Doa Malam Nuzulul Quran dan Amalan Yang Perlu Dilakukan

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Setiap pemeluk agama Islam tentu tahu salah satu yang diperingati tiap bulan ramadhan adalah Nuzulul Quran. Ya, setiap tanggal 17 Ramadhan diperingati sebagai Nuzulul Quran. Tahukah kalian bahwa ada doa Nuzulul Quran yang dapat dibaca setiap tanggal 17 Ramadhan nanti?

Nuzulul Quran adalah turunnya Al Quran pertama kali, yaitu pada tanggal 17 Ramadhan kepada Nabi Muhammad SAW. Al Quran diturunkan melalui Malaikat Jibril, dengan wahyu pertama yaitu Surat Al-Alaq ayat 1-5. Pada saat wahyu tersebut diturunkan dan disampaikan oleh Malaikat Jibril, Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira. 


Doa Malam Nuzulul Quran

Berikut ini doa Nuzulul Quran yang jatuh pada 17 Ramadhan:

Allahummagfir Lii Wa Liwaalidayya Arhamhumaa Kamaa Robbayaanii Shoghiiroo.

Yang artinya: 

Ya Allah. Ampunilah aku dan kedua orangtuaku dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka menyayangiku sejak kecil.


Bacaan doa Nuzulul Quran dibaca pada saat memperingati atau menjalani malam Nuzulul Quran. Doa tersebut mempunyai maksud untuk memohon dan meminta ampunan kepada Allah SWT atas semua kesalahan diri kita sendiri maupun kedua orangtua kita.
Berdasarkan penuturan sahabat Huzaifah RA tentang pengalamannya ketika sholat tarawih bersama Rasulullah SAW, Rasulullah SAW mengulangi membaca Al Quran dari surat pertama, Al Fatihah, Al Baqarah sampai selesai.

Setelah itu, Rasulullah SAW menyambungnya lagi dengan surat An Nisa’ sampai akhir surat. Setiap kali Rasulullah SAW melewati ayat yang mengandung hal-hal yang menakutkan, beliau berhenti sejenak untuk berdoa memohon perlindungan.

BACA JUGA : Mengenal 5 Rukun Islam dan 6 Rukun Iman Serta Artinya

Selesai sholat Isya pada awal malam sampai akhir malam, Bilal memberi tahu beliau bahwa waktu sholat Subuh telah tiba beliau hanya sholat 4 rakaat" (Riwayat Ahmad, dan Al Hakim). Demikianlah cara Rasulullah SAW memperingati turunnya Al Quran pada bulan Ramadhan.

malam nuzulul quran

Amalan Malam Nuzulul Quran

Pada malam Nuzulul Quran, seluruh umat muslim berlomba-lomba untuk memperbanyak amalan dengan membaca Al Quran, agar mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlimpah. Bukan hanya membaca Al Quran saja, umat muslim juga bisa melakukan berbagai amalan di malam Nuzulul Quran.

BACA JUGA:
Sholat Dhuha 4 Rakaat : Keutamaan, Niat, Tata Cara, dan Doa Setelah Dhuha


Dalam buku Amalan di Bulan Ramadhan, Mardiyah disebutkan bahwa ada beberapa amalan yang bisa dilakukan dalam mengisi malam Nuzulul Qur’an di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  1.  Itikaf, yaitu amalan yang bisa dilakukan saat malam Nuzulul Quran dengan cara berdiam diri di masjid, membaca Al Quran, berdzikir, berdoa, dan melaksanakan shalat malam.
  2. Amalan malam Nuzulul Quran selanjutnya adalah memperbanyak doa Nuzulul Quran yang berhubungan dengan keinginan atau doa-doa yang sudah ada dalam Al Quran. Hal ini penting, karena di malam Nuzulul Quran, Allah akan mengabulkan doa-doa permintaan umatnya.
  3. Memperbanyak shalat malam seperti sholat tahajud, juga menjadi salah satu amalan malam Nuzulul Quran. Sebelum melaksanakan shalat malam, umat muslim dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu setelah shalat tarawih di masjid. Kemudian menjelang sahur ataupun tengah malam, bangun dari tidur untuk menunaikan shalat malam.

BACA JUGA:

 


Nah, itulah amalan malam Nuzulul Quran yang dapat Anda tunaikan. Jangan lupa juga membaca doa malam Nuzulul Quran seperti telah dijelaskan di atas.