Arti Dropshipper dan Cara kerja Dropshipper

#Tags

 Apakah sobar Bogor berencana ingin memulai usaha? Apakah ada ingin menjual sesuatu ? Ingin berjualan secara online ? Kemudian bingung karena harus menyediakan modal untuk stok barang ?

Ya, memang dalam dunia usaha bahkan menjadi reseller pun banyak yang berat menyediakan modal untuk stok barang. Tapi jangan khawatir sobat Bogor, kamu masih bisa jadi dropshipper.

Iya, sobat Bogor tidak salah baca. Selain  Reseller, ada juga istilahnya Dropshipper. 



Ilustras penjualan Sumber :  Markus Spiske on Unsplash

Arti Drospshipper

Sebelum ke istilah tersebut, kita mulai dari dropship dulu. Dropship adalah sistem yang memungkinkan penjual menjual barang tanpa harus mempunyai stok barang. Penjual hanya melakukan proses promosi atau pemasaran. selanjutnya bila ada pembelian barang akan dikirim oleh distributor/produsen.

Sistem dropship biasanya dilakukan di bisnis online, karena pembeli dan penjual tidak bertatap muka langsung, jadi, barang yang dijual hanya berbentuk sampel gambar yang dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian pembeli.


Dalam sistem dropship, penjual adalah perantara antara pembeli dan pemiliki barang. Jika pembeli tertarik dengan barang yang dipasarkan maka penjual akan menghubungi pemilik barang dan kemudian ia mengirimnya pada pembeli.

Jadi dropshipper artinya adalah penjual yang melakukan kegiatan dropship. Para dropshipper umumnya memiliki kemampuan digital marketing, mereka menggunakan website, marketplace yang dipadukan dengan berbagai teknik seperti SEO, Google ads, facebook ads dan jenis pemasaran online lainnya.

Kalau Kamu ingin menjadi dropshipper sambil belajar sambil dan ingin mencoba beberapa produk untuk dijual, mungkin bisa ke DROPSHIPAJA

Cara Kerja Dropship

Sistem dropship pada bisnis daring cukup mudah untuk dipahami. Alurnya sebagai berikut :
1. Penjual yang melakukan pemasaran secara daring melalui media sosial, blog, atau marketplace yang ada.
2. Ketika ada permintaan dari konsumen, segala hal yang berkaitan dengan pembayaran akan diselesaikan terlebih dahulu dengan penjual.
3. Setelah semuanya rampung, penjual akan menghubungi pihak produsen untuk melakukan pemesanan sesuai dengan keinginan konsumen. Produsen kemudian melakukan packing dan mengirimkan barang ke alamat konsumen.

Selisih harga antara produsen dan harga yang dipasang penjual akan menjadi keuntungan untuk pelaku bisnis dengan sistem dropship.


Cara Memulai Bisnis Dropship
1. Mencari supplier dengan produk yang berkualitas. Jika Anda sudah mendapatkannya, tentukan perjanjian tertentu mengenai sistem dropship yang akan dilakukan. Untuk langkah awal, mungkin bisa melihat ke dropshipaja.com

2. Setelah itu, Anda hanya perlu melakukan marketing melalui media sosial maupun marketplace. Sistem dropship sangat bergantung pada keberhasilan Anda melakukan promosi lewat media online. 

 
Jika dibaca artikel di atas dan artikel Reseller, maka didapat beberapa perbedaan reseller dan dropshiper , sebagai berikut :
1. Cara Kerja Reseller dan Dropship
Reseller
a Membeli barang dari distributor
b Barang dikirim ke tempat kita (rumah/gudang)
c Melakukan promosi offline/online
d Jika ada pembeli, barang langsung dikirim dari tempat kita.

Dropship
a.  Melakukan promosi offline/online (Umumnya online) dengan memajang katalog barang di marketplace, ig, fb dll
b. Jika ada pembeli, dropshipper akan menghubungi distributor untuk melakukan pengiriman barang
c. Barang dikirim dari tempat distributor


2. Modal
- Reseller harus mengeluarkan modal untuk melakukan stok barang dan juga menyediakan tempat untuk menaruh barang.
- Dropshipper tidak perlu mengeluarkan uang banyak karena tidak perlu stok barang ataupun menyediakan tempat barang.

3. Resiko
- Reseller bisa saja menanggung kerugian besar ketika misalnya melakukan stok produk dalam jumlah banyak namun barang tidak laku. Atau reseller  salah membaca pasar, sehingga stok barang kurang diminati.


- Dropshipper memiliki resiko yang minim, karena hanya memesan yang dipesan pembeli.

 Jika sobat Bogor bingung mencari supplier atau distirbutor untuk memulai menjadi reseller atau dropshipper, barangkali bisa coba dulu ke dropshipaja

Di dropshipaja , ada pilihan produk kaos, topi, parfum, case hp, e-money custom, yang bisa kamu jual kembali atau kamu menjadi dropshipper.  Selain itu, kamu akan diajari  untuk memahami seluk beluk menjual produk secara online.