15 Set Top Box (STB) dan Harga STB Supaya TV Tabung dan TV Analog Bisa Menonton TV Digital

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Apakah Anda punya perangkat televisi di rumah ? Apakah perangkat TV Anda itu TV tabung atau layar datar yang model lama. Apakah Anda tahu bahwa perangkat TV tersebut tidak lama lagi tidak akan bisa menayangkan siara TV analog ?

Jadi selama ini, acara TV yang Anda tonton itu adalah siaran TV analog. Sekarang, Tayangan TV analog yang telah lama mengudara di Indonesia akan diakhiri. Selanjutnya, siaran TV analog akan diganti dengan TV digital. Proses perpindahan ini diharapkan bisa selesai pada November 2022. 



Jika Anda mempunyai perangkat TV analog (misal TV tabung), maka tidak bisa melihat tayangan televisi favorit Anda. Selain TV tabung, ada juga tv layar datar yang belum bisa mendukung TV digital, dan ada pula TV yang meski sudah mempunyai TV layar datar dan kelihatannya bisa TV Digital, belum tentu juga bisa mendukung DVB-T2.

Informasi tentang hal ini bisa dibaca di artikel PERALIHAN Dari TV ANALOG KE TV DIGITAL DIMULAI, BERIKUT SYARAT SUPAYA BISA MENANGKAP SIARAN TV DIGITAL

Jika perangkat televisi Anda ternyata tidak bisa mengakses TV digital, Anda tidak perlu khawatir harus membeli perangkat TV baru yang harganya cukup mahal di pasaran. Ada solusinya. Anda bisa menghubungkanya dengan perangkat STB (Set Top Box).

Set-top box kini mulai banyak ditawarkan di marketplace, hingga toko - toko biasa. Jika Anda bingung, membeli STB merek apa, harganya berapa, berikut ini kami buatkan panduan daftar STB untuk Anda.


Apa itu STB / Set Top Box ?

Sebelum masuk ke daftar produk STB, perlu diketahui dulu ini, apa itu STB TV Digital?
Set-top box atau STB merupakan peralatan yang berfungsi menangkap sinyal siaran TV digital. Perangkat ini dipasang pada TV yang belum mendukung standar siaran digital, baik TV tabung maupun layar datar.

Dalam penggunaannya, STB tetap membutuhkan antena UHF seperti pada TV analog. Dan ini yang paling penting, biasanya satu antena ini bisa digunakan untuk banyak TV analog dengan cara memasang perangkat booster dan splitter. Namun, satu set-top box hanya bisa digunakan untuk satu TV. 

Dalam 1 set STB standar terdiri dari

  1. Perangkat set-top box
  2. Remote
  3. Kabel Penghubung ke TV ( Ada yang hanya menyediakan RCA saja, ada yang menyediakan HDMI saja, ada pula yang menyediakan ke 2 nya)


Digabung dengan antena UHF, peralatan standar tersebut sudah cukup untuk mendapatkan siaran digital di Indonesia.

Jika ingin lebih dari itu, ada beberapa fitur tambahan dalam perangkat set STB
- Colokan USB untuk menancapkan flashdisk atau harddisk.
- Tergantung model dan fitur STB, ada yang dari sini bisa memainkan lagu, atau merekam acara TV. Jika butuh untuk merekam, maka pilihlah STB yang punya fitur  PVR (Personal Video Recorder).
- Siaran TV online dan streaming YouTube. Jika butuh fitur ini, maka periksa apakah STB ini mendukung IPTV (Internet Protocol Television). Nantinya, tinggal menambahkan perangkat USB Wi-Fi dongle sebagai sumber internet. Perangkat USB Wi-Fi dongle dijual secara terpisah dan memerlukan paket internet agar bisa digunakan. 

