Danau Quarry Jayamix di Rumpin, kabupaten Bogor

#Tags

Selain danau Lido yang sekarang berkembang dengan pembangunan resort, ada juga danau buatan lainnya. Namanya, Danau Quarry yang berlokasi di Desa Kampung Sawah,  kecamatan Rumpin, kabupaten Bogor.

Danau ini disbut juga Quarry Jayamix Rumpin. Hal ini karena  danau ini merupakan bekas lahan pertambangan pasir di bawah pengelolaan PT Jayamix. Perusahaan tersebut khusus untuk pembuatan beton. 


Danau Quarry berawal dari galian tambang, lalu muncul lah genangan air yang berwarna hijau tua. Danau terbentuk akibat bekas galian pertambangan pemecah batuan agar menghasilkan beton berkualitas.

Namun kegiatan tambang itu banyak diprotes oleh masyarakat setempat, sehingga kegiatan pertambangan pun berhenti pada pertengahan jalan. Setelah lama tak digunakan, bekas tambang itu pun digenangi oleh air hujan selama bertahun-tahun lamanya sehingga terbentuk lah danau buatan secara tak sengaja. 


Fasilitas Wisata di  Danau Quarry Jayamix

Air danau di sini sangat hijau tosca dikelilingi tebing-tebing bekas penambangan. Meski indah, jangan coba - coba berenang ke danau ini.  Kedalaman danau Quarry Jayamix Rumpin Bogor sekitar 27 meter, ditambah tidak ada fasilitas keamanan dan penyelamatan di area danau ini. 

Meski pengelola wisata telah menyediakan berbagai fasilitas wisata berupa wahana seperti sepeda air yang berada di bawah. Supaya pengunjung bisa sampai ke lokasi bawah, sebaiknya berhati-hati ketika melewati tebing-tebing cukup curam. Bagi teman-teman datawisata memiliki hobi berfoto-foto ria, disana pun juga telah disiapkan spot foto menarik nan unik. Hanya saja sampai sekarang belum ada fasilitas toilet umum, setidaknya kawan bisa menggunakan fasilitas kamar mandi miliki warung-warung kecil sekitar lokasi.

Meski banyak yang berkunjung ke lokasi ini, namun hanya untuk mengambil foto saja. Bahkan untuk menuju lokasi ini, dibutuhkan usaha yang tidak mudah, karena jalur tranbsportasi yang masih kurang memadai dan merupakan jalur truk besar yang membawa batu. 

Harga Tiket Masuk Danau Quarry

Objek wisata danau di Bogor ini belum sepenuh nya dikembangkan berbagai fasilitas wisata, toh juga belum ada peresmian tempat wisata maka pengunjung yang datang kesana tak dipungut biaya n. Hanya saja bagi pengunjung ingin menggunakan fasilitas wahana seperti perahu bebek untuk mengelilingi area danau, maka wajib membayar sebesar Rp. 10.000 per orang. Persiapkan juga ongkos parkir kendaraan seperti sepeda motor Rp. 2.000 dan kendaraan mobil sebesar Rp. 5.000.

Rute Ke Danau Quarry Jayamix Rumpin

Rute danau Quarry Rumpin Bogor bisa dilalui melalui simpang tiga Semplak atau pasar Parung menuju ke arah Kecamatan Rumpin.

Bila teman-teman pernah berwisata ke gunung Munara, mungkin bukan hal sulit menemukan lokasi wisata ketika dalam perjalanan. Karena objek wisata danau searah dengan wisata situs gunung Munara.

Dari lokasi pasar Parung lurus saja menuju simpang tiga Rumpin. Setelah melewati simpang tiga, belok ke arah kanan menuju ke BDK-Bogor, Rumpin panjang atau melewati gunung Munara. Lurus saja mengikuti jalan dan jika menemukan plang jalan tertulis PT Lotus SG Lestari dan ikuti saja ke arah PT itu. Bila tak bertemu, kawan bisa bertanya ke penduduk sekitar.