PENGERTIAN LAPTOP DAN NOTEBOOK: Pengertian, Perbedaan, dan Sejarah

#Tags

Pengertian Laptop

Laptop merupakan suatu perangkat gadget pengganti PC desktop. Laptop merupakan komputer jinjing yang dapat dibawa kemana saja. Ukurannya yang kecil, membuatnya lebih efisien untuk dibawa kemana saja. Dalam hal kinerja, laptop memiliki kinerja yang sama baiknya dengan PC  desktop. Kelebihannya ialah laptop memiliki tempat untuk memutar CD atau DVD, compatible dangan berbagai hardware. Kekurangan dari laptop ialah beratnya yang berkisar antara 3-4kg, dan daya tahan baterainya yang mudah habis. Harga dari laptop relative sedikit lebih mahal daripada PC desktop.




Sementara istilah laptop berasal dari kata lap yang artinya pangkuan, dan top artinya atas. Jadi, secara sederhana pengertian laptop adalah komputer kecil yang bisa digunakan diatas pangkuan.

Bentuk laptop kecil, ringan, flexible dan dapat dibawa kemana-mana. Ia terdiri dari beberapa komponen yang mencakup casing, perangkat input output (keyboard, monitor, touchpad dll), motherboard, baterai dan juga perangkat lunak berupa sistem operasi dan aplikasi-aplikasi.

Berbeda dengan komputer dekstop, laptop dilengkapi baterai yang memungkinkan ia tetap beroperasi meskipun tidak terhubung langsung ke sumber listrik.


Di Indonesia sendiri, terdapat beragam merk laptop yang beredar, mulai dari Asus, apple, acer, lenovo, hp, dell yang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.


Butuh laptop murah ?
 

Pengertian Notebook

Notebook dapat diartikan sebagai buku catatan, yang berarti perangkat tersebut sangat mudah untuk digunakan sebagaimana Anda menulis sebuah buku catatan. Dalam hal ukuran, Notebook memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan laptop.

Karena ukurannya yang lebih kecil itulah notebook lebih nyaman dan mudah untuk dibawa menjadi keunggulan notebook. Notebook memiliki kelebihan lainnya, yaitu daya tahan baterainya yang lebih awet dan ringan. Kekurangan dari notebook ialah terletak pada keterbatasan fitur yang dapat disematkan di dalamnya. Selain itu, notebook tidak memiliki tempat untuk memutar CD atau DVD sehingga harus perlu perangkat tambahan yang disebut DVD  eksternal.


Perbedaan Laptop dan Notebook

  1. Laptop biasanya lebih besar dan lebih berat dibandingkan notebook.
  2. Laptop bisa menggunakan chipset grafis ternama seperti nvidia GeForce atau ATI Radeon, untuk kualitas grafis yang lebih bagus untuk kenikmatan memutar film dan main game.
  3. Umumnya laptop ada yang dipasang pemutar CD/DVD, namun makin ke sini ada pilihan tanpa CD/DVD driver.
  4. Laptop Menggunakan speaker dengan standar kualitas yang lebih baik.
  5. Tuts keyboard yang lebih besar untuk menjamin kenyaman dalam bekerja.
  6. Layar laptop biasanya lebih besar, sekitar 14” – 17” untuk memanjakan mata dibandingkan layar notebook 12" - 14"
  7. Laptop masih mungkin untuk di-upgrade spesifikasi standarnya.
  8. Laptop sanggup digunakan untuk tugas lebih berat, misal edit foto, edit video, dan multi tugas. Sementara notebook tidak bisa diisi dengan aplikasi yang lebih berat.



Sejarah Laptop


Ide pembuatan komputer portable ini sebenarnya sudah digagas pada tahun 1970-an. Gagasan tersebut pertama kali dicetuskan oleh Alan Kay. Beliau adalah seorang ilmuwan komputer dari Amerika dan lahir pada 17 Mei 1940. Alan Kay sudah mengagas komputer portable ini sebelum orang lain membayangkannya. Dan ide dari Alan ini disambut oleh Adam Osborne. Beliau adalah publisher software dan bekerja di sebuah penerbitan buku di Amerika, lahir paa 6 Maret 1939 di Bangkok dan meninggal pada 18 Maret 2003 di Kodaikanal, India.

Proyek komputer portable pertama ini diberi nama "Osborne 1". Dirilis pada bulan April 1981 oleh Osborne Computer Corporation. Memiliki berat 23,5 pon atau sekitar 10,7 kg dan berharga $1795 atau sekitar 16 jutaan rupiah. Alat ini mungkin terlihat aneh ya, berukuran super besar dan dilengkapi layar monitor 5 in. Menggunakan sambungan listrik dengan baterai cadangan dan 2 floppy drive ukuran 5 ¼ in, modem port, dan keyboard.

Sementara itu, perangkat pertama yang dipasarkan dengan nama “laptop" adalah Gavilans yang dibuat pada tahun 1983. Perangkat ini mempunyai berat hingga 4 kg dan menggunakan baterai Nickel Cadmium yang mampu bertahan hingga sembilan jam.

Medio 1980-an juga dimanfaatkan oleh Compaq yang turut terjun dalam dunia persaingan dan perkembangan laptop. Mereka berhasil merilis Compaq SLT 286 yang beresolusi VGA dan memiliki processor 28. Selain itu, perangkat ini juga memiliki 1,44 Floppy Disk.

Tahun 1990 menjadi tahun yang luar biasa. Perkembangan besar-besaran terjadi di dunia laptop. Ini ditandai oleh munculnya Minisport oleh Znith data System. Perangkat ini memiliki 640 kb RAM, 1.44 inch floppy disk, dan juga 20 mb Hard Drive.

Setelah itu, muncul Macintosh Portable yang membawa inovasi besar pada dunia laptop. Meski memiliki bobot yang berat, yaitu sekitar 8 kg, perangkat ini telah memiliki layar 9.8 inci dengan resolusi 640×400 pixel. Macintosh juga sudah dilengkapi trackball yang cukup inovatif.

Pada tahun 1996, muncul sebuah produk bernama Toughbooks. Perangkat ini dirilis oleh Panasonic dan memili desain yang mirip dengan laptop pada masa kini. Toughbooks diklaim dapat bertahan walau jatuh dari ketinggian 70 cm.

Kemudian penemuan itu terus dikembangkan hingga sekarang dan mungkin saat ini Anda sedang menggunakannya.

Sejarah notebook
Pada tahun 1991 mulai dipasarkan seri Notebook Apple Computer,Apple Power Books, dan ini merupakan standard notebook defacto yang berlaku hingga saat ini.


Cara Membeli / Memilih  Laptop

Adapun, ketika kita ingin membeli laptop kita harus memperhatikan spesifikasi yang dimiliki laptop. Spesifikasi tersebut biasanya berupa;

  1. Processor (intel, amd dll)
  2. Ukuran layar (10,11,12,13,14,15 dll)
  3. Sistem Operasi (Windows 7, 10 premium, enterprise dll)
  4. Kapasitas RAM
  5. Hard Drive / hard disk
  6. Optical Drive
  7. Konektivitas dan Fitur-Fitur Pendukung. (webcam, wifi, bluetooth dll).