Jenis - Jenis Rest Area ( Tempat Istirahat dan Pelayanan) di Jalan Tol dan 5 Lokasi Rest di Jalan Tol Jagorawi

#Tags

 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau disebut rest area merupakan fasilitas yang akrab dijumpai ketika melintasi jalan tol. Area ini umum dimanfaatkan pengguna jalan tol untuk beristirahat.

Melansir laman Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, macam-macam tipe rest area tertuang dalam Peraturan Menteri PUPR No 10 Tahun 2018 Tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol. Rest area terbagi menjadi tiga tipe, yakni tipe A, B, dan C. Hal itu sesuai dengan spesifikasi fasilitas yang tersedia di dalamnya. 



Rest area tipe A memiliki area lebih luas dan memiliki fasilitas umum yang lengkap. Luasnya paling sedikit 6 hektar dengan lebar minimal 150 meter. Fasilitasnya meliputi ATM, Toilet, SPBU, klinik kesehatan, bengkel, minimarket, mushola, Kios, Tempat Parkir, ruang terbuka hijau hingga restoran.

Rest Area tipe B, tentunya memiliki area yang lebih kecil dibandingkan tipe A. Luasnya paling sedikit 3 hektar dengan lebar minimal 100 meter. Fasilitasnya seperti ATM center, toilet, warung atau kios, minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, dan tempat parkir.


Selanjutnya untuk rest area tipe C, fasilitasnya paling kecil antara dua tipe A dan B. Luasnya paling sedikit 2.500 meter persegi dan lebar paling sedikit 25 meter. Fasilitas yang tersedia meliputi toilet, warung atau kios, mushola, dan sarana tempat parkir yang bersifat sementara. Namun, terkadang fasilitas di rest area Tipe C hanya dioperasikan pada saat-saat tertentu seperti saat libur panjang, libur lebaran atau Natal, dan lain sebagainya. Adapun rest area tipe A dan tipe B dapat dilengkapi minimarket asalkan fasilitas yang lain sudah terpenuhi. Selain itu bisa dilengkapi fasilitas inap pada ruas tol antarkota. Jauh lebih penting, seluruh tipe rest area di jalan tol harus dilengkapi fasilitas yang ramah dan memudahkan penyandang disabilitas.

Nah, jalan tol Jagorawi Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) juga tersedia rest area atau tempa istirahat pelayanan. Rute tol ini termasuk rute yang sibuk karena menghubungkan Jakarta dengan salah satu kota satelitnya, Bogor. Di manakah lokasi rest area Tol Jagorawi berada? Berikut uraian lengkapnya.

Rest Area Jagorawi Arah Bogor/Ciawi

Total ada tiga buah rest area di tol Jagorawi jalur Bogor/Ciawi (arah selatan). Lokasi tepatnya bisa Anda simak dalam poin-poin di bawah ini.
 

1. Rest area Cibubur Square

Saat melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Bogor atau Ciawi melalui tol Jagorawi, rest area pertama yang tersedia adalah rest area Cibubur Square. Lokasi tepatnya berada di tol Jagorawi KM 10 A.

Rest area Cibubur Square merupakan TIP tipe A yang dilengkapi fasilitas SPBU. Selain itu, Anda juga bisa menemukan pusat perbelanjaan Cibubur Square di rest area ini. Fasilitas umum yang dapat Anda nikmati di antaranya ada minimarket, ATM Center, toilet, musala, restoran, area parkir, hingga pijat refleksi dan spa.
 

2. Rest area Sentul

Bergerak ke arah selatan, Anda akan menemukan rest area Jagorawi, lain yaitu rest area Sentul. Lokasinya berada di KM 35 A tol Jagorawi. Rest area satu ini punya keunggulan di bidang kuliner. Anda bisa menemukan aneka kuliner, mulai dari masakan nusantara hingga cepat saji. Ada juga kedai yang menyajikan snack tradisional seperti tahu gejrot dan es dawet ayu.

Selain kuliner, rest area Sentul juga telah dilengkapi berbagai fasilitas umum untuk para pengunjungnya, seperti area parkir, toilet, musala, dan juga minimarket yang menerima layanan top up kartu tol.
 

3. Rest area Ciawi

Rest area terakhir di tol Jagorawi arah Bogor/Ciawi adalah rest area Ciawi yang ada di KM 45 A. Tempat istirahat ini merupakan TIP tipe A yang dilengkapi dengan fasilitas SPBU. Di samping itu, Anda juga bisa menemukan fasilitas seperti area parkir luas, toilet, dan juga musala.

Selain fasilitas yang umum ditemukan di TIP, rest area Jagorawi satu ini juga dilengkapi dengan Pusat Informasi Pariwisata. Melalui fasilitas tersebut, Anda bisa mendapatkan informasi terkait objek wisata yang ada di Bogor dan sekitarnya.

Rest Area Jagorawi Arah Jakarta

Jika tol Jagorawi arah Bogor/Ciawi memiliki tiga buah fasilitas rest area, maka tol Jagorawi arah Jakarta memiliki dua buah rest area. Berikut detail lengkapnya
 

1. Rest area Bogor

Setelah melalui gerbang tol atau Simpang Susun Bogor, Anda bisa langsung menemukan rest area ini. Rest area Bogor berlokasi di tol Jagorawi KM 38 B. Bisa dibilang inilah rest area terlengkap di tol Jagorawi. Pasalnya, Anda bisa menemukan berbagai fasilitas penunjang di dalam kompleks rest area tersebut.

Fasilitas tersebut di antaranya adalah area parkir yang luas untuk mobil dan truk, minimarket, ATM Center, toilet, hingga masjid besar. Selain itu, rest area Bogor juga dilengkapi dengan tempat makan yang menawarkan beragam menu makanan dan minuman.

2. Rest area Gunung Putri

Mendekat ke Jakarta, Anda bisa menemukan rest area Jagorawi lain, yakni rest area Gunung Putri. Rest area satu ini tepatnya berada di KM 21 B tol Jagorawi. Fasilitas yang tersedia di rest area Gunung Putri pun terbilang lengkap. Anda bisa menemukan dua buah SPBU di TIP tersebut. Bukan hanya itu, rest area Gunung Putri juga telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti musala, food court, minimarket, dan juga toilet.

Saat lelah berkendara melalui tol Jagorawi, jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas rest area Jagorawi yang telah disebutkan di atas.