Danau Lido, Danau Buatan Sejak Jaman Hindia Belanda di Cigombong - Kab. Bogor

#Tags

Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan (sumber). Terjadinya danau terjadi bisa karena faktor alam, bisa juga karena sengaja dibuat oleh manusia.

>
Salah satu danau buatan yang sengaja dibuat dengan tujuan taman rekreasi adalah danau Lido. Danau Lido yang letaknya di Jalan Raya Bogor, tepatnya berada di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat adalah danau yang konon menyimpan sejuta misteri didalamnya. Namun danau ini sangat eksotis dan letak strategis yang membuat banyak orang akan mampir ke Danau Lido.



Danau Lido yang mempunyai luas 1,7 hektar ini, berjarak sekitar 65 kilometer dari Jakarta, biasanya ditepuh kurang lebih 1,5-2 jam perjalanan. Menjadikan tempat ini dijadikan tempat mampir bagi orang-orang yang dalam perjalanan Jakarta-Sukabumi.


Sejarah Danau Lido

Sejarah Danau Lido dimulai pada masa penjajahan. Danau itu dibuat Belanda tahun 1989, saat mereka pada waktu yang sama membangun Jalan Raya Bogor-Sukabumi. Saat itu, pemerintah kolonial Belanda mencarikan lokasi peristirahatan untuk rekan mereka yang mengawasi proyek pembangunan jalan tersebut, juga pemilik perkebunan.

Sumber air Danau Lido berasal dari aliran sungai dan mata air alam yang dibendung. Hal ini amat mungkin dilakukan karena posisi yang strategis. Danau itu berlokasi di lembah dan diapit dua gunung yang memiliki air berlimpah.
Danau Di Bogor jernih.

Di dekat danau di Bogor ini pun terdapat air terjun Curug Cikaweni yang mengalirkan air jernih dan segar dari Gunung Gede Pangrango.

Meski telah ada sejak era Hindia Belanda, kawasan Lido baru dibuka untuk umum sekitar tahun 1940, setelah Ratu Belanda Wilhelmina berkunjung dan beristirahat di Lido. Ketika itu, restoran pertama diresmikan sebagai pelengkap fasilitas kawasan wisata, juga untuk menjamu Sang Ratu. Restoran tersebut sekarang bernama Oranje Lido.


Fasilitas Taman Rekreasi Danau Lido

Lokasi Taman Rekreasi Danau Lido memiliki total luas 1.700 hektar, berada pada ketinggian 500 meter diatas permukaan laut.

Danau di Bogor Lido mempunyai Lokasi yang sejuk dan asri, serta pemandangan alam yang hijau, cukup menjadi daya tarik. Pengunjung bisa memilih berbagai aktivitas di sana, misalnya mengelilingi danau dengan menyewa perahu rakit yang tersedia di pinggir danau, atau merasakan sensasi makan di tengah danau.



Pemprov Jawa Barat sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata pertama di Jabar. total nilai investasi KEK Pariwisata Lido di lahan seluas lebih dari seribu hektar ini mencapai Rp38 triliun. KEK Pariwisata Lido pun diyakini akan mendongkrak pariwisata Jabar terutama di wilayah Kabupaten Bogor dan sebagian Kabupaten Sukabumi.


Kawasan yang dikembangkan KEK ini cukup banyak, mulai dari taman petualangan (Adventure Park), wisata outbond, kayak, rakit penyeberangan, dan lain -lain.



Tips ketika anda berlibur ke Taman Rekreasi Danau Lido
- Bawalah baju ganti agar ketika anda ingin berenang di kolam yang tersedia di kawasan tersebut, anda masih mempunyai baju ganti.
- Pakailah baju yang hangat atau sweater karena suhu udara yang dingin di Danau Lido.
- Janganlah anda membuang sampah sembarangan, ini akan merusak keindahan yang ada disekitar Danau Lido.
- Jangan lupa untuk mengawasi anak anda agar tidak terjatuh ke Danau Lido

