JENIS-JENIS RICE COOKER DAN 10 CONTOH RICE COOKER DAN HARGA RICE COOKER

#Tags

Sebagain besar warga negar Indonesia memilih nasi sebagai sumber makanan pokok. Selain mudah dimasak, mudah didapat, dan juga mengeyangkan.

Dengan tuntutan aktivitas saat ini, menanak nasi tidak bisa lagi mengikuti cara dulu. Saat ini dibutuhkan rice cooker sebagai peralatan yang wajib dimiliki untuk menanak nasi tanpa repot. 

 Oh ya, jika Anda membutuhkan peralatan yang bisa juga  digunakan memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya. bisa menggunakan peralatan mirip rice cooker, yaitu magic com. Meski sama-sama bisa digunakan untuk memasak nasi, perbedaan magic com dn rice cooker ada pada fitur magic com yang lebih banyak daripada rice cooker.


Tips/ Cara Memilih Rice Cooker

Selain jenis beras, peralatan Rice cooker menentukan enak atau tidaknya nasi yang kita makan. Dengan memperhatikan poin-poin yang ada di bawah ini, pilihlah rice cooker yang bisa memasak nasi putih dengan lebih enak.

  Pada dasarnya, rice cooker terbagi menjadi empat tipe, yaitu tipe pemanas induksi, Pemanas Induksi Bertekanan, gas, dan tipe microcomputer. Setiap tipe menawarkan kualitas nasi dan harga yang berbeda tergantung metode pemanasannya, berikut ulasannya.

1. Rice Cooker Tipe Pemanas Induksi (IH)


 

Tipe Pemanas Induksi biasa juga disebut Tipe IH (Induction Heating). Teknologi IH mampu memanaskan bagian dalam panci secara keseluruhan sehingga nasi bisa matang dengan sempurna. Tingkat panasnya yang tidak terlalu tinggi membuat nasi akan matang dengan tekstur yang sedikit pera, tetapi tetap terasa pulen. jadi kalau membuat hidangan yang membutuhkan nasi bertekstur agak keras seperti nasi goreng, curry, semur, dan rendang, rice cooker  IH ini sangat direkomendasikan.

Kelebihan lainnya, mudah dibersihkan dan lebih murah.


2. Rice Cooker emanas Induksi Bertekanan / Pressure IH 


 

Rice cooker jenis Pressure IH merupakan pengembangan lebih lanjut dari teknologi IH dengan menambahkan fitur pressure atau tekanan.

Tingkat panasnya yang tinggi mampu mencapai hingga ke dalam nasi sehingga rasa lezat dan manis dari nasi bisa lebih keluar. Pada inner lid di tipe pressure IH terdapat pressure ball yang berfungsi mempersingkat waktu penanakan nasi.


3. Rice cooker Gas


 

Rice cooker dengan tipe gas berbeda dengan 2 metode sebelumnya. Rice cooker ini membutuhkan kompor gas untuk memanaskan. Rasa nasinya mirip seperti ketika Anda memasak nasi secara tradisional menggunakan tungku.

Tekstur nasi yang dihasilkan oleh rice cooker tipe gas lebih lengket dengan rasa manis dan lezat yang optimal. Kelebihan ini tidak dimiliki oleh tipe lainnya. Tidak heran banyak orang yang memilih tipe gas sebagai senjata menanak nasi! Perawatannya pun tidak merepotkan dan mudah dibersihkan. Anda bisa menggunakan LPG maupun city gas untuk bisa memasak dengan tipe ini.


4. Rice cooker Microcomputer

 


 

Rice cooker Microcomputer merupakan alat penanak nasi yang banyak dijual karena berharga lebih murah. Banyak dipakai oleh kalangan yang ngekos atau tinggal sendiri.

Rice cooker tipe microcomputer biasanya dijual dengan harga yang terjangkau. Tipe ini sangat populer di kalangan orang yang tinggal sendiri dan yang tidak ingin mengeluarkan budget besar untuk sebuah rice cooker.