 

Cara Memilih STB Yang Sesuai 

Di bawah ini daftarnya cukup banyak, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat  akan membeli STB, sebagai berikut :

1. Jangan membeli non merek/brand 

Banyak STB yang beredar saat ini tanpa brand/ merk. Jika terjadi kerusakan, maka akan sulit mengindetifikasinya. STB tanpa merek pun dijual di atas 150RB. 

Beberapa STB ini dilaporkan mempunyai keluhan "lag" saat panas. 

2. Tanyakan Garansi

3. Fitur apa yang Anda inginkan.

Beberapa merek/brand/model memang hanya menyediakan produk standar, ada pula yang meyediakan tambahan fitur, yang berarti tambahan biaya. Namun punya fitur sistem peringatan dini bencana(EWS) bisa jadi tambahan yang cukup penting. 

Fitur IPTV memang menarik, tapi Anda harus menyediakan saluran internet.

4.  Budget

Sesuaikan dengan budget. Jika bisa menambah sedikit biaya untuk EWS, akan sangat bagus. 


15 Merk Set Top Box ( STB) Supaya TV Tabung dan TV Analog Bisa Menonton TV Digital

 1. STB Advance STP-A01


 

STB dari Advance ini merupakan STB digital,yang sudah dilengkapi dengan remote control, dan  yang bisa digunakan untuk TV tabung.
Untuk antena, tetap menggunakan antena UHF biasa.  

Selain itu, disediakan kabel HDMI dan RCA (Jika akan dihubungkan ke TV tabung, maka bisa menggunakan kabel RCS).  Dengan ukuran gambar FULL HD 1920X1080, menawarkan tayangan yang lebih jernih 

Harga STB Advance STP-A01 mulai dari Rp 190RB

Link Pembelian : 



2. Set Top Box  Polytron PDV-600T2  / PDV-610 T2

STB besutan Polytron ini membuat Siaran TV Anda dijamin bebas semut dan bebas bayangan dengan kualitas yang sangat jernih.


- Siaran TV Digital berteknologi DVB-T2. Bersih Gambarnya dan Jernih Suaranya [gunakan antena UHF]

- Bisa merekam acara TV dengan fitur PVR

- USB Multimedia : memutar berbagai film dan lagu favorit

- Teknologi EWS (Early Warning System/Peringatan Dini Bencana ) 

Antara Polytron model PDV -600T2 dan PDV-610T2 sebenarnya hampir tidak ada  perbedaan pada fitur. Perbedaan terdapat pada unit PDV-610T2 yang lebih kecil. PDV -600T2 merupakan generasi awal dari STB buatan Polyron ini. 

 Harga STB PDV-600T2  / PDV-610 T2 mulai dari Rp 280 RB

Link Pembelian :

 

3. STB ICHIKO 8000HD

 

Teknologi terbaru di dunia TV yang memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan siaran TV dengan gambar yang jauh lebih baik dan TIDAK MENGENAL istilah bayangan dan semut pada gambar. (DIJAMIN BENING)

Dengan alat penerima TV DIGITAL generasi terbaru ini, siaran TV anda DIJAMIN BEBAS SEMUT, BEBAS BAYANG dengan kualitas yang sangat jernih dengan dukungan resolusi HD

 Harga STB ICHIKO 8000HDmulai dari Rp 300 RB

Link Pembelian : 



 

 4. Set Top Box Dvb-T2 Venus Brio


 Venus Brio Set Top Box ini mampu memancarkan sinyal gambar dan suara dengan kualitas penerimaan yang lebih tajam serta jernih di layar TV dibandingkan siaran analog. Menjamin tidak ada semut dan bayangan sama sekali pada gambar.


Fitur menarik dari produk ini adalah bisa merekam pakai USB dan juga dapat digunakan untuk memutar film (Media Player)

Cara pemasangan mudah,menggunakan input AV (Audio Video) pada TV anda, sehingga bisa digunakan pada jenis TV yang belum menggunakan HDMI.

Dilengkapi pula fitur EWS (sistem peringatan dini bencana ) yang sudah diperiksa  oleh BPPT.

