Telaga Warna Puncak Bogor

#Tags

Telaga Warna Puncak Bogor adalah sebuah objek wisata alam yang terletak di Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Objek wisata ini berada di dekat perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas. Dilatar belakangi persawahan dan perkampungan penduduk dengan gunung yang menjulang tinggi menambah keindahan panorama alam yang sudah ada.


Air danau bersuhu 20 C dengan kemiringan 45° ini memiliki udara yang segar sangat cocok untuk berwisata.
 Menurut kepercayaan masyarakat setempat, air telaga ini konon dapat berubah warna.

Sebelum ditetapkan sebagai kawasan taman wisata, kawasan Telaga Warna merupakan bagian dari Kawasan Cagar Alam (CA) hutan Gunung Mega Mendung dan hutan Gunung Hambalang yang ditetapkan berdasarkan GB tanggal 17 Juli 1972 No. 14.Telaga Warna merupakan hulu Sungai Ciliwung dan merupakan kawasan buffer zone Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Taman nasional merupakan satu kawasan alam yang dilestarikan dengan memiliki ekosistem asli, yang dikelola dengan sitem zonasi yang nantinya dimamfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan dan salah satu objek tujuan wisata , serta tempat rekreasi.

Di Taman Wisata Alam Telaga Warna juga terdapat obyek wisata budaya berupa makam keramat yang sering dikunjungi para pejiarah. Kegiatan Wisata Alam Yang Dapat Dilakukan Menikmati keindahan alam. Foto hunting. Pengamatan burung. Lintas Alam. Sarana dan Prasarana Fasilitas yang disediakan bagi wisatawan di Taman Wisata Alam Telaga Warna antara lain : Jalan setapak, MCK, Shelter dan pos jaga.

Daya Tarik Obyek Taman Wisata Alam Telaga Warna memiliki pemandangan alam yang indah dengan udara sejuk, di samping itu juga terdapat danau alam di mana permukaan airnya tampak berwarna, hal ini disebabkan oleh pantulan sinar matahari yang datang dari celah-celah dedaunan dan jatuh di permukaan danau yang berfungsi sebagai cermin. Keadaan alam yang relatif masih utuh merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Akses
Untuk mencapai wisata Telaga Warna, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau bus umum (jurusan Cianjur) menuju Kawasan Puncak. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dari tepi Jalan Raya Puncak selama 10 menit.