5 Lokasi Mencari Tanaman Hias / Kembang di Kota Bogor

#Tags

Tanaman hias atau sering juga disebut kembang merupakan tanaman atau tumbuhan yang sengaja ditanam sebagai komponen hiasan di taman, pekarangan rumah, ruangan, acara/upacara, riasan/busana, hingga karangan bunga. 



Tanaman hias berbeda tergantung bagian apa yang dianggap memaksimalkan peranannya sebagai pemanis. Itu sebabnya ada tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias pohon, tanaman hias buah dan tanaman hias akar.

Jika Anda berdomisili di sekitar kota Bogor, dan membutuhkan tanaman hias untuk kebutuhan taman, rumah, pekarangan rumah, barangkali bisa segera meluncur beberapa  wilayah  jalan di Kota Bogor.


1. Jalan Dadali


 

Lokasi jalan dadali berada di kawasan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal. Dari ujung-ke ujung, kiri dan kanan jalan Dadali, pedagang tanaman hias menempatkan tanaman hias yang ditawarkan supaya mudah terlihat oleh pembeli. 

Tanaman hias yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari murah sampai yang mahal.
Selain tanaman hias, pedagang juga menawarkan peralatan pendukung seperti berbagai jenis pot dan ornamen taman. Pupuk dan media tanam juga tersedia.

Jika membutuhkan jasa untuk pengerjaan taman, bisa juga menanyakan langsung kepada mereka. 

2. Jalan Pajajaran
Meski berada di salah satu jalan besar dan dekat dengan pusat kota,  ada  dua titik pedagang tanaman hias berkumpul di jalan ini.

Titik pertama, komunitas pedagang tanaman hias  dekat Warung Jambu dan ujung lainnya di Selatan dekat Tajur.

Koleksi dagangannya juga mirip dengan yang ada di jalan Dadali. Harga yang ditawarkan juga tidak berbeda jauh. JIka mencari bibit rumput, bisa mencari di jalan pajajaran di titik utara .

3. Jalan Sumeru
Kelompok pedagang tanaman hias juga dapat ditemukan di Jalan Sumeru, Bogor Barat. Jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dua tempat  sebelumnya.

Jenis tanaman dan pendukung taman yang ditawarkan tidak berbeda jauh dengan dua jalan sentra tanaman hias Bogor lainnya. Selain tanaman hias, ada juga yang menawarkan bibit tanaman buah. 

4. Jalan Bina marga


 

Satu lagi tempat yang bisa dituju untuk membeli tanaman hias untuk taman Anda di Kota Bogor adalah Jalan Bina Marga. Jalan Bina marga terletak di wilayah Timur Kota Bogor. Panjangnya kurang lebih 1 kilometer saja dan terletak hampir tepat di depan Terminal Bis Baranangsiang.

Kurang lebih 150 meter dari ujungnya, pedagang kembang memanfaatkan sisi jalan sebagai lapaknya berjualan. Berbagai jenis tanaman hias yang cocok untuk di pot atau taman bisa ditemukan disini.

Jenis tanaman yang dijual tidak berbeda jauh dari penjual kembang / tanaman hias lainnya.

 

5. Sentra Tanaman Hias R3 Katulampa

 

Salah satu lokasi toko penjual tanaman di R3


Sentra Tanaman Hias di jalan Regional Ring Road (R3), Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, merupakan salah satu sentra penjualan kembang yang diinisiasi dan didukung oleh pemerintah kota Bogor.

Sejauh ini terdapat 119 pedagang tanaman hias yang aktif berjualan di sepanjang jalan R3 hasil relokasi dari berbagai tempat.


Selain 5 lokasi di atas sebenarnya banyak lagi penjual tanaman hias / kembang atau kadang disebut juga nursery di Bogor.