Panas yang dihasilkan hanya dari bawah, terkadang kematangan nasi menjadi tidak merata. Di samping itu, tipe ini juga memiliki kelemahan pada bagian panci yang tipis. Supaya awet, pilihlah produk dengan panci yang cukup tebal.

Selain itu kekurangannya lainnya, nasi akan mudah mengeras ketika dipanaskan terus menerus selama 3 jam dengan tipe ini. Warna nasi pun akan berubah menguning dan menjadi kering setelah 8 jam.


2. Rice cooker berdasarkan material / bahan panci

Bahan yang kerap digunakan pada rice cooker adalah baja, tembaga, dan keramik. Simak penjelasannya di bawah ini.


1. Panci rice cooker bahan baja
Bahan baja yang menjaga panas untuk menikmati kelezatan dan nutrisi pada nasi
Bahan baja yang mudah menghantar panas sangat cocok untuk rice cooker dengan tingkat panas tinggi seperti tipe pressure IH. Selain waktu masak yang lebih singkat, bahan ini juga bisa menjaga kelezatan dan nutrisi pada nasi.

Panci berbahan baja rata-rata memiliki bobot yang berat. Jika Anda ragu dengan perawatannya, sebaiknya Anda langsung ke toko untuk mencoba mengangkatnya. Produk yang susah dicuci karena terlalu berat pasti akan merepotkan Anda.

2. Panci rice cooker bahan tembaga
Bahan tembaga memiliki konduktivitas termal atau penghantar panas yang tinggi sehingga dapat mentransfer panas lebih cepat daripada bahan baja. Berkatnya, nasi lezat dan manis dengan kematangan yang merata pun dapat Anda nikmati,

br />

3. Rice cooker dengan Panci Keramik


Jika Anda kerap menggunakan fitur penghangat pada rice cooker, panci berbahan keramik sangat pas digunakan. Bahan keramik dapat menyimpan panas dengan baik sehingga suhu tidak akan mudah turun setelah dipanaskan.

Tagihan listrik pun jadi lebih hemat! Meski membutuhkan waktu lebih lama untuk menjadi panas, panas yang disimpan oleh bahan ini lebih merata ke seluruh nasi. Jadi, tekstur serta rasa manis dari nasi juga dapat dirasakan secara optimal.

Namun, panci dengan bahan keramik cenderung membuat nasi mudah berkerak. Selain itu, Anda juga perlu lebih berhati-hati ketika mencucinya karena sifatnya yang cenderung mudah pecah dibandingkan bahan lain.

Panci dari bahan keramik yang berharga murah sekalipun mampu menjaga kandungan sari pati pada beras agar tidak menghilang. Sebagian besar rice cooker dengan panci bahan keramik biasanya menawarkan harga yang terjangkau.


3. Berdasarkan konsumsi nasi

Sebelum membeli, tentukan kapasitas rice cooker sesuai kebutuhan Anda.Jika bingung berapa banyak yang harus dimasak, berikut sedikit panduannya :

1. Untuk Anda yang tinggal sendiri, pilih produk yang berkapasitas 3 cup beras (0,5 liter). 

 2.  Jika 1 keluarga beranggotakan 3 orang atau lebih, gunakan rice cooker dengan kapasitas minimal 5 cup (1 liter). 

3. Sedangkan, jika Anda memiliki anggota keluarga lebih dari 5 orang, pilihlah produk dengan kapasitas 8,5 cup (1,8 liter).

Tips lainnya,  hindari menanak nasi dengan kapasitas maksimal. Sebagai contoh, masaklah 0,5-2 cup pada rice cooker berkapasitas 0,5 liter, 1-4,5 cup untuk kapasitas 1 liter, dan 2-8 cup untuk kapasitas 1,8 liter. Beras yang diisi terlalu sedikit bisa membuat nasi akan mudah gosong. Sebaliknya, nasi juga tidak bisa matang secara merata jika dimasukkan terlalu banyak pada rice cooker.