 

 Harga Set Top Box Dvb-T2 Venus Brio  mulai dari Rp230 RB

Link Pembelian :

 


 5. Set Top Box Tanaka Model T2

STB Tanaka model T2 untuk penerima siaran digital dengan antena UHF, hasil siaran jernih tanpa semut.  DVB T2 Tanaka memiliki banyak fitur antara lain bisa memutar musik via usb, bisa putar youtube dengan konek ke wifi dengan memakai dongle wifi dan juga ada fitur EWS (Eeary Warning Sistem) alarm peringatan bencana

STB Tanaka T2 sudah memiliki sertifikat SNI dan ijin postel. Anda tidak perlu antena parabola. Cukup pakai antena UHF, anda sudah memiliki kualitas gambar setara TV Kabel berlangganan dan sangat stabil.
Dilengkapi dengan port HDMI, RCA, 2 USB.
Dapat merekam Siaran TV (tinggal colok flashdisk atau HDD eksternal).
Dapat menjadi media player untuk film, foto, dan musik.
Anda dapat melihat jadwal siaran televisi hingga 7 hari kedepan.

Harga Set Top Box Dvb-T2 Venus Brio  mulai dari Rp 195 RB

Link Pembelian : 



 6. Set Top Box Matrix Apple

 


STB ini merupakan STB yang cukup canggih dengan memadukan beberapa fitur di dalamnya, antara lain:
MEECAST - Share Tampilan dari hape ke TV (Perlu dongle Wifi)
- FULL HD 1080p - Gambar lebih Bersih. Lebih Jernih. Tanpa Semut
- YOUTUBE dan YOUTUBE KIDS - Dengan dongle Wifi
- PORT USB 2x PORT
- MEMILIKI EWS PERINGATAN DINI
- RAM 8 MB
- CPU TAHAN PANAS
- DUAL IU - Menu Classic atau Menu Metro (Android)
- Sistem Peringatan Bencana Dini (EWS)

Dengan kelebihan-kelebihan ini membuat tv analog serasa TV digital yang canggih.
STB Matrix Apple sudah memiliki sertifikat SNI, dan sertifikat dari Dirjen Postel.

Harga Set Top Box Matrix Apple mulai dari Rp 210 RB

Link Pembelian : 



7. STB Akari Model ADS 2230

 

Akari ADS2230 Set Top Box Digital Dilengkapi fitur peringatan dini bencara alam. Penerima digital pada band VHF dan UHF, Set up Box ini mudah diupgarde lewat USB 2.0. OSD menggunakan bahasa Indonesia + Bahasa Inggris. Memiliki fungsi EPG (Electronic Program Guide) selama 7 Hari. Kapasitas penyimpanan 999 program.

Harga Set Top Box  Akari Model ADS 2230 mulai dari Rp 190 RB

Link Pembelian : 



8. Set Top Box Evercoss STB PRO



Evercoss STB PRO merupakan receiver TV digital yang sudah support resolusi Full HD, yang membuat kualitas menonton TV menjadi naik kelas, serta dapat merekam Siaran yang berlangsung. Set top box pro ini sudah dilengkapi juga dengan koneksi HDMI, USB, serta support Wifi dongle *not include(tidak terdapat pada box) 

 Harga Set Top Box Evercoss STB PRO mulai dari Rp 180 RB

Link Pembelian :



9. STB DNMR DVB-T2


STB DNMR DVB-T2 yang memungkinkan anda untuk dapat menyaksikan siaran-siaran TV digital. Media player ini juga dibekali dengan prosesor MT2203 sehingga dapat menjalankan siaran TV digital dengan sangat lancar. TV Box ini dapat menangkat sinyal DVB-T2.

