9 PONDOK PESANTREN MODERN DI BOGOR

#Tags

 Bogor, halamanbogor.com -- Pondok Pesantren atau sering juga disingkat dengan ponpes adalah sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.

Saat ini lembaga pondok pesantren cukup banyak. Sebagai perbandingan, di kota Bogor saja daftarnya sampai ratusan, bisa cek di Data Pondok Pesantren (Ponpes) dan Boarding School Islam Di Kota Bogor.


Di sisi lain, setiap orang tua ingin yang terbaik untuk sang anak. Makin bertambahnya pondok pesantren membuat orang tua harus bijak memilih. Setiap orang tua tidak salah jika harus paham bagaimana presantren saat ini.  

Pesantren saat ini bukan hanya sediakan pengajaran agama, tetapi juga banyak yang bergelar pesantren kekinian.

 
Sebagai pertimbangan sebelum memutuskan, International Konferensi on University and Intellectual Culture (ICUIC) UIN Jakarta menulis, pesantren mempunyai budaya pengajaran dan keunggulan komparatif yang memberikan dukungan penangkalan kerusakan lingkungan.

Disamping itu, pesantren berperanan aktif dalam mengatasi kerusakan lingkungan sama sesuai karakter wilayahnya semasing. Karena, elemen yang ada dalam pesantren seperti kyai, santri, mushola, dan pondok sama-sama terkait untuk jaga lingkungan.

Hasil lain memperlihatkan jika pesantren sebagai instansi pengajaran agama mempunyai  2 peran, yaitu sebagai instansi pengajaran yang bisa meningkatkan pengetahuan dan penalaran, ketrampilan dan personalitas umur muda.

Bukan itu saja, pesantren sebagai sumber referensi nilai-nilai keislaman untuk warga yang ada di sekelilingnya. Beberapa santri jadi mode yang memperlihatkan bagaimana Islam diperlihatkan seperti yang didalami dalam pengajaran di pesantren.

Disamping itu, lembaga sosial di perdesaan yang mempunyai peranan sosial dan pengerahan yang oke dalam kemandirian dan prakarsa warga, sanggup membenahi lingkungan yang terkait dengan religius dan fisik.


Jika orang tua berencana memasukkan anak ke pondok pesantren, tapi bingung pondok pesantren yang mana, berikut beberapa daftarnya :


1. Pesantren Tahfidz Madinatul Qur'an Bogor

Sumber : Pesantren Tahfidz Madinatul Qur'an Bogor (Tahun 2016)

Pondok pesantren di Bogor ini menjadi pilihan untuk orang tua yang meningkatkan kemampuan hafalan Alquran anak. Berlokasi di Dusun Singasari, Jonggol, Bogor, pesantren ini mempunyai lingkungan yang asri dan alami yang mempermudah santri untuk fokus.

Pesantren ini diperuntukkan untuk membuat angkatan yang cinta Alquran dan mempraktikkannya. Ada banyak tingkatan pengajaran yang dipunyai, yaitu SD Tahfidz, SMP Tahfidz, SMA Tahfidz, Tahfidz dan Bahasa Arab, dan Ma'had Aly (S1).

Program beasiswa disiapkan untuk santri yang mempunyai keterbatasan biaya. Peserta program beasiswa di pondok pesantren Tahfidz Madinatul Qur'an Bogor bisa memilih salah satu program di antara Program Tahfidz dan Bahasa Arab untuk ikhwan dan akhwat, dan Program Mahad Aly (khusus Ikhwan).

2. Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor

Pesantren di Bogor setelah itu Pesantren Kekinian Ummul Quro Al-Islami Bogor. Berada di Jl. Moh Noh Noer Kecamatan Leuwiliang, Bogor.

Nama Ummul-Quro diambil dari panggilan kota Mekkah. Mekanisme pondok pesantren kekinian dengan kurikulum integratif dipandang jadi opsi logis untuk mewujudkan misi serta visi yang dipunyai oleh pesantren ini.



