Menyusuri Jalan Bina Marga - Kota Bogor

#Tags

Letaknya bersisian dengan jalan tol pertama di Indonesia, Jagorawi. Bahkan bisa dikata hampir berhimpitan. Oleh karena itu jalan ini sering dipergunakan oleh pengendara yang keluar dari pintu tol Jagorawi di Baranangsiang untuk menghindari kemacetan di pusat kota. Panjangnya kurang lebih 1 kilometer saja dan terletak hampir tepat di depan Terminal Bis Baranangsiang.

Terdapat sebuah taman kecil di sudutnya bernama TAMAN JAGORAWI dengan patung rusa totol di jalan ini. Seperti yang disebutkan panjang jalan relatif pendek, tetapi  memiliki beberapa hal yang mungkin menarik orang untuk datang. Jika Anda sudah menebak, jalan Bina marga, maka Anda benar (sangat mengherankan kalau salah, karena sudah ada di judul artikel).


Jalan Bina Marga Bogor merupakan  nama sebuah jalan yang terletak di wilayah Timur Kota Bogor, menawarkan banyak tempat yang bisa dikunjungi sekali lewat. Sambil berjalan, menikmati 2-3 tempat kuliner, melihat-lihat atau barangkali tertarik membeli tanaman hias atau ikan hias yang dijajakan, singgah membeli oleh-oleh dan kerajinan tangan, bisa dilakukan.

Anda bisa menghabiskan waktu sehari barangkali menyusuri jalan ini seperti serial dokumenter Korea Selatan, A Walk Around the Neighborhood.

Kuliner alias Makan-makan

Paling tidak ada beberapa tempat kuliner . Selain itu terdapat sebuah lokasi dimana terdapat sebuah Pujasera yang dipenuhi berbagai penjual makanan. Yang jelas pilihan, banyak. Mulai dari restoran modern yang sajikan menu tradisional hingga restoran khas Asia. Beberapa kami tuliskan di bawah ini. 


1. Kluwih

>

Sumber : IG @kluwih_sundaauthentic

>
Kalau ingin makan nasi liwet komplet dengan beragam pilihan sambal, Kluwih jadi tempat yang tepat untuk disambangi. Selain punya beragam pilihan sajian khas Sunda enak, tempatnya juga amat nyaman. Desain interiornya mengusung tema modern minimalis dengan paduan warna cokelat kayu dan tiang-tiang hitam. Kalau ke sini jangan lupa cicip sambal ceurik yang pedas menggigit.

Kluwih
Jl. Binamarga I No. 12, Bogor Timur
Telp: 0815 19133912/0251 7545323

Jam Operasional:⁣⁣⁣
Senin - Jumat : 11.00 - 21.00⁣⁣⁣
Sabtu - Minggu : 10.00 - 21.00⁣


2. Adamar Asian Bistro

>

Sumber : IG @adamarasianbistro


Adamar Asian Bistro hadirkan pengalaman santap sajian khas Asia dengan interior yang mewah elegan. Pilihan makanannya cukup beragam. Mulai dari Vietnam Pho, Tom Yum, Sup Iga Bakar, XO Chicken Rice Bowl hingga Nasi Campur hingga aneka beefsteak dan salad.

Adamar Asian Bistro
Jl. Bina Marga I No. 8
Bogor Timur, Bogor
Telp: 0812 89898933/0251 8576699

Jam Operasional:⁣⁣⁣  10.30 - 21.00⁣⁣⁣ WIB

CATATAN : DI SINI ADA MAKANAN NON-HALAL

 

 

 

3. Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut

 

>


 


Kalau suka bebek dan ayam goreng wajib mampir ke restoran ini. Kelezatan daging bebek dan ayam goreng milik restoran ini sudah dikenal banyak orang. Itu berkat daging ayam dan bebeknya dimasak dengan metode tradisional.

Menu yang bisa dicoba adalah ayam yang digoreng tanpa minyak goreng dalam wajan tanah khusus. Ayam gorengnya bisa dipadu dengan sambal ijo hingga sambal merah.

Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut
Jalan Binamarga 1 No. 17
Bogor Timur
Telp: (0251) 8325467

Jam Operasional:⁣⁣⁣  08.00 - 21.00⁣⁣⁣ WIB


4. Asinan Ny Yenni


 

Asinan Ny Yenni merupakan salah satu legenda kuliner di wilayah ini. Menyediakan asinan buah dan sayuran. Tersedia makanan ala Cina klasik, dipadu dengan suasana restoran yg terbuka.

Alamat:
Jl. Raya Bina Marga No.1, RT.04/RW.11, Baranangsiang,
Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16143
+6287888887575
Jam Operasional :
Buka Jam 08.00 WIB s/d Jam 20.00 WIB (kecuali senin tutup jam 3 Sore)



Tanaman Hias


 
Kurang lebih 150 meter dari ujungnya, pedagang tanaman hias memanfaatkan sisi jalan sebagai lapaknya berjualan. Berbagai jenis tanaman hias yang cocok untuk di pot atau taman bisa ditemukan disini. Keberadaan mereka sangat membantu memperindah pemandangan jalan Bina Marga.


Ikan Hias


 

Di sebuah  lokasi kecil  di jalan Bina marga, ada lokasi yang akan membuat penggemar ikan hias air tawar antusias, yaitu Depo Pemasaran Ikan Hias. Paling tidak terdapat 10-15 toko penjual ikan hias dan perlengkapannya berada disini.

Pusat Kerajinan Bogor

 

 
Berdampingan dengan pusat jajan terdapat sebuah bangunan yang merupakan pusat kerajinan dan oleh-oleh Bogor. Di sini dijual berbagai macam produk hasil karya para pengrajin di kota hujan.


Hotel / Penginapan

Anda sudah lelah bejalan, dan tak ingin berjalan lebih jauh, tenang saja. Ada hotel untuk menginap di jalan Bina Marga.


1. RedDoorz Hotel


 

 
Hotel ini menawarkan berbagai layanan dan fasilitas yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada para tamu. WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, layanan kamar, area merokok ada dalam daftar hal-hal yang para tamu dapat nikmati. Kamar dirancang untuk memberikan tingkat kenyamanan optimal dengan dekorasi dan fasilitas yang nyaman seperti televisi layar datar, akses internet WiFi (gratis), kamar bebas asap rokok, AC, meja tulis. Hotel ini menawarkan berbagai pilihan rekreasi.


Alamat: 

Jl. Bina Marga II No.10 Baranangsiang, Bogor Timur, Bogor

2. Rizen Padjadjaran Hotel 


 

Hotel ini menawarkan berbagai layanan dan fasilitas yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada para tamu. WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, layanan kamar, area merokok ada dalam daftar hal-hal yang para tamu dapat nikmati. Kamar dirancang untuk memberikan tingkat kenyamanan optimal dengan dekorasi dan fasilitas yang nyaman seperti televisi layar datar, akses internet WiFi (gratis), kamar bebas asap rokok, AC, meja tulis. Hotel ini menawarkan berbagai pilihan rekreasi. 

Alamat:
Jl. Binamarga II, RT.04/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16143
Telepon: (0251) 8351776