NUSANTARA POLO CLUB - TEMPAT REKREASI SEKALIGUS TEMPAT OLAHRAGA KUDA YANG MENYENANGKAN

#Tags

Saat ini tidak ada profil publik di Indonesia  yang namanya cukup lekat dikaitkan dengan olahraga berkuda (equestrian) selain Prabowo Subianto. Berbeda dengan pejabat publik lain, Prabowo Subianto benar-benar memperlihatkan kesukaannya pada olahraga berkuda.

Mudah sekali mencari artikel nama tempat / ranch berkuda Prabowo Padahal selain ranch beliau yang di Hambalang, beliau juga punya jasa untuk pembinaan atlet polo di Bogor. Ya Nusantara Polo Club, yang merupakan lokasi klub polo berkuda ekslusif di Indonesia.
< div>
Nusantara Polo Club berlokasi Jalan Kp. Kranji No.44, Ciriung, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.. Berjarak sekitar 1,5 KM dari Jalan Mayor Oking Jaya Atmaja. Dari Jalan Mayor Oking Jaya Atmaja, masuk ke Jalan Kranji Timur sebelum Kantor Pos Mayor Oking dengan jarak tempuh 1 KM untuk sampai ke NPC.

Menurut cerita beliau di suara.com , awal mulanya adalah dia membeli klub Batavia Polo Klub yang berlokasi di Lapangan Banteng, Jakarta. Segera, dia mengubah namanya menjadi Nusantara Polo Club dan memindahkannya ke Jagorawi Golf and Country Klub, Jalan Karanggan Raya, Cibinong, Jawa Barat.


Keterangan gambar :
Tampak atas kandang kuda, arena polo berkuda di Nusantara Polo Club
Sumber foto :  https://www.instagram.com/bardo_kido
 
 
Meski olahraga polo berkuda asalnya, identik dengan Eropa dan permainan kaum bangsawan, hingga disebut dengan Kings Sport. Kini, atlet polo berkuda Indonesia yang banyak berlatih di Nusantara Polo Club, malah  bukan para bangsawan. Menurut Prabowo, malah mencari calon atlet dari anak petani.

Sepanjang sejarah atlet di Nusantara Polo Club sudah memenangi kejuaraan seperti juara 3 Kings Cup Thailand 2006, turnamen polo SEA Games 2007, dan runner-up Mercedes Benz Thai Polo Open 2008. Bahkan Nusantara Polo Club menjadi rumah dari pemain tim nasional Polo Indonesia.  Keikutsertaan mereka di  SEA GAMES 2019 di Philipina berhasil merebut medali perunggu.

Keterangan Gambar : Pertandingan Polo Berkuda di Nusantara Polo Club
Sumber Foto : Page FB  Nusantara Polo  Club
 
Meski kesannya, klub polo ini terbatas polo berkuda, tapi sebenarnya klub ini terbuka untuk umum. Setidaknya pengunjung bisa joging dan berjalan-jalan di area tanpa dipungut biaya, jika area sedang tidak digunakan untuk latihan dan pertandingan polo berkuda.

Salah satu tulisan kompasiana, Anandito Reza, menuturkan pengalamannya saat berkunjung ke Nusantara Polo Club, bahwa untuk berlatih polo berkuda dikenakan biaya 750rb s/d 1 juta per jam. Juga disediakan penitipan kuda, dan penyewaan lokasi foto untuk prewedding.  Jelas tempat ini bisa jadi tempat yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga kecil untuk  melihat kuda lebih dekat.