Penginapan Di Sekitar Danau Lido

Kawasan Lido semakin ramai pengunjung dan membuat bisnis penginapan di sekitarnya ikut berkembang pesat. Rata-rata akomodasi di Lido menawarkan fasilitas lengkap dengan tarif mulai ratusan ribu rupiah. Ini referensi penginapan di daerah tersebut.
1. Lido Lake Resort by MNC Hotel
Harga kamar mulai dari 600rb-an

Lido Lake Resort by MNC Hotel terletak di Jl. Raya Bogor-Sukabumi, Lido, Jawa Barat dan tidak jauh dari Lido Adventure Park. Dari akomodasi menuju tempat rekreasi, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit menggunakan kendaraan bermotor atau sekitar tiga menit berjalan kaki.
Memiliki konsep hunian mewah di pinggir danau, Lido Lake  Resort by MNC Hotel mengusung suasana yang asri. Hampir semua bangunan di resort dikelilingi taman, pepohonan besar, hingga air danau yang berwarna biru. Fasilitas publik yang ditawarkan pihak penginapan antara lain kolam renang anak dan dewasa, area berjemur, restoran, ballroom, kafe, bar, ruang bersantai, dan area bersepeda.

Sementara itu, kamar-kamar di tempat inap ini memiliki balkon yang menghadap ke danau dan taman. Bagian dalam kamar dibekali dengan TV, set meja rias, lemari pakaian, mesin pembuat minuman, dan AC. Ada juga kamar mandi dalam yang difasilitasi dengan kloset duduk, cermin, wastafel, pengering rambut, shower air hangat, dan tempat gantungan handuk.

Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di lokasi, melalui situs booking online, atau menghubungi pihak pengelola melalui telepon di nomor (0251) 8220922.


2. RedDoorz Premium @ Lido Sukabumi/Villa Taurus Dairy Farm
RedDoorz Premium @ Lido Sukabumi berada di area Danau Lido, tepatnya di Jl. Manggis, Tenjoayu, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, dan dekat dengan Suparman Farm Shopping Mall. Dari akomodasi menuju tempat perbelanjaan, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar tiga menit menggunakan kendaraan bermotor atau 15 menit berjalan kaki.

Mengusung konsep hunian ramah backpacker, akomodasi ini memiliki bentuk bangunan yang sederhana. Fasilitas umum yang disediakan antara lain taman, kafe, dan area bersantai di depan kamar. Sementara, kamar-kamar di Villa Taurus Dairy Farm dilengkapi dengan set meja kursi santai, TV, AC, tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian, dan meja rias. Ada juga kamar mandi pribadi di pojok kamar dengan fasilitas berupa kloset duduk, cermin, shower, dan tempat gantungan handuk.

Untuk menginap di RedDoorz Premium @ Lido Sukabumi, Anda perlu membayar sewa kamar Rp550.000 per malam. Ini sudah termasuk snack dan air mineral dalam kamar. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di lokasi, melalui situs booking online, atau menghubungi pihak pengelola melalui telepon di nomor (0266) 734126.

3. Guest House Danau Lido
Guest House Danau Lido berada di area Danau Lido, tepatnya di Jl. Mayjen H.R. Edi Sukma No. 16, Bogor, Jawa Barat dan dekat dengan MNC Lido City. Dari akomodasi ke Kawasan Khusus Ekonomi (KEK) Pariwisata ini, memerlukan waktu tempuh sekitar delapan menit menggunakan kendaraan bermotor.

Mengusung konsep hunian yang asri dan sederhana, hampir seluruh bangunan guest house dikelilingi taman bunga. Bagian depan bangunan adalah halaman yang berfungsi sebagai tempat parkir yang luas. Memasuki area lobby, Anda akan menemukan ruang bersantai pribadi sekaligus ruang keluarga.

Kamar-kamar di Guest House Danau Lido dilengkapi dengan TV, AC atau kipas angin, set meja rias, set kursi santai, tempat tidur yang empuk, dan lemari pakaian. Kamar mandi pribadinya ada di pojok kamar dan memiliki kloset duduk, cermin, shower, dan tempat menggantung baju.

Menurut pelancong, tarif sewa kamar di Guest House Danau Lido mulai Rp150.000 per malam. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di lokasi, melalui situs booking online, atau menghubungi pihak pengelola melalui telepon di nomor 0813 8603 0500.