftarnya:

Telur


Telur kaya protein dan rendah kalori. Dua gizi ini menolong Anda untuk kenyang semakin lama. Telur juga dapat diproses dengan beragam langkah, dimulai dari direbus, diorak-arik, atau digabungkan dengan makanan lain seperti roti.

Faedah lainnya dari telur yang hendak Anda peroleh ialah menolong turunkan berat tubuh, membuat massa otot, dan mempertahankan kesehatan jantung karena rendah lemak.


Oatmeal

Oatmeal tinggi karbohidrat dan protein. Salah satunya faedah dari makanan kaya protein ialah memberi Anda banyak energi. Anda bisa membuat smoothie oatmeal dengan menambah pisang dan susu. Anda juga bisa menambah kacang-kacangan yang membuat perut tidak cepat lapar.


Ikan atau ayam

Kandungan omega-3 dalam ikan untuk ketahanan badan. Ini bisa menolong menahan Anda sakit saat jalankan puasa. Disamping itu, ikan kaya protein. Protein bisa regenerasi bisa jaga massa otot badan dan regenerasi beberapa sel badan yang hancur.

Protein akan hasilkan energi bila cadangan energi pada tubuh, yaitu berbentuk glukosa di hati, otot, dan lemak tidak memenuhi. Di lain sisi, ayam juga mempunyai gizi pemroduksi energi yang menolong badan bugar sepanjang puasa. Seharusnya olah makanan itu dengan tidak menggorengnya supaya tidak membuat kerongkongan sakit.


Buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran kaya mineral dan vitamin sehingga membantu seseorang merasa berenergi. Selain itu, buah dan sayur juga dapat membantu seseorang tetap terhidrasi karena kandungan airnya. Beberapa buah dan sayur yang dapat Anda konsumsi saat sahur, yakni semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, mentimun, selada, bayam, alpukat, dan seledri.

Jika ingin mencampurkan semuanya, Anda dapat membuat salad dengan taburan kacang dan madu.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, meski bentuknya kecil, namun makanan ini dapat membuat Anda kenyang cukup lama. Kacang-kacangan mengandung sumber nutrisi alami meliputi protein, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Hal tersebut menjadikan kacang-kacangan cocok untuk jadi camilan, ketika sahur maupun telah berbuka puasa.

Kacang sehat yang bagus dimakan sebagai camilan antara lain, kenari, almond, mete, pistachio, dan kacang tanah. Anda juga dapat mencampurkan kacang dengan berbagai makanan lain untuk membantu perut tidak mudah lapar.

BACA JUGA :

JENIS MAKANAN YANG TIDAK DIANJURKAN SAAT SAHUR DAN BERBUKA PUASA

Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur

Selain ada makanan yang membuat Anda kuat berpuasa, ada pula jenis bahan yang sangat tidak disarankan untuk Anda konsumsi saat sahur.  Terdapat beberapa makanan yang harus dihindari saat sahur meski rasanya terbilang nikmat.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang simpel dalam pembuatannya, namun jenis ini hanya akan memberikan rasa kenyang untuk sementara. Berbagai kandungannya pun, jika dikonsumsi berlebih, buruk bagi kesehatan.

Makanan olahan

Makanan dengan karbohidrat olahan umumnya membuat serat, mineral, serta vitamin di dalamnya hilang. Hal itu hanya akan membuat Anda lemas saat berpuasa. Beberapa contohnya yakni kue, donat, biskuit, dan permen.

Kafein

Kafein dalam teh dan kopi akan membuat tubuh lebih mudah mengeluarkan urine. Hal ini berpotensi menyebabkan dehidrasi.


Artikel Informasi Kesehatan Lainnya