Menentukan kapasitas rice cooker tidak hanya berdasarkan jumlah anggota keluarga, tetapi juga kuantitas konsumsi nasi sehari-hari. Ada baiknya Anda membeli rice cooker yang kapasitasnya satu tingkat lebih besar dari yang dianjurkan.

Misalnya, belilah rice cooker berkapasitas 1 liter meski Anda hanya hidup berdua dengan pasangan. Rice cooker ukuran 0,5 liter memang cukup untuk sekali makan, tetapi Anda perlu memasak dua kali untuk makan sehari.



4. Cek Fitur Tambahan

- Ventilasi uap air
Pada umumnya, kotoran pada nasi akan keluar bersamaan dengan uap air. Kotoran dan uap air yang tertahan akan berpengaruh pada kelezatan nasi. Maka dari itu, jika Anda ingin nasi yang benar-benar enak, pilihlah rice cooker yang memiliki ventilasi uap air.
-  Pilih yang mudah dibersihkan
Sebaiknya Anda memilih produk yang mudah dibersihkan karena rice cooker adalah produk yang digunakan setiap hari. Pertama, pilihlah produk dengan inner lid yang bisa dilepas supaya Anda bisa mencucinya dengan air. Kemudian, pilihlah yang bentuknya tidak terlalu rumit sehingga Anda dapat dengan mudah membersihkannya hingga ke sela-sela.


10 CONTOH RICE COOKER DAN HARGA RICE COOKER DI PASARAN

 1. Magic com Yongma SMC7047 Kapasitas 2 Liter

Harga rice cooker/ magic com Yongma SMC7047 : mulai dari Rp. 620.000,-


Rice cooker dari YONG MA ini merupakan salah satu penanak nasi dengan pemanasan microcomputer yang sering ditemukan di berbagai rumah tangga. Keunggulan dari produk ini adalah memiliki 3-way heating system, yang dapat membuat panas menyebar dengan lebih merata ke seluruh bagian panci.

Menggunakan bahan panci keramik, sehingga nasi tidka lengket. Selain menanak nasi, rice cooker atau magic com ini bisa digunakan untuk memasak sup, bubur, kue, maupun makanan lainnya akan matang dengan sempurna. Ditambah lagi, produk ini juga memiliki automatic temperature controller yang memastikan nasi tidak sampai gosong. 

2.  Rice Cooker Sharp Mini KSP8MY Kapasitas 0,8 Liter 3 in 1

Harga Sharp Mini KSP8MY Kapasitas 0,8 : mulai dari Rp. 427.000,-

Jika tertarik dengan produk ini. Bisa pesan di LAZADA

 
 Rice cooker ini memiliki desain unik berbentuk seperti buah apel. Dengan desain yang stylish, interior rumah Anda akan semakin cantik dan elegan. Cocok untuk Anda yang ingin dapurnya terlihat bergaya. Anda bisa memilih antara tiga warna yang ditawarkan, yaitu putih, merah, dan hijau.

Rice cooker ini mempunyai kapasitas 0,8 liter sekali masak, cocok untuk yang tinggal di kost.
Selain itu, daya listriknya hanya 380 watt, sehingga hemat listrik.

3. Rice Cooker Cosmos CRJ-6601

Harga Rice Cooker Cosmos CRJ-6601 mulai dari Rp. 436.000,-

 

Link Pembelian di LAZADA

 

Rice Cooker merupakan magic com Cosmos dengan kapasitas hingga 0.8 liter dan mampu menghangatkan serta memasak makanan dengan lezat dan sempurna. Membuat selera makan Anda menjadi lebih berselera dan semangat yang terinsipirasi dari desain Magic Com Cosmos Angry Bird ini. Magic com Cosmos dengan 2 fungsi di dalamnya, Anda dapat memanaskan dan menghangatkan makanan dengan menggunakannya. Penanak nasi tersebut hadir dengan lapisan panci yang anti gores membuat panci ini anti lengket sehingga mudah untuk dibersihkan. Selain itu, penanak nasi tersebut mempunyai kelebihan yaitu terdapat harmond teknologi serta tonggolan magicap agar dapat menyimpan sendok nasi dengan sempurna.

