Cara Menggunakan Form Google Untuk Membuat Kuisioner, Soal, Survey & Pendaftaran

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Google Form merupakan aplikasi keluaran Google  yang digunakan untuk membuat formulir formulir, baik untuk keperluan survey, pendataan, ulangan online, registrasi/pendaftaran acara, kuisinoner, formulir kepuasan pelanggan, polling dan banyak lainnya. Aplikasi form google yang menyatu dengan google document, google sheet, google slides , dan berada di dalam google drive. Jadi untuk membuat google forms kita dapat menggunakan shortcut “New Forms” pada aplikasi tersebut.



Dalam, artikel ini akan dibahas tentang google forms, mulai dari cara membuat google forms, cara kerja serta beberapa fitur yang terdapat di dalamnya. Google Forms bisa digunakan untuk mengumpulkan informasi dari pengunjung melalui survei atau kuis dalam formulir yang dibuat. Anda bisa menghubungkan Google Sheets dengan Google Forms untuk melihat hasil survei atau kuis secara real-time.


CARA MEMBUAT FORMULIR DI GOOGLE FORMS

Formulir dapat dibuat di GOOGLE FORM melalui smartphone ataupun dekstop, namun untuk kemudahan sebaiknya anda menggunakan laptop ataupun komputer. Sebelum membuat form google pastikan bahwa anda memiliki akun google  yang terhubung.


A. Membuat Formulir di Google Forms Secara Langsung

  • Klik halaman ini https://www.google.com/forms/about/
    Pilih Kotak personal dan klik tombol “Go to Google Forms”
  • Klik tombol + dengan tulisan Blank/Kosong


Form google

  •  Atau jika ingin lebih singkat tanpa melewati poin 1 2 3 diatas anda bisa langsung klik halaman forms.new


B. Membuat Google Forms Lewat Google Drive/Spreadsheet/Google Docs

  • Klik tombol New/Baru di Google Drive
  • Buka tab lainnya, kemudian Klik google forms atau Formulir google dengan icon berwarna ungu.
  • Pada google docs atau spreadsheet kita tinggal klik Menu File -> New/baru -> Pilih google forms.

 HALAMAN DEPAN FORM GOOGLE

 Setelah mengikuti langkah awal anda akan melihat halaman di bawah ini. 

fORM GOOGLE DEPAN


Gambar di atas jika google Anda diatur dalam bahasa Inggris. Jika akun google anda diatur dalam bahasa Indonesia, maka kata-kata yang muncul adalah dalam bahasa Indonesia.


Berikut adalah penjelasan dari masing-masing fitur dalam antar muka di atas.

  1. Bagian yang ada tulisan “Formulir tanpa judul”  atau " Untitled Form" adalah judul dari google forms yang dibuat. Kita tinggal mengkliknya dan mengubah judul sesuai keinginan kita.
  2. Bagian yang ada tulisan “Pertanyaan tanpa judul” atau "Untitled Question" adalah judul dari pertanyaan kita. Tuliskan teks pertanyaan kita dibagian tersebut.
  3. Kita lihat ada checkbox bertuliskan “Pilihan Ganda” atau "Multiple Choice" ketika kita klik bagian tersebut maka akan muncul pilihan lain tentang bagaimana format jawaban yang kita inginkan. Apakah pilihan ganda, yes/no, jawaban singkat dan lain sebagainya.
  4. Dibagian kanan atas, ada 3 fitur disebelah kanan tombol kirim. Fitur yang bergambar Palet Warna / Palette “Sesuaikan tema”  atau "Costumize Theme " digunakan untuk mengubah warna tema. Fitur “Pratinjau” atau "Preview" digunakan untuk melihat tampilan formulir yang dibuat dari sudut pandang pengguna. Sedangkan fitur bergambar panah untuk Undo dan Redo. 
  5. Untuk pengaturan formulir bisa diklik tab Settings / Pengaturan
  6. Selebihnya terdapat beberapa fitur lain yang tinggal kita ulik sendiri. Rasanya tidak akan terlalu susah jika kita telah familiar atau sering menggunakan fitur-fitur keluaran google sebelumnya.

 

MEMBUAT  JENIS PERTANYAAN DAN JAWABAN

Pertama, berikan judul formulir dan deskripsinya. Pastikan judul dan deskripsi menjelaskan formulir dengan singkat dan jelas.


Lalu, buat pertanyaan atau survei. Di bagian kiri, kamu bisa mengubah judul pertanyaan dan opsi-opsinya. Di bagian kanan, kamu bisa mengedit jenis pertanyaan tergantung kebutuhan (pilihan ganda, esai, nomor, dan sebagainya).
 


Klik Multiple choice / Pilihan Ganda untuk mengubah pertanyaan dari pilihan ganda ke yang lain.
Lalu pilih jenis pertanyaan lain yang kamu butuhkan.
 


