Cek, Download, dan Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 Melalui Aplikasi PeduliLindungi

#Tags

 Sertifikat vaksin Covid-19 sebagai tanda bahwa Anda sudah mendapat vaksin bisa diunduh di aplikasi dan web Pedulilindungi.  Sertifikat vaksin didapat oleh semua peserta vaksinasi baik yang disuntik dengan vaksin Sinovac, AstraZeneca, atau Sinopharm.

Sertifikat vaksin merupakan tanda yang menunjukkan status vaksinasi seseorang. Sertifikat ini akan menunjukkan apakah seseorang sudah divaksin atau belum.


Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengecek dan download sertifikat vaksin lewat aplikasi Pedulilindungi.

 BACA JUGA : Efek Samping Setelah Vaksin Covid-19 dan Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Covid-19

Tampilan awal app pedulilindungi di playstore android


1. Buka toko aplikasi yang ada di iOS dan Android. Lalu download aplikasi PeduliLindungi

2. Jika sudah terdownload dan terinstal di ponsel pintar Anda, lakukan login dengan nomor ponsel yang terdaftar saat melakukan vaksinasi.

3. Lalu masuk ke akun PeduliLindungi Anda dengan kode OTP SMS yang dikirim ke nomor ponsel.

4. Pilih ikon akun yang terletak di pojok kanan atas aplikasi PeduliLindungi, lalu pilih Sertifikat Vaksin untuk melihat sertifikat vaksin.

5. Pilih sertifikat vaksin yang ingin ditampilkan. Biasanya tampilan sertifikat otomatis muncul usai Anda selesai penyuntikan vaksin Covid-19 dua dosis.

6. Pilih "Unduh Sertifikat" untuk mendownload dan menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 tersebut.

7. Apabila Anda ingin mencetak file unduhan yang ada di Galeri ponsel, bisa dikirm via email agar bisa dicetak di PC atau laptop yang sudah terhubung dengan printer.


Masyarakat bisa mengecek sertifikat vaksin secara online, yaitu lewat situs Peduli Lindungi di https://pedulilindungi.id/.

Meski demikian terdapat beberapa syarat yang harus dilakukan agar bisa mengecek, download, dan cetak sertifikat vaksin lewat situs Peduli Lindungi sebagai berikut:

1. Sebelumnya Anda harus login terlebih dulu. Sebab, jika langsung melakukan pencarian status lewat kotak pencarian di halaman awal situs ini tanpa login, data yang ditampilkan tidak akurat. Jika sudah login dengan nomor ponsel yang tepat, maka akan tertera data yang benar.

2. Kemudian lakukan login lewat nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar vaksin atau nomor yang digunakan saat melakukan vaksinasi.

2. Kemudian lakukan login lewat nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar vaksin atau nomor yang digunakan saat melakukan vaksinasi.

Jika sudah, masukan kode OTP yang dikirimkan ke SMS nomor ponsel.

Ingat, salah memasukkan nomor ponsel, bisa menyebabkan akun Anda tidak teridentifikasi sudah melakukan vaksin.

2. Kemudian lakukan login lewat nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar vaksin atau nomor yang digunakan saat melakukan vaksinasi.

Jika sudah, masukan kode OTP yang dikirimkan ke SMS nomor ponsel. Sebab jika salah memasukkan nomor ponsel, bisa menyebabkan akun Anda tidak teridentifikasi sudah melakukan vaksin.