Cara Merawat Laptop yang Benar, dan Cara Mematikan Laptop ASUS, ACER, LENOVO, DLL

#Tags

Laptop merupakan komputer jinjing yang banyak dipakai, terutama karena mudah dibawa kemana-mana dan simpel.

Umumnya laptop bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Laptop bisa berfungsi dengan baik lebih dari 5 tahun selama kita merawat dan tidak memakainya dengan jorok.

Ilustrasi : Cara merawat laptop. Sumber :  Campaign Creators on Unsplash



Berikut ini adalah beberapa tips merawat laptop agar laptop yang kita miliki tidak gampang rusak. 

1.Matikan Laptop Dengan Benar

Salah satu cara merawat laptop adalah tidak sembarang ketika mematikannya. Karena bagaimanapun laptop terdiri dari komponen hardware yang memiliki aliran listrik.

Kita tidak boleh langsung menekan tombol power atau mencabut charger (ketika tanpa baterai), karena itu akan memberikan efek kejut pada perangkat yang ada.

Pada kasus terparah, komponen motherboard akan rusak sehingga kita harus menggantinya secara keseluruhan. Dan tentu saja biayanya tidak murah

Ada beberapa cara untuk melakukan mematikan operasi atau biasa disebut shutdown pad laptop. Cara ini  bisa digunakan untuk merek laptop apa saja, baik Asus, Acer, Lenovo dll. Semua memiliki sistem yang sama selama menggunakan Sistem Operasi yang sama juga.


a. Menggunakan CTRL + ALT + DELETE


1. Tahan secara bersamaan tombol Ctrl, Alt dan Delete (del) untuk masuk pada halaman pilihan. Cara ini biasanya banyak dilakukan ketika laptop hang ataupun error.



Jika kondisi laptop hang parah atau lambat, kamu harus menunggu beberapa saat sampai halaman tersebut muncul.

2, Setelah halaman seperti yang terlihat pada gambar muncul. Arahkan kursor ke bagian pojok kanan bawah (yang ada tanda tombol power) 

3. Kemudian klik sampai nanti menemukan pilihan untuk melakukan Shutdown pada laptop.


b. Menggunakan ALT + F4

Sebelum menggunakan tombol tersebut pastikan semua program telah tertutup dan telah tersimpan. Ketika menekan tombol ALT + F4 biasanya aplikasi-aplikasi yang terbuka akan ditutup paksa.



Setelah semua aplikasi tertutup silahkan klik kembali ALT + 4, dan pada menu yang ada pilih shutdown, sleep ataupun restart sesuai dengan kebutuhan.


  1. Pastikan semua program/aplikasi telah tertutup
  2. Tekan tombol ALT dan F4 bersamaan
  3. Pilih menu Shutdown


c. Menggunakan WIN + X

Tombol win atau windows adalah tombol yang umumnya terletak di bagian pojok kiri bawah berdekatan dengan CTRL/ALT. Tombol win ditandai dengan 4 gambar kotak menyerupai jendela (lihat gambar).

Ketika kamu mengklik tombol WIN + X akan ada beberapa menu pilihan. Cari yang ada tulisan Shutdown pada menu tersebut untuk mematikan perangkat laptop.



Tekan tombol Windows dan X bersamaan
Cari menu “Shutdown or sign out”
Pilih dan tekan menu Shutdown untuk mematikan laptop


d. Menggunakan Kode CMD

Dengan menggunakan kode shutdown -f -s -t 100 ini pada menu “RUN” atau “CMD”, maka laptop akan mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang kita berikan.




  1. Tekan tombol Windows + R atau masuk ke RUN/CMD
  2. Masukan kode shutdown -f -s -t 100
  3. Angka 100 adalah jumlah detik jarak anda ingin mematikan laptop secara otomatis
  4. Anda bisa mengganti angka tersebut sesuai keinginan.
  5. Jika misal ingin mematikan laptop 1 jam dari sekarang. Ganti angka 100 dengan 3600 (1 jam = 3600 detik)
  6. Jika ingin membatalkan tekan tombol Windows + R kemudian Ketik shutdown -a


Setelah anda mengetikan perintah. Jika berhasil akan muncul notifikasi di bagian taskbar lengkap dengan waktu kapan laptop akan mati otomatis.

Anda juga bisa masuk ke menu CMD (command prompt). Dengan mengetikan kode yang sama laptop akan melakukan shutdown secara otomatis.




2. Gunakan Tas yang Tepat

Laptop adalah perangkat flexible yang gampang dibawa kemana-mana. Gunakan tas yang memang menjadi peruntukan laptop, tas tertentu biasanya memiliki slot dan busa untuk menopang laptop agar tidak mudah tergoncang.

Jika menggunakan tas biasa, usahakan laptop di lapisi dengan benda-benda lunak seperti misalnya kain tebal atau bubble wrap untuk meminimalisir guncangan ketika kita berjalan atau berkendara.

3. Perhatikan Tempat Penyimpanan

Hal pertama adalah jangan terlalu lama menyimpan laptop di area yang terkena paparan matahari atau jangan menaruh laptop pada tumpukan benda keras.

Selain itu, jangan menaruh laptop dekat dengan air, baik di gelas ataupun botol karena terkadang kita tidak sengaja menyenggol air sehingga tumpah dan menyebabkan keyboard tidak rusak total atau tidak berfungsi sebagian.