Innerpot Terbuat dari Bahan Harmond
Dilengkapi Dengan Steam Hole
Panel Mudah dan Nyaman
Desain Lucu dan Menggemaskan

4. Rice Cooker Cosmos CRJ-3305

Harga Rice Cooker Cosmos CRJ-3305  mulai dari Rp. 229.000,-

Link Pembelian produk ini di LAZADA

 

Cosmos CRJ-3305 Rice Cooker merupkan salah satu peratan masak yang dapat membantu aktivitas dapur Anda. Magic Com atau dikenal juga dengan Rice Cooker ini hadir dengan rancangan bahan stainless steel yang anti karat. Selain memasak nasi, Rice Cooker Cosmos seri ini juga dapat difungsikan untuk mengukus dan menghangatkan berbagai makanan. Agar dapat menghangatkan makanan Rice Cooker ini hanya memerlukan daya sebesar 50 W, sedangkan untuk proses memasak cukup dengn energi 400 Watt.
• Kapasitas : 1.8 Liter
• Daya Listrik : 400 Watt
• Panci Anti Lengket
• Food Grade

5 Rice Cooker Magic Com Cosmos Model CRJ 3201D

Harga Rice Cooker Magic Com Cosmos Model CRJ 3201D mulai dari Rp. 525.000,-


 

Magic Com Cosmos CRJ 3201D memudahkan Anda memasak nasi dengan sempurna untuk keluarga Anda.

Spesifikasi Produk :
- Jenis Produk: Penanak Nasi
- Digital rice cooker
- Teknologi 3D heating
- Daya memasak: 400 W
- Daya menghangatkan: 45 W
- Warna: Pink
- Kapasitas: 1.8 Liter
- Serbaguna 3 in1 : Penanak nasi, penghangat, pengukus
- Inner pot anti lengketengan

Cosmos Digital Rice Cooker, selain nasi putih, Anda juga bisa memasak menu masakan lainnya dengan enam mode memasak yang tersedia. Hanya dengan menekan tombol one touch, Anda sudah bisa mengoperasikannya. Pancinya pun antilengket sehingga sisa kerak nasi tidak akan menempel.

Rice cooker ini cocok untuk Anda yang tinggal bersama keluarga. Anda hanya perlu memasak nasi di pagi hari untuk konsumsi harian karena produk ini bisa memasak hingga 1,8 liter beras sekali masak. Kendati kapasitasnya besar, nasi tetap akan matang dengan sempurna berkat teknologi Fuzzy Logic yang dimilikinya.

6. Rice Cooker Kapasitas Besar 9 Liter Rinnai Model RR-50 A 

Harga Rice Cooker Magic Com Cosmos Model CRJ 3201D mulai dari Rp. 2.954.000,-


 

Rice Cooker Kapasitas Besar 9 Liter Rinnai Model RR-50 A  merupakan alat memasak nasi dalam kapasitas besar. Memiliki kapasitas  4 sampai 9 Liter dan menggunakan bahan bakar berupa gas LPG Sehingga produk ini cocok untuk segala kebutuhan anda baik kebutuhan rumah tangga, pribadi maupun usaha. Burner besar akan padam secara otomatis jika proses memasak selesai tetap api penghangat akan menyala maksimum satu jam, untuk menjaga nasi tetap panas dan hangat.

Anda bisa memasak nasi sebanyak 8 kg sekaligus! Ditambah lagi, nasi akan matang hanya dalam waktu 25 menit! Anda tidak perlu pusing tagihan listrik akan melonjak karena produk ini digunakan dengan gas LPG.

