Waspada Hujan Lebat Di Antara Sore ke Malam dari tanggal 27 September 2020 s/d 29 September 2020

#Tags

Saat ini terjadi  aktifitas Gelombang Atmosfer di wilayah Indonesia. Kedua aktivitas tersebut yakni, Rossby Ekuatorial  dan Madden Jullian Oscillation. Hal ini memberikan kontribusi pada peningkatan massa udara basah yang mendukung terbentuknya awan-awan hujan dalam beberapa hari ke depan, setidaknya dari tanggal 27 September hingga 29 September 2020.

Ilustrasi : Cuaca Buruk | Photo by Eugene Triguba on Unsplash

 

>

Kondisi tersebut diperkuat dengan anomali hangat suhu muka laut di perairan Indonesia, terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin (konvergensi) yang memanjang di Pesisir Barat Sumatera, Selat Karimata, sebagian Pulau Jawa, Selat Makassar dan Laut Banda, dan didukung dengan kondisi atmosfer yang hangat dan lembab di sebagian besar wilayah Indonesia.”

Berdasarkan analisis beberapa fenomena atmosfer di atas, BMKG memprediksikan  untuk wilayah Jabodetabek konsentrasi hujan intensitas sedang-lebat masih cukup potensial di wilayah Bogor terutama pada siang/sore hari,” jelas Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangan tertulisnya.

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui: call center 021-6546315/18, http://www.bmkg.go.id, follow media sosial @infoBMKG, aplikasi iOS dan android “Info BMKG”, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.