Melihat Keindahan Kupu-Kupu di Kabupaten Bogor (Taman Kupu-kupu Sinar Wangi Park Land)

#Tags

Ada banyak lokasi wisata di kabupaten Bogor, mulai dari dari wisata alam, wahana permainan hingga agrowisata. Salah satunya yang cukup unik adalah  Agrowisata Taman Kupu-kupu Sinar Wangi Park Land, tempat ini berada persis di kaki Gunung Salak atau tepatnya di Kampung Sinarwangi Desa Sukajaya Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. 




Di dalam lokasi  agrowisata yang berdiri sejak tahun 2015 ini terdapat tempat peternakan kupu-kupu, tempat aviari atau kandang kupu-kupu, galeri dan juga museum kupu-kupu. Pengunjung juga bisa melihat berbagai jenis ulat, kepompong hingga menyimak proses metamorfosis di tempat peternakan kupu-kupu.

Terdapat total 25 jenis kupu-kupu yang diternakan. Beberapa jenis yang paling cantik adalah jenis Graphium agamemnon, Troides helena, dan Delias hyparete.

Semua kupu-kupu yang telah berhasil bermetamorfosis, dilepaskan ke dalam aviari atau kandang kupu-kupu.



Aviari seluas 375m² ini memuat ratusan kupu-kupu dengan pesonanya masing-masing. Pengunjung bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu berterbangan bebas, berkembang biak dan menghisap nektar di tiap bunga yang ada di dalam aviari.

Saat musim kemarau tiba, kupu-kupu dalam aviari akan banyak yang berterbangan, lain halnya jika sedang musim hujan, kupu-kupu kerap menempel pada permukaan jaring aviari atau bernaung di antara dedaunan pohon.




Selain melihat pesona kupu-kupu di aviari, kita juga bisa melihat sekaligus mengenal lebih dekat dengan berbagai jenis kupu-kupu di museum.  Terdapat banyak sekali jenis kupu-kupu berbeda yang telah diawetkan. Ragam jenis kupu-kupu tersebut memamerkan sayap-sayap indah nan mempesona.

Dinding-dinding museum juga dihiasi oleh berbagai pajangan teori ilmiah dan fakta menarik seputar kupu-kupu yang bisa menambah wawasan.

Selain Museum Kupu-kupu, pengunjung bisa berselfie ria dengan latar belakang lukisan sayap kupu-kupu, dan untuk pengunjung yang membawa anak, ada pula fasilitas arena bermain untuk anak.