Bacaan Niat Puasa Asyura di 10 Muharram 1443 H

#Tags

 Bulan Muharram memang menjadi bulan yang penuh dengan keistimewaan. Ada banyak sekali amalan sunnah yang dapat dikerjakan oleh umat muslim untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan serta sekaligus mendapat pahala yang besar dari Allah SWT, termasuk dengan menjalankan puasa Asyura dan Tasu'a.

Puasa Asyura merupakan puasa sunah yang jatuh setiap 10 Muharram. Tahun ini puasa Asyura 2021 akan dilaksanakan pada Kamis (19/8/2021).




Sebelum melaksanakan puasa Asyura, umat muslim juga dianjurkan untuk berpuasa pada 9 Muharam atau dikenal dengan puasa Tasua. Penjelasan mengenai puasa Tasua diriwayatkan dalam hadis riwayat Muslim berikut ini.

Puasa Asyura diawali dengan makan sahur dan membaca niat sebelum masuk waktu subuh. Setelah itu dilanjutkan dengan menahan lapar dan dahaga hingga matahari tenggelam.

Buka puasa saat puasa Asyura dilakukan saat matahari terbenam atau mendengar azan Magrib. Berbuka puasa juga dianjurkan dengan makanan yang manis.

Bacaan Niat Puasa 10 Muharram



Adapun bunyi bacaan latin niat puasa 10 Muharram beserta artinya adalah sebagai berikut:

"Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati 'Asyura lillahi ta'ala".

Artinya: "Saya berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta'ala".



Manfaat Puasa Asyura

Mengutip buku Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunah Rekomendasi Rasulullah karya Amirulloh Syarbini & Sumantri Jamhari (2012), berikut ini adalah beberapa manfaat puasa Asyura dan puasa Tasu'a bagi umat muslim yang perlu diketahui.

1. Menggugurkan Dosa Selama Setahun

Dalam HR Muslim dijelaskan bahwa, “Puasa Asyura dapat menghapuskan dosa-dosa kecil setahun yang lalu”. Oleh karena itu, menjalankan puasa Asyura dan Tasu'a mempunyai keutamaan yang luar biasa bagi umat muslim.


2. Menjalankan Keinginan Rasulullah SAW yang Belum Terlaksana
Sebelum wafat, Rasulullah SAW selalu mengingatkan para sahabatnya untuk melaksanakan puasa 10 Muharram. Namun, karena suatu hari waktu pelaksanaan puasa Asyura bertepatan dengan ibadah umat lain, maka Rasulullah bersabda:
“Apabila (usia)-ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada (hari) ke sembilan”. Sayangnya, beliau wafat sebelum cita-citanya itu terlaksana.


3. Hari Pembebasan Nabi Musa dan Bani Israil

Ibnu Abbas pernah bercerita bahwa Rasulullah SAW pernah datang ke Madinah lalu bertanya mengapa orang-orang Yahudi juga berpuasa pada hari Asyura, 10 Muharram.

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Saya lebih hormat terhadap Musa dari Kamu”, lalu beliau langsung berpuasa pada hari itu serta menyuruh orang lain untuk berpuasa.

Ada begitu banyak manfaat puasa 10 Muharram atau puasa asyura. Untuk itu, setiap umat muslim disunnahkan untuk menjalankan puasa Asyura ini. Jangan lupa baca niat puasa 10 Muharram untuk berpuasa esok hari.