Santri dibekali pengetahuan agama dan umum supaya sesudah lulus dapat memberikan sumbangsih untuk masyrakat.

Program pengajaran di pesantren ini mencakup tingkatan Tsanawiyah dan Aliyah. Pada satu tahun awal, beberapa santri akan mengikuti kelas persiapan untuk perdalam pengetahuan agama bahasa Arab dan Inggris.



Karena metode pendidikan ini, alumni dari pesantren ini dapat melanjutkan pengajaran ke tingkatan yang semakin tinggi baik di Indonesia atau di luar negeri. Beberapa dari alumninya ada yang melanjutkan kuliah di Mesir, Yaman, Oman, Libia, Sudan, Maroko sampai daerah Eropa, seperti Turki dan Jerman.

3. Pesantren Modern At-Taqwa Gunungputri Bogor

Pesantren Modern At-Taqwa  berada di Dusun Nagrak Kecamatan Gunung Putri Bogor, pesantren ini mempunyai gedung asrama untuk SMA dan untuk SMP. Ada gedung belajar SMA dan SMP untuk kebutuhan kegiatan belajar mengajar para santri.

Pesantren di Bogor ini mempunyai dua instansi pengajaran di bawah lindungan Kemendikbud, yakni pengajaran tingkat SMP dan SMA. Dalam pembelajarannya mengombinasikan pelajaran Diknas dengan pelajaran ciri khas pesantren seperti pembahasan kitab-kitab.

Semua santri diasramakan supaya dapat semakin berdikari, bertanggungjawab dan mendapat pengajaran secara integral, hingga kemammpuan santri terlatih, baik saat ikuti pelajaran atau dalam aplikasinya. Namun yang terutama tetap praktik beribadah.


4. Pesantren Darussalam Bogor

Pondok pesantren Darussalam Bogor berada di Jl Raya Taman Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Bogor. Salah satu pndok pesantren di Bogor ini, pengajaran dan pendidikannya merujuk pada manhaj atau kurikulum Pondok Kekinian Gontor, yaitu secara nasional dan tradisionil. 




Semenjak berdirinya pada 1993 sampai sekarang ini, pesantren ini sudah meluluskan banyak alumni santri , yang sekarang ini banyak sudah memberikan sumbangsih dan berkara di tengah warga dengan beragam karier dan aktivitas. Ada banyak program ungggulan yang dipunyai oleh pesantren ini.

Misalkan program kenaikan kapabilitas santri yang diutamakan untuk santri tingkat akhir dengan lakukan Amaliyat al-Tadris atau praktik mengajarkan, Fath al-Kutub atau pengkajian kitab-kitab classic, dan penulisan kreasi Ilmiah sebagai usaha kenaikan keilmuan dan ketrampilan menulis.

5. Pesantren Al Andalus Islamic International Boarding School Bogor

Pesantren Al Andalus Islamic International Boarding School Bogor berlokasi di Sukadamai Bogor, terdapat 2  jenjang pendidikan SMPIT untuk putra dan putri, dan SMAIT untuk putra dan putri. Berbasiskan tradisionil dan kekinian, beberapa pelajar kelak akan mendapat 2 ijazah, yakni ijazah negara dan ijazah pesantren.


Jika lulusan SMP dan tertarik untuk masuk  pesantren ini, maka santri diharuskan untuk ikuti I'dad Lughawiy. Program I'dad Lughawiy adalalah program Bahasa Arab, Alquran dan pengenalan beberapa dasar agama intens sepanjang satu tahun sebagai persyaratan untuk meneruskan pengajaran ke SMAIT Al-Andalus. Perkecualian diberikan jika santri merupakan lulusan SMPIT Al-Andalus.