Dengan kaca transparan pada penutup, Anda dapat melihat dan memeriksa kondisi nasi saat dimasak.


7. Digital Magic Com Rice Cooker Yong Ma YMC 111

Harga Digital Magic Com Rice Cooker Yong Ma YMC 111  dari Rp. 1.300.000,-

Digital Magic Com Rice Cooker Yong Ma YMC 111 dilengkapi dengan pengontrol suhu otomatis yang berfungsi untuk mengatur suhu di dalam rice cooker. Pengontrol tersebut dapat menjaga kualitas nasi tetap baik. Anda dapat mengatur memilih menu dan memeriksa keadaan makanan yang sedang dimasak.

Link pembelian di LAZADA



Sakelar pencegah panas berlebih merupakan kelebihan lain, yang fungsinya adalah melindungi rice cooker dari pemanasan yang tidak wajar. Apabila Anda sering memakai rice cooker selain untuk memasak nasi, pilihlah produk ini.


8. Rice Cooker Sharp Mini KSP8MY Kapasitas 0,8 Liter 3 in 1

Harga rice cooker/ magic com KSP: mulai dari Rp. 2.100.000,-

Link pembelian di Lazada

Yong Ma SMC-5049 Jumbo Magic Com merupakan magic com yang memiliki desain modern serta memiliki Auto temperature controller yang dapat menjaga nasi Anda tetap hangat sesuai dengan kondisi nasi yang berada didalam magic jar ini. Yong Ma SMC-5049 memiliki kapasitas 5.4 liter dan dilengkapi dengan non stick yang tebal menjadikan lapisan tidak mudah mengelupas.

Memiliki Auto temperature controller yang dapat menjaga nasi tetap hangat sesuai dengan kondisi nasi yang berada didalam magic jar.
Material : Stainless Steel, Gold Iron Technology inner pot
Kelengkapan : cup, 1 sendok nasi, 1 steamer basket
Tegangan 220 Volt / 50 Hz
Konsumsi Daya 1500 watt
Dimensi Produk 46 x 47 x 41 cm
Berat: 14.5kg



9.Rice Cooker Panasonic SR-HB184  

HargaRice Cooker SR-HB184  mulai 6,6 Juta

 

 

Panas merata dengan pemanasan induksi lima lapisan, sehingga rice cooker ini memiliki metode pemanasan IH.  Panas merata pada semua bagian sehingga proses memasak menjadi lebih cepat. Nasi yang dihasilkan matang merata dengan tekstur yang lembut.

Bahan panci terdiri dari tujuh lapis di mana lapisan terluarnya merupakan keramik intan. Panci menjadi tahan lama, kuat, antilengket, dan bisa mempertahankan panas dengan lebih baik. Rangkanya pun luas dan terbuat dari baja antikarat sehingga mudah dibersihkan dengan lap.



10. Rice Cooker Zojirushi NP-HRQ18 XT 1,8 Liter


 

Harga Rice Cooker Zojirushi NP-HRQ18 XT 1,8 Liter ;mulai 12,8 Juta

Zojirushi NP-HRQ18 XT 1,8 Liter merupakan rice cooker premium. Mampu menghasilkan empat tekstur nasi berbeda sesuai kebutuhan, yaitu harder, regular, normal, softer, dan brown. Kemampuan ini bisa didapatkan karena rice cooker ini menggunakan metode IH pressure.

Tekstur nasi akan menjadi pera dengan level harder. Level regular adalah level untuk menghasilkan nasi pulen yang standar. Ingin lebih lembut lagi? Gunakan level softer. Sedangkan level brown dipakai untuk memasak nasi merah. Jika Anda ingin mencoba berbagai tekstur nasi, rice cooker ini tentu bisa menjadi pilihan tepat.

Panci menggunakan material kombinas stainless steel, aluminium, dan platinum. Selain itu rice cooker ini juga mempunyai fiture tambahan yaitu: bisa memasak nasi itm, bubuur, mengukur, dan fitur Timer.