5 Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Untuk Acara Kegiatan 17 Agustus-an dan Perayaan Hari Besar Islam, Dan Pembangunan Masjid

#Tags

Meski saat ini kita sudah bisa berkomunikasi dengan siapa saja dengan mudah. Ternyata ada beberapa hal surat ternyata tetap dibutuhkan. Ini menjadi tanda bahwa yang diminta adalah hal yang resmi. Misalkan surat untuk keperluan pekerjaan, bisnis, pendidikan dan lain-lain. Misalnya surat permohonan bantuan dana untuk acara 17 agustusan, permintaan dana untuk perayaan hari besar umat islam (PHBI), permohonann dana bantuan ke perusahaan atau surat permintaan bantuan beasiswa, dan lain-lain.


Barangkali Anda sedang mencari cara menulis surat permohonan/permintaan ? Di sini bisa dilihat penjelasan mengenai format surat permohonan,dan contoh suratnya.

Susunan Surat Permohonan Resmi

Apabila Anda membutuhkan keterangan mengenai format surat untuk meminta sesuatu, berupa bantuan dana,  maka susunan  surat dharapkan memiliki unsur-unsur seperti:

1. Bagian Pendahuluan

Jika surat permohonan tersebut dibuat oleh organisasi atau institusi resmi maka perlu ada kop surat berupa logo atau nama di atasnya. Namun, untuk perseorangan tidak perlu. Kop surat itu harus mencantumkan identitas organisasi yang mengajukan surat permohonan dengan jelas ya..

Bagi mereka yang mengatasnamakan pribadi atau mewakili pihak tertentu yang bukan lembaga, kop surat dapat mencantumkan nama, alamat atau jika mampu buat semacam desain identitas pribadi yang unik.

Bagian pendahuluan ini memuat nomor surat, tanggal pembuatan serta perihal mengenai keperluan pengajuan surat tersebut. Jangan lupa menulis salam pembuka.


2. Bagian Isi

Dalam bagian isi, perlu diperhatikan pemakaian kalimat efektif. Usahakan menulis surat tersebut dengan kata-kata sopan, tidak memaksa, tapi tepat sasaran. Pilih kata-kata yang menarik minat pembaca agar memahami pesan utama dari pengajuan surat.

Jika surat permohonan itu dibuat untuk meminta bantuan dana, jelaskan maksudnya. Perhatikan ya, jangan memakai kata-kata yang memaksa, sehingga membuat jengkel pihak yang dituju.

Jika maksud dari surat permohonan itu untuk mendapatkan pekerjaan, cantumkan kualifikasi serta pengalaman bekerja sebelumnya. Tidak usah panjang, cukup kalimat sederhana.

Namun jika isi surat permohonan tersebut niatnya adalah izin cuti dari pekerjaan, jelaskan alasannya secara detail. Apakah karena sakit, mengunjungi keluarga atau alasan lainnya.


3. Bagian Penutup

Di bagian ini akhiri surat dengan ucapan terima kasih atas waktu yang disediakan untuk membaca surat Anda. Tulis pula salam penutup.

Jangan lupa cantumkan keterangan mengenai kapan batas terakhir surat tersebut dibalas oleh pihak yang dituju. Hal ini penting karena pemohon perlu menunggu jawaban dari pihak yang dimintai dana bantuan atau beasiswa.

Begitu pula surat permohonan mencari pekerjaan. Namun untuk surat izin cuti, beberapa perusahaan akan memberikan respons sesuai kebutuhan karyawan.

4. Tambahan atau Lampiran Lain
Bagian di luar surat, namun melengkapi. Hanya ditambahkan bila perlu. Misalnya,untuk surat permohonan beasiswa, pemohon dapat melampirkan ijazah, data diri, dan formulir lainnya. Sedangkan untuk surat permohonan bantuan dana, tentu lampiran mengenai jumlah dana yang dibutuhkan beserta keterangan pemakaian dapat ditambahkan sangat baik jika ditambahkan.



Contoh Surat Permohonan


Ini adalah beberapa contoh surat permohonan, baik itu permohonan dana bantuan, permohonan izin, kerjasama, rekomendasi, permohonan cuti dan lain sebagainya.

 1. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Kegiatan



Panitia Acara HUT Republik Indonesia
Kelurahan Cilendek Timur
Bogor Barat
(kop surat lembaga atau organisasi pemohon)


Nomor : 123/07/2020
Lampiran : Proposal Kegiatan
Perihal : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth,
Bapak/Ibu ……
Pimpinan CV. Bengkel Cinta
di
Tempat


Assalamualaikum Wr. Wb (salam pembuka),
Rasa syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa atas rahmat dan berkah-Nya. Kami panitia HUT Republik Indonesia ….
(bagian pendahuluan ditambahkan dengan menulis informasi mengenai pihak pemohon bantuan dana)

Acara ini kami perkirakan membutuhkan dana sebesar 5 juta rupiah. Namun, pihak panitia masih kekurangan dana sebesar 1 juta rupiah. Kami mohon bantuan ….
(bagian isi surat dibuat agar pihak yang dituju paham maksud dari surat permohonan tersebut)

Demikian surat permohonan dana ini dibuat,  atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

(bagian penutup singkat saja)
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Bogor,  23 Juli 2020


Kusnaedi
Ketua Panitia HUT Kemerdekaan Republik Indonesia
Kami sangat berharap bisa diberikan jawaban dan respon paling lambat tanggal 08 Agustus 2020

(Di bagian akhir, beri keterangan kapan Anda ingin surat permohonan bantuan dana tersebut direspons)
 

 **************************************************************************



2. Surat Permohonan Bantuan Dana Pembangunan Masjid

PANITIA PEMBANGUNAN Masjid Jami Al-Fatah
Kp.Anyar, RT.04/RW.04, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16152
Telp : (0251) .......


