Peralatan Yang Digunakan Untuk Olahraga Yoga

#Tags

Salah satu olahraga yang semakin banyak digemari adalah yoga. Bahkan di masa pandemi, peminatnya tetap banyak. Selain tidak membutuhkan lokasi yang terlalu luas, bisa dilakukan sendiri (atau menonton video untuk instruksi),  olahraga ini tergolong olahraga  dengan dampak ringan atau memiliki intensitas rendah. 


Sebelum pandemi, olahraga yoga ini sangat direkomendasikan bagi para pemula yang baru memulai olahraga, orang yang mengalami berat badan lebih, yang sedang hamil, atau sedang mengalami cedera saraf atau tulang.

Olahraga yoga memiliki manfaat bagi tubuh, karena menggabungkan latihan pernapasan, dan meditasi. Setiap gerakan yoga memang dirancang untuk relaksasi, mengurangi stres dan meredakan ketegangan otot. Olahraga yoga juga dapat memperbaiki postur tubuh, melatih pernafasan serta melatih pikiran untuk fokus.

Ada lima peralatan penting olahraga yoga yang layak untuk dimiliki sebagai berikut :

>
1. Pakaian Olahraga Yoga
Sebaiknya pilih pakaian olahraga yang tidak mengganggu saat sedang melakukan posisi yang sulit seperti bertumpu pada perut dan tidak mengganggu pernafasan. Pakaian olahraga yoga  dipilih yang, tidak terlalu longgar. 

Pakai celana dan kaos berbahan katun yang elastis agar nyaman saat melakukan olahraga yoga.

Hindari penggunaan celana kolor atau atasan dengan leher yang longgar karena akan mengganggu pernafasan saat olahraga yoga.


2. Matras Yoga
Matras Yoga atau yoga mat amerupakan  peralatan penting untuk olahraga yoga. Fungsinya sebagai alas,  dan emberikan kenyamanan saat melakukan olahraga ini. 

yoga mat
MINISO Matras Yoga/Yoga Mat/Alas Karpet Olahraga Workout Alas Gym Camping Senam Lantai Anti Selip Premium 5mm

Yoga mat juga dapat menahan tubuh dari benturan langsung dari lantai dan meminimalisir risiko dari tergelincir. Saat memilih matras yoga, perhatikan jenis olahraga yoga yang akan dilakukan dan densitas matras.

MINISO Matras Yoga Gym Matras Latihan Ramah Lingkungan Non-Slip Latihan & Tikar Matras yoga non-selip dua sisi 5mm


 
 

3. Gym Ball

 Gym Ball Free Pompa / Gymball

 
Gym ball merupakan peralatan olahraga yoga yang digunakan untuk melatih otot tubuh saat olahraga yoga. Gym ball digunakan untuk
- membantu melatih keseimbangan tubuh
- melatih otot perut dan
- kelenturan tubuh. 

Toko penjual >>>>Gym Ball


4. Yoga Strap
Yoga strap merupakan peralatan olahraga yoga  yang dapat membantu latihan terutama bagi kamu yang merasa kurang fleksibel dalam beberapa posisi duduk (sitting poses). 

jual yoga strap
Yoga Strap

 Dengan tali pendukung ini bisa menyempurnakan postur, karena strap bisa membantu menahan posisi tangan dan kaki supaya tidak berubah.

Kamu bisa menemukan yoga strap >>>>YOGA STRAP


5. Yoga Blocks
Bagi para pemula yang sedang memulai berlatih yoga, ada banyak postur yang mungkin terasa sulit untuk dilakukan. Untuk itu, penggunaan yoga blocks atau blok yoga akan sangat membantu dalam berbagai pose yoga yang belum dikuasai. 

jual yoga block
Yoga Block


Jika hendak memilik blok yoga, kamu bisa membandingkan bahan dan beratnya. Berdasarkan bahan, yoga blocks :
- ada yang terbuat dari busa tebal (foam),
- serpihan kayu (cork), dan
- kayu (wooden).

Selain jenis bahan, berat yoga blocks juga mempengaruhi. Semakin berat, maka akan semakin stabil yoga blocks sebagai support saat olahraga yoga.

Toko jual Yoga Block