Beberapa fitur menarik STB ini yang bisa membuat TV lama serasa TV canggih :

- Bisa merekam siaran TV

- WIFI (untuk versi Wifi)

- Youtube (untuk versi Wifi)

- Bahasa: Indonesia

- Support USB Wifi dongle, IPTV

- Support Subtitle, Teletext, Multy Language, Parental Lock

-  Support Media rekam pada Flashdisk dan USB HDD

-  Dapat menyimpan 1000 program

-  Dapat menyimpan memory program saat mati (off)

-  7 hari Fungsi EPG, Kuat dan Keefektifan tinggi

-  Dapat memainkan berbagai media hiburan dan Games

 Harga Set Top Box DNMR DVB-T2  mulai dari Rp 240 RB

Link Pembelian :

 

10. STB GOLDSAT REVO DVB T2

 

Set Top Box TV Digital GOLDSAT REVO DVB T2 Terrestrial merupakan prealatan yang merubah saluran analog menjadi saluran TV digital. Menyulap TV tabung dan TV LED Analog menjadi TV yang mampu menayangkan TV digital yang lebih jernih.

Daya tangkap sinyal digital DVB-T2 dapat berbeda-beda tergantung kondisi lokasi, antena tv yang dipakai, jarak penerima dengan pemancar stasiun tv. Jika ingin melihat acara TV online maupun YouTube, Anda bisa menggunakan set-top box Goldsat ini ini juga. STB ini menyediakan porta USB yang bisa Anda pakai untuk memasang Wi-Fi dongle.

STB ini cocok untuk menonton gambar Full HD 1.080 piksel, film berformat AVI, dan MKV. Selain itu, Anda juga bisa membuka file format JPEG, BMP, dan musik mp3. STB ini juga didukung oleh koneksi eksternal portable hard drive atau HDD.

Harga Set Top Box GOLDSAT REVO DVB T2  mulai dari Rp 189 RB

 Link Pembelian : 



 11.TRANSVISION XSTREAM SERU

XSTREAM SERU: Adalah Android TV Box, yang bisa buat TV di rumah langsung jadi Smart TV. XSTREAM SIMPLE and PORTABLE, dapat dibawa dan dipasang dimanapun. Hanya tinggal koneksikan dengan jaringan internet, bisa Tethering HP, Modem WIFI, atau Kabel LAN.

XSTREAM Seru 100+ channel Live TV - 1000+ Konten VOD yang baru (plus Drama Korea) - 5000+ aplikasi android TV termasuk aplikasi video streaming yang bisa Anda nikmati seperti Netflix, Disney+ Hotstar, Viu, Vidio, WeTV, Iqiyi,



SPESIFIKASI Transvision Xstream Seru:
- Android 10
- 2GB RAM / 8 GB ROM
- HDMI 2.0 4K Support
- Slot Micro SD Card
- Port USB (2 x USB 2.0 Host, support Ext. HDD)
- Port Ethernet cable
- Multi Mode Smart Navigation (Infrared Remote TV dan MouseMode)
- Screen Mirroring via Airscreen Apps
- Market Apps: Aptoide
- Pre-Installed Apps : YOUTUBE, Netflix APK, AirScreen Apps,Catchplay, 20Detik

GARANSI RESMI 1 TAHUN

1. Siapkan email dan no HP yang aktif
2. Siapkan Kode Voucher yang sudah ADA dalam BOX kemasan
3. Ikuti step yang ada dalam box kemasan
4. Xstream seru siap dinikmati


Setelah masa free akses paket channel Diamond habis, untuk dapat menikmati fitur Xstream Seru, maka diperlukan langganan salah satu paket channel Xstream Seru 

 Harga Set Top Box TRANSVISION XSTREAM SERU    mulai dari Rp 299RB

 Link Pembelian : 




12.  STB Venus DVB-T2 Cabai Rawit


STB Venus model cabe rawit ini menghasilkan kualitas gambar setara TV Kabel berlangganan dan sangat stabil.  Dilengkapi dengan port HDMI, RCA, RGB, dan USB.

