4 Cara Mengetahui Pemilik Kendaraan dari Plat Nomor yang Dipakai

#Tags

 Semakin berkembangnya perkembangan teknologi, pastinya semua keperluan manusia jadi bertambah ringan. Perkembangan teknologi terutama bidang teknik informatika ini lantas tidak sekedar difungsikan buat aktivitas perkantoran atau rumah tangga. Suatu hal yang bersangkutan dengan hukum dan ketentuan jalan raya pun sudah mengadopsi teknologi.

Umpamanya dalam unit Kepolisan Republik Indonesia (Polri). Sejumlah mekanisme kerja dilingkungan kepolisian ini lantas sudah menggunakan kecanggihan IT. Umpamanya buat pembayaran pajak kendaraan motor yang saat ini bisa dilaksanakan lewat cara online. Terhitung juga mengerti pemilik kendaraan dari pelat nomor mobil yang difungsikan bisa juga dicari memakai kehebatan technologi info.

Menariknya, supaya tahu siapakah pemilik kendaraan menurut pelat nomor yang melekat di kendaraan itu tidak sekedar dapat dilaksanakan oleh kepolisian, saja. Akan tetapi Anda selaku warga umum lantas bisa memeriksanya.

Berikut 4 cara memeriksa pemilik dari kendaraan berdasarkan pelat nomor hasil rangkungan halamanbogor.com dari pelbagai sumber.

1. Aplikasi HP
Saat ini Polri di Indonesia telah mempunyai sejumlah program mobile yang bisa Anda ambil ke smart phone berbasiskan  Android atau Iphone. Program ini memeriksa siapa nama pemilik kendaraan itu cukup hanya masukkan code pelat nomor kendaraannya.

Tekniknya Anda tinggal install program itu ke ponsel anda, lalu jalankan program itu. Sesudah program terbuka, yang sebaiknya Anda kerjakan cuman masukkan data pelat nomor kendaraan selengkapnya, umpamanya B 1234 ZXY. Kedepannya bakal tertampil data brand, type, warna, tahun pembikinan, masa berfungsi pajak kendaraan, sampai nama pemiliknya.


Supaya lebih terarah, sekarang kepolisan pun meningkatkan program mobile buat pengecek pemilik kendaran menurut pelat nomor kendaraan yang terdiri atas masing-masing lokasi di Indonesia.

Berikut daftar program mobile yang bisa Anda ambil buat memeriksa pelat nomor kendaraan menurut tempatnya:

Wilayah                                             Nama Aplikasi
Aceh                                     PELUIT DITLANTAS POLDA ACEH
Jakarta                                 Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
Jawa Barat                            SAMBARA
Jawa Tengah                         SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
Jawa Timur                             E-SMART SAMSAT JATIM
Kalimantan Tengah             RC POLDA KALIMANTAN TENGAH
Kalimantan Utara                 eSAMSAT Kalimantan Utara
Lampung                             Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
NTB                                 SAMSAT DELIVERY
Pontianak                         Samsat Pontianak
Riau                                     ESamsat KEPRI
Sulawesi Selatan                    e-Dempo Samsat Online Sumsel
Sulawesi Utara                         Info Pajak Kendaraan Sulut
Yogyakarta                         PAJAK KENDARAAN JOGJAKARTA

Jadi buat warga kota Bogor, dan kabupaten Bogor yang ingin memeriksa pelat nomor kendaraan, bisa install aplikasi yang disediakan untuk Provinsi Jawa Barat, yaitu  SAMBARA

Plat Nomor
Aplikasi SAMBARA



2. Melalui Website Samsat



 

Selain menggunakan aplikasi mobile, cara mengetahui pemilik kendaraan dari plat nomor yang terpasang juga bisa melalui website resmi Samsat masing-masing daerah di Indonesia. Anda dapat menggunakan komputer atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet. Kemudian buka browser / peramban seperti chrome, Microsoft Edge, Opera, atau Firefox, lalu masukkan alamat-alamat beberapa Samsat di wilayah Indonesia berikut ini.

Cara inputnya tetap sama, yaitu setelah laman web terbuka maka masukkan kode plat nomor kendaraan yang ingin Anda ketahui informasinya. Nantinya akan tertampil informasi mengenai merk kendaraan, tipenya, warna, tahun pembuatan, hingga nama pemiliknya.

Berikut alamat website Samsat beberapa wilayah di Indonesia:

Wilayah                     Alamat Web
Aceh                     http://esamsat.acehprov.go.id/
Banten                  http://ditlantas.banten.polri.go.id/e-samsat-nasional/
Jawa Barat           https://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/
Jawa Tengah        http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Jawa Timur         https://esamsat.jatimprov.go.id/
Yogyakarta         http://infonjkbdiy.com/


3. Mengirim SMS ke Kepolisian

Trik yang lain buat mengerti siapakah pemilik kendaraan menurut pelat nomor yang dipasang di kendaraan itu yaitu dengan mengirimi SMS pada pihak kepolisian. Langkah barusan tak memerlukan sambungan internet dan cost yang di tanggung cuman ongkos SMS reguler yang diimplikasikan oleh masing-masing operator selular yang ada.

BACA JUGA :

Arti Kode Huruf Belakang Pada Plat Nomor / Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Khusus



Anda tinggal mengirimi SMS dengan pola seperti berikut:

KETIK : METRO Nopol

Kirim Ke : 1717

Contoh: METRO B3619TRI



KETIK : poldajbr Nopol

Kirim Ke : 3977

Contoh: poldajbr D8899SH



KETIK : JATENG Nopol

Kirim Ke : 9600

Contoh: JATENG H7689DD



KETIK : JATIM Nopol

Kirim Ke : 7070

Contoh : JATIM L2434MO

BACA JUGA :

Plat Nomor Kendaraan F Bukan Hanya di Bogor Saja



4. Datang ke Kantor Samsat

Namun saat melakukan kunjungan ke Samsat terdekat guna mengetahui siapa pemilik kendaraan tersbeut ada beberapa dokumen yang wajib Anda bawa. Diantaranya KTP asli dan fotocopy, STNK asli dan fotocopy, dan BPKB asli kendaraan yang akan dicek tersebut. Selain itu akan ada biaya yang dibebankan untuk pengecekan kendaraan ini. Besarannya tergantung dari masaing-masing wilayah Samsat.

Saran kami, sebaiknya lakukan pengecekan kendaraan ke Samsat terdekat, hanya ketika Anda sudah ingin benar-benar membeli mobil bekas dan memastikan keabsahan dokumen-dokumen dari kendaraan tersebut sebelum melakukan transaksi jual beli.