Fitur "Last Seen" / "Terakhir Kali DIilihat" Disembunyikan Whatsapp

#Tags

 Ada perubahan dari WhastApp messenger untuk aplikasinya.  Perubahan ini mungkin tidak banyak disadari oleh pengguna WA. Jadi, aplikasi chat WhatsApp sudah mengganti ketentuan privacy buat banyak pemakainya. Perubahan ini akan diaplikasikan pada feature 'last seen'.


WhatsApp Messenger menyembunyikan data kapan paling akhir pemakai online atau 'last seen' secara standar . Jadi, jika pengguna WA tidak melakukan perubahan setting pada aplikasi WA mereka,  fitur 'last seen' atau "Terakhir kali dilihat" tidak akan diperlihatkan.

Ilustrasi  Fitur Last seen di Whatsapp. Sumber : wikihow



Salah seorang pengguna di twitter  mengungkapkan membaca pembaharuan fitur ini  saat WhatsApp Support untuk update dikirimkan  8 Desember 2021. Fiture 'Last seen' / "Terakhir kali dilihat"  atau waktu paling akhir pemakai online di program gak akan dilihat oleh kontak asing, atau kontak yang baru pertama sekali melakukan komunikasi lewat WA.


Sebelumnya, fitur status 'last seen' pemakai diperlihatkan untuk Seluruhnya Orang (Everyone), kedepan secara standar atau penyusunan pemakai, status 'last seen' akan ada pada status Contact Saya (My Contatcs).

Sebenarnya alternatif tidak untuk memamerkan 'last seen' atau waktu paling akhir pemakai online telah ada, namun tak dalam status standar.

WhatsApp Support juga menyatakan dalam pemberitahuan perubahannya  "Kami membuat lebih sulit orang yang tak Anda kenali serta tidak pernah mengobrol, untuk menyaksikan 'last seen' Anda serta datangnya online Anda di WhatsApp," . 

BACA JUGA :

7 Fitur Baru Whatsapp Yang Dirilis Sepanjang Tahun 2021



"Tak akan ada yang berubah antara Anda dan teman Anda, keluarga, dan rekan bisnis yang telah berkomunikasi dengan Anda sebelumnya," lanjut pesan dari WhatsApp Support.

Bagi Anda yang mau sembunyikan rutinitas online di WhatsApp, Anda dapat memutuskan sembunyikan 'last seen' semuanya, atau dari pemakai yang lain tak masuk daftar kontak di HP Anda.

Meskipun memperlihatkan 'last seen' tak dilihat demikian beresiko untuk keamanan, akan tetapi WABetaInfo pernah mendata jika hal itu dapat saja sela buat pihak ketiga.