Lumpia Basah Kuliner khas Bogor

#Tags

 Setiap daerah memiliki cerita tersendiri, termasuk cerita tentang kulinernya. Termasuk Bogor daerah yang berada di bawah kaki Gunung Salak ini yang tidak hanya menawarkan udara dingin, tapi juga pemandangan menakjubkan. Selain wisata alam, maka berburu kuliner adalah hal lain yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mencoba lumpia basah.


Meski namanya tidak sepopuler lumpia Semarang, namun cita rasa Lumpia Bogor ini tidak kalah enak. Kedua lumpia di Semarang dan Bogor memiliki sejumlah perbedaan. Jika lumpia Semarang memakai rebung, telur, dan cacahan udang sebagai isiannya, maka lumpia basah Bogor justru menggunakan sejumlah bahan berupa bengkuang, tauge, tahu, ebi giling, dan juga telur.

lumpia basah


 Selain itu lumpia Semarang dibentuk mirip seperti risol dan kulit yang garing. Sementara lumpia bogor hanya ditutup daun pisang, dan tidak dbentuk memanjang. Selain itu kulit lumpia khas Bogor lebih lembek. 

BACA JUGA : 17 Daftar Makanan (dan Minuman) Khas Bogor


Seluruh bahan isian ke dalam kuali yang berbahan bakar arang, kemudian diberi bumbu kencur, bawang, gula dan garam. Setelah siap, taruh semua isian tadi ke dalam kulit lumpia yang dilapisi daun pisang. Bahan isian yang ditumis tersebut menimbulkan minyak yang ikut meresap hingga ke lapisan kulit lumpia. Kulit lumpia pun menjadi lepek. Dari sanalah asal mula pemberian nama lumpia basah.

Lumpia basah
Isi lumpia basah. Sumber : IG @ukirrasafood.id


Rasa lumpia basah ini cenderung asin, manis, dan gurih  khas Pasundan ini memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan serat yang baik untuk tubuh. Selain enak dan bergizi, lumpia basah ini bisa membuat perut kenyang.

Sebenarnya banyak penjual lumpia basah ini menawarkannya di Bogor. Namun jika ingin tempat yang selalu pasti ada, bisa berkunjung jalan suryakencana. Nama Jalan Suryakencana yang terletak di  depan pintu utama Kebun Raya Bogor sendiri sudah cukup populer sebagai ‘markas’ jajanan legendaris. Pasalnya, di jalan ini terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjajakan panganan jadul sejak puluhan tahun lalu


Untuk dapat mencicipi lumpia basah Bogor ini, Anda bisa membelinya di depan Ngo Hiang, Gang Aut, Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, Kota Bogor. Penjualnya mudah ditemukan dan mangkal menggunakan gerobak warna hijau.

Satu porsinya dibanderol dengan harga sebesar Rp15.000. Dengan harga yang ramah kantong, Anda sudah bisa menikmati sajian lumpia yang enak dan rasanya tak terlupakan.


Lumpia basah bogor
Lumpia Basah produk @lumpiabasahkuyup

  Selain di suryakencana, bisa juga menemukan hidangan lumpia basah ini di tempat lain. Salah satunya di lapak @lumpiabasahkuyup. Langsung saja meluncur ke Jl. Sukasari 1 No. 16A, Bogor Timur (Sebrang Ice Cream Pa Doto)