Selain itu, ada juga fitur merekam Siaran TV dengan menggunakan flashdisk atau HDD eksternal dan menjadi media player untuk film, foto, dan musik, karena mempunyai fitur PVR.  

Dapat melihat jadwal siaran televisi hingga 7 hari kedepan, dan bisa digunakan pada semua jenis TV tabung, LCD, LED, dan Plasma.abe Rawit

Harga Set Top Box STB Venus DVB-T2 Cabai Rawit   mulai dari Rp 220RB

 Link Pembelian :


 

13. STB Evinix H 1


STB Evinix H 1 adalah teknologi terbaru di dunia penyiaran TV (sinyal UHF teknologi terbaru) yang memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan siaran TV dengan gambar yang jauh lebih baik dibanding saat ini (sudah mendukung kualitas HD). Di teknologi TV Digital, TIDAK DIKENAL istilah bayangan dan semut pada gambar (DIJAMIN BENING).


STB Evinix H 1 bisa dipakai di SEMUA MERK TV Tabung, LCD, LED, Plasma,  dan merekam siaran TV (tinggal colok flashdisk atau HDD Eksternal). Selain itu juga bisa menjadi media player untuk film, foto, dan musik.


Hanya saja belum ada fitur EWS dan 3D.

Harga Set Top Box STB Evinix H 1 mulai dari Rp 205RB

 Link Pembelian :



 14. Set Top Box Gardiner  DVBT2 Super HD 168


 
Set Top Box DVBT2 Super HD 168 Digital DVB T2 Antena UHF.
- Set top box HD DVB-T2 sesuai dengan MPEG2 dan MPEG4 H.264
- Kompatibel dengan saluran HDTV (FTA) dan dilengkapi dengan konektor HDMI
- Port USB 2.0 dengan fungsi PVR dan dukungan HDD eksternal dengan Power
- Media Player yang mendukung video, musik dan gambar
- Support MP4,avi,MKV,JPEG,MP3 dan SRT(Subtitle Video)
- Software Upgrade via USB port
- Konektor : RF in/ RF out,HDMI Output,USB port,RCA port

Fitur Utama :
- WIFI dengan USB Wifi Dongle
- Media Player
- DLNA
- IPTV (Ada keluhan IPTV-nya sering Error. Harap dipertimbankan kembali jika ingin /butuh IPTV)

Harga Set Top Box Gardiner  DVBT2 Super HD 168  mulai dari Rp 180RB

 Link Pembelian :



 15. Set Top Box Xtreamer Bien 3



STB Xtreamer Bien 3 merupakan salah satu STB premium. Harganya juga dibandingkan dengan STB lain, relatif lebih mahal. 

 Namun, selain mampu memancarkan sinyal gambar dan suara dengan kualitas yang lebih tajam serta jernih di layar TV , STB ini punya banyak fitur.

Fitur PVR, EPG dan EWS
PVR : Xtreamer Bien 3 Set Top Box Mampu merekam siaran TV berkualitas tinggi dan bisa disimpan di flashdisk atau HDD.
EPG : Anda dapat melihat jadwal siaran televisi hingga 7 hari kedepan.
EWS (Early Warning System) : Anda akan menerima peringatan dari jika terjadi bencana didaerah tertentu.

Bisa digunakan untuk semua jenis TV
Alat ini bisa dihubungkan pada berbagai macam jenis televisi seperti layar tabung, LCD, LED, Plasma hingga yang sudah support 3D sekalipun.

Video resolution: Full HD 1080p, 1080i, 720p, 576p.
Plug & Play self installing programing dengan automatic scanning.
Multi-language OSD.
Time Shift(video pausing, rewinding).
Hemat energy, hanya 1W pada mode stand-by.
Parent lock untuk memblock beberapa channel.
Fast channel switching.
Mendukung subtitle teletext dan DVB.
Dapat membuat list channel favorit.

 Harga Set Top BoxXtreamer Bien 3  mulai dari Rp 350RB

 Link Pembelian :