Bogor, 12 Oktober 2020


Nomor : 19/PPMI/10/2020
Lampiran :
Perihal : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth.
Pimpinan PT. (Nama perusahaan)
Kp. Anyar., Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara,
Kota Bogor


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Semoga Ibu/Bapak selalu dalam keadaan sehat wal’afiat dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT dan senantiasa mendapat kelimpahan dan keberkahan rizki.

Sehubungan dengan rencana pembangunan masjid Jami Al-Fatah yang terletak di Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara,. yang Insya Allah akan dimulai pada:

Hari          : Sabtu
Tanggal     : 03 November 2020
Tempat     : Kp.Anyar, RT.04/RW.04, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara

Maka kami, selaku panitia dari pembangunan masjid tersebut berharap bantuan dari Bapak/Ibu pimpinan (nama perusahaan) agar memberikan sedikit bantuannya demi kelancaran pembangunan Masjid di desa kami.

Adapun sesuai estimasi pihak panitia, pembangunan masjid Jami Al-Fatah ini membutuhkan dana sebesar Rp. 120.000.000,00 (Seratus dua puluh juta rupiah) dan saat ini dana yang terkumpul baru mencapai 65.000.000,00 (Enam puluh lima juta rupiah)

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi amal ibadah kita semua. Atas perhatian dan dana yang bapak/Ibu berikan kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami

Ketua Panitia Sekretaris

Saefudin

Mengetahui
Kepala Desa



Ahmad Thohir


*************************************************************************


3. Surat Permohonan Bantuan Dana PHBI


PANITIA PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI)
ISRA MI’RAJ MASJID Jami Al-Fatah
Kp.Anyar, RT.04/RW.04, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor


Bogor, 12 April 2019


Nomor : 66/PHBI/IIX/2019
Lampiran : 1 (satu) Berjas
Perihal : Permohonan Bantuan Dana PHBI

Kepada Yth.
Para Dermawan
Warga Kp. Anyar
di Tempat


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Pertama-tama kami sampaikan salam hormat dan silaturahim pada Bapak/Ibu sekalian. Mudah- mudahan segala aktivitas kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

Sehubungan dengan akan diadakannya peringatan Isra Mi’raj di Masji Jami Al-Fatah, kami dari panitia kegiatan tersebut berharap kepada bapak/ibu sekalian untuk ikut menyukseskan acara tersebut.

Mengingat kami memiliki keterbatasan dana. Maka dari itu kami mengetuk hati bapak/ibu/saudara untuk menyisihkan sebagian hartanya dalam kegiatan yang rencananya akan diadakan pada:
Hari : (diisi kapan hari acara)
Tanggal : (tanggal acara)
Tempat : (lokasi acara)

Demikian surat permohonan bantuan dana ini kami sampaikan. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi amal ibadah kita semua. Atas perhatian dan dana yang bapak/Ibu berikan kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami

Ketua Panitia Sekretaris

Kusnadi

Mengetahui
Kepala Desa

 

Ahmad Thohir



 
4. Surat Permohonan Bantuan Dana Bencana


KEPALA SURAT (LOGO, NAMA ORGANISASI & ALAMAT

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Warga Perumahan Indah Permai
di tempat

Dengan hormat,

Mengingat banyaknya saudara kita yang terkena musibah akibat banjir di Kab. Bogor, maka kami dari Karang Taruna desa Kemang mengharapkan partisipasi dan bantuan dari seluruh warga perumahan Bogor Kemang Residence untuk meringankan beban yang dialami oleh saudara- saudara kita yang menjadi korban.

Kami menerima segala jenis sumbangan, baik berupa materi ataupun non materi sesuai keikhlasan dari bapak/Ibu sekalian. Selanjutnya hasil dari sumbangan yang telah terkumpul akan segera kami salurkan ke Posko banjir II di daerah Bale Endah.

Demikian surat permohonan ini kami buat. semoga apa keikhlasan dari apa yang bapak/ibu sisihkan mendapatkan keridhoan Allah SWT. kami ucapkan banyak terima kasih atas segala perhatian dan partisipasinya.

Ketua Karang Taruna

 

(nama)




5. Surat Permohonan Beasiswa

SURAT PERMOHONAN
Bogor, 19 April 2020

Kepada Yth :
Ketua Bidang Akademik dan Bidang Kemahasiswaan
(nama beliau)
Universitas Pakuan Bogor

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan adanya pemberituahuan mengenai beasiswa yang tertera di website universitas, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :
Nim :
Fakultas/Jurusan :
Semester :

Dengan ini bermaksud mengajukan surat permohonan beasiswa, sebagai kelengkapan surat permohonan ini, berikut saya lampirkan berkas- berkas pendukung untuk dijadikan bahan pertimbangan. Besar harapan saya dapat menerima beasiswa ini.

Demikian surat permohonan beasiswa ini saya ajukan. Atas perhatian Bapak / Ibu. saya ucapkan banyak terima kasih

Mengetahui

Orang Tua / Wali                                                                                    Hormat saya        





(nama orang tua/wali diisi)                                                                (nama sendiri)