Bukan itu saja, pesantren  modern ini mempunyai bermacam extra kurikuler yang dapat dituruti oleh tiap pelajar sesuai ketertarikan dan talentanya. Misalkan wushu, panahan, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, multimedia, publisistik, futsal, basket, tata boga dan tata baju.


6. Pondok Pesantren Fitrah Islamic World Academy Bogor

Pesantren Fitrah Islamic World Academy Bogor Pesantren di Bogor berlokasi di Jl H Miing, Kecamatan Ciseeng, Bogor, pesantren ini dianggap sebagai pesantren sunnah. Sama sesuai namanya, pesantren ini sediakan pengajaran internasional Islam lewat pembimbingan watak Islam berdasar Alquran dan Sunnah Nabi Muhammad.

 


 
Salah satu keunikan pesantren ini, pemberian perhatian yang cukup banyak untuk teknologi. Memakai dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pesantren ini bukan hanya mengaplikasikan pengajaran keagamaannya, tetapi juga sediakan pengajaran umum juga.

Lewat kurikulum global Islam yang ekstensif, imbang dan beri kesegaran, pesantren ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan aqidah pelajar berdasar pengetahuan Islam yang kompak dan shahih, ketrampilan kepimpinan dan kewiraswastaan dan sikap yang Islami.


7. Pondok Pesantren Al Basyir Boarding School Bogor

Pesantren yang berada di Jl. Kapten Dasuki Bakri, Kecamatan Cibungbulang, Bogor merupakan salah satu pondok pesantren ini pesantren favorite di Bogor.  Ponpes ini Al Basyir Boarding School Bogor adalah pesantren yang meniru peningkatan pengajaran Islam sama seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW yang tidak memendang di antara ras, suku, kelompok dan yang lain.

Pesantren ini memprioritaskan empat dasar yaitu amanah, sidiqh, fathonah, tabligh.  Kurikulum yang dipunyai oleh pesantren ini dilaksanakan secara terintegrasi, lengkap dan berkaitan di tingkat SD, SMP dan SMA.

Ada juga peningkatan lima pilar pengajaran di sini, yakni niat beribadah saat belajar, mengucapkan syukur pada sesuatu yang sudah diraih, keseriusan di dalam meraih prestasi yang semakin tinggi, jadikan manfaat dalam tiap perolehan, dan pengenalan kebesaran Allah dalam tiap proses pendidikan.


8. Pesantren Modern Sahid Bogor

Pesantren ini adalah ponpes bertingkat Internasional, dimulai dari tingkatan TK sampai perguruan tinggi. Berada di Padepokan Sahid Rekreasi Gunung Menyun Pemijahan Bogor, pesantren ini mempunyai beberapa unit pengajaran berasrama seperti MTS, MA dan SMK Jasa Boga.

Pesantren ini disokong dengan fasilitas prasarana yang komplet, tenaga pengajar yang professional, dan mekanisme management yang kekinian. Mekanisme pengajaran di sini memadukan tiga pusat pengajaran yakni keluarga, sekolah, dan lingkungan.


9. Pesantren Alkahfi Islamic Boarding School Bogor

Pesantren Terintegrasi Al Kahfi yang berlokasi  di Jl. Dusun Srogol, Cigombong, Bogor,merupakan bagian dari  Yayasan Perdesaan Nusantara. Sekarang ini pesantren ini sudah mempunyai beberapa jenjang pendidikan,  seperti TK, SMPIT, SMAIT, Madrasah Aliyah, Tahfidzul Quran, dan STTQ dan program pengasuhan santri.


Pesantren ini sudah menghasilkan banyak alumni berprestasi, baik dalam negeri dan luar negeri. Pondok pesantren dikelola degan baik, hal ini terlihat dari sarana pengajaran yang lengkap  atau kualitas SDM pengajar yang juga baik.

Semoga orang tua bisa mendapat sedikit bayangan, kira kira jenis pendidikan yang bagaimana ingin diberikan kepada anak.