Terlihat ada banyak pilihan pada jenis pertanyaan dan jawaban, berikut penjelasannya :

  • Short answer: jenis ini hanya membutuhkan respons dalam bentuk beberapa kata. Jenis ini bisa digunakan untuk mengumpulkan alamat email atau URL.
  • Paragraph: jenis ini membutuhkan respons dalam bentuk satu atau lebih paragraf.
  • Multiple choice: jenis ini membutuhkan respons dalam bentuk pilihan ganda. Jenis ini bisa digunakan untuk membuat soal ujian.
  • Checkboxes: jenis ini membutuhkan respons dalam bentuk pilihan ganda namun opsi-opsinya dapat dipilih lebih dari satu.
  • Drop-down: jenis ini memungkinkan pengunjung formulir memilih salah satu dari beberapa respons yang sudah ditentukan sebelumnya dalam bentuk menu drop-down.
  • File upload: jenis ini memungkinkan pengunjung meng-upload gambar, video, atau apa pun itu ke akun Google Drive milik si pembuat formulir. Pastikan akun Google Drive kamu memiliki sisa ruang penyimpanan yang cukup.
  • Linear scale: pengunjung dapat memberi review dengan rating dari 0 hingga 5, misalnya.
  • Multiple choice grid: jenis ini memungkinkan pengunjung memilih satu jawaban pilihan ganda per baris.
  • Checkbox grid: opsi ini memungkinkan pengunjung memilih satu jawaban dalam berbentuk centang setiap baris.
  • Date: jenis ini memungkinkan pengunjung mengisi tanggal.
  • Time: jenis ini memungkinkan pengunjung mengisi waktu atau durasi.


MENAMBAH PERTANYAAN BARU DAN SECTION

Dalam membuat formulir, ada beberapa pertanyaan yang dibuat atau diajukan untuk dijawab dan diisi.  Kamu bisa membuat pertanyaan baru dengan mengklik tombol + di sebelah kanan dengan tooltip “Add question". Lalu pilih jenis pertanyaan di sebelah kanan, isi judul dan isi opsi-opsi di dalamnya.



Kamu juga bisa menambah section baru untuk memisahkan atau mengelompokkan beberapa pertanyaan. Klik tombol “Add section" yang terletak di sebelah kanan paling bawah.



Lalu muncul nomor section. Kamu bisa menambah pertanyaan baru pada section tertentu dengan cara yang sama.

Tapi bagaimana dengan memindahkan pertanyaan ke section lain? Kamu bisa melakukannya dengan men-drag dan drop (klik, lalu tekan tahan) pertanyaan tersebut ke section lain.

Di setiap section, di paling bawah kamu bisa memilih ke mana setelah pengunjung mengisi formuli pada section tersebut. Kamu bisa memilih ke formulir selanjutnya atau ke section tertentu, atau langsung mengirim/submit formulir.



CARA MEMBUAT QUIZ DI GOOGLE FORMS

Google Forms juga bisa membuat kuis. Misal penerapannya dilakukan oleh seorang guru yang ingin  membuat kuis yang dapat memperlihatkan hasil ujian yang dimasukkan dalam formulir secara langsung. Fitur ini sangatlah berguna untuk mengumpulkan nilai-nilai secara singkat tanpa perlu memeriksa hasil tes satu per satu.

Pilih tab Setting / Pengaturan di samping Response, bagian yang dilingkari di gambar bawah ini.


Lalu klik tab Quizzes. Nyalakan opsi “Make this a quizz". 


 

Lalu pilih apa saja yang bisa dilihat oleh murid yang mengisi tes (pertanyaan terlewat, jawaban yang benar, dan lainnya). Klik Save.

Kalau dilihat di pengaturan gambar di atas, murid langsung tahu hasil jawaban setelah dimasukkan, dan tahu jawabannya salah atau benar, dan langsung diberitahu jawaban benar atau salah, beserta nilainya. Jika ingin semua dievaluasi setelah quiz selesai, maka pilih "Later, after manual review"

Kembali ke formulir. Klik pada pertanyaan pilihan ganda. Klik Answer key untuk menambah kunci jawaban.

Lalu pilih jawaban yang benar pada pilihan ganda. Klik Done jika sudah selesai.

 

Cara Menghubungkan Google Forms dengan Google Sheets untuk Melihat Hasil Respons / Jawaban

Response atau hasil respon dapat dilihat secara langsung di tab sebelah kanan formulir itu sendiri. Tapi kamu bisa menggunakan Google Sheets sebagai tempat mengumpulkan respons dengan cara yang lebih detail. Informasi dari Google Sheets sendiri nantinya juga bisa dibuka sebagai file di Microsoft Excel atau sebagai file PDF. Tentu ini akan memudahkan jika hasilnya akan dibagikan ke orang lain. 



Masuk ke tab Responses dengan mengklik tab yang dilingkari pada gambar sebelumnya.  Klik tombol hijau Google Sheets di sana.


Kamu bisa membuat Google Sheets baru atau menggunakan file Google Sheets yang sudah kamu buat sebelumnya. Klik Create.


 


Jika kamu membuat baru, maka akan muncul tab baru yang memperlihatkan halaman Google Sheets. Di sini muncul kolom-kolom yang dibuat secara otomatis dari pertanyaan-pertanyaan yang kamu buat. Pastikan browser Anda tidak memblok Pop up Browser. Jika Browser anda melakukan block pop up, langsung cek dan kecualikan.


CARA MEMBAGIKAN LINK GOOGLE FORMS

Setelah formulir selesai dibuat di Google Forms selesai dibuat, kamu bisa membagikan link-nya sehingga formulir tersebut dapat diisi oleh siapa pun.


Klik tombol Send / Kirim


 
Klik tab link seperti rantai. Lalu klik Copy.

Kita bisa mencentang kotak Shorten URL untuk membuat URL lebih pendek. Setelah itu kita tinggal membagikan url tersebut sesuai tujuan masing-masing. Entah melalui medsos, grup whatsapp, website dan sebagainya.

Selain link saja, kamu juga bisa mengirim link tersebut ke email secara langsung di sini, atau embed formulir dengan memilih simbol < > sehingga dapat diisi secara langsung di website-mu.

Membuat formulir / form dengan Google Forms sangatlah mudah dilakukan. Kamu bisa membuat tes atau soal ujian, survei, atau bahkan halaman checkout pembelian dengan Google Forms. Lalu memonitor hasil jawaban / respon melalui Google Sheets.