Penulisan Ucapan Peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang Benar

#Tags

Akhir bulan Juli atau awal masuk bulan Agustus biasanya sudah banyak persiapan dimulai untuk acara perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Salah satu supaya suasana "peringatan hari kemerdekaan " ini begitu terasa adalah dengan membuat baliho, umbul umbul, hingga spanduk, yang isinya ucapan atau kalimat terkait perayaan HUT RI.

Sayangnya, banyak di antara masyarakat yang belum paham dengan berbagai istilah atau penulisan yang benar terkait pengucapan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).


Cara Menuliskan Kalimat Dirgahayu

Salah satunya yang banyak salah kaprah adalah, penggunaan kata “Dirgahayu”. Dirgahayu artinya berumur panjang (kata sifat). Tapi sering sekali ditulis misalnya Dirgahayu  HUT Republik Indonesia ke -77. Kemungkinan yang menuliskan mengira dirgahayu  mempunyai arti --" selamat "

Jika dibiarkan, ungkapan yang salah ini, jangan - jangan jadi kebiasaan salah  menulis ungkapan dirgahayu. Sebab, jika diperhatikan dari penulisan yang benar di atas maka bisa disimpulkan bahwa harus ditulis dahulu ulang tahun ke-76 bagi bangsa Indonesia.

Jika ingin menggunakan kata “Dirgahayu”, sebaiknya jangan menambhkan “HUT”
Sebagaimana disebutkan di atas “Dirgahayu” merupakan kata sifat yang memiliki arti berumur panjang. Sedangkan, dalam KBBI kata “HUT” juga memiliki artian yang sama, yakni hari ulang tahun.


Berrdasarkan hal tersebut, penulisan yang benar untuk mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia sebaiknya  seperti di bawah ini:

Salah: “Dirgahayu HUT RI.”

Kenapa salah? Coba kalau dibaca sesuai artinya, Semoga panjang umur hari ulang tahun RI.

Benar: “Dirgahayu Republik Indonesia.”

Bukan Dirgahayu RI Ke-76, melainkan cukup Dirgahayu RI saja

Ungkapan “Dirgahayu” juga tidak dapat ditambahkan dengan keterangan waktu seperti ke-76 dan sebagainya. Untuk itu, ungkapan yang benar adalah:

Salah: “Dirgahayu RI ke-76.”

Benar: “Dirgahayu RI.” atau “Dirgahayu RI. Selamat Ulang Tahun ke-76.”

Ubah ungkapan Dirgahayu Kemerdekaan Kita ke-76 dengan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia
Penulisan kata “Dirgahayu” pada dasarnya juga bias digabungkan dengan kata “Kemerdekaan”. Namun, jangan sampai kamu menggunakan kata “Kita” untuk menerangkan makna orang Indonesia. Misalnya:

Salah: “Dirgahayu Kemerdekaan Kita ke-76.”

Benar: “Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia.”

Ingin membuat ungkapan berupa ucapan ulang tahun? Kamu bisa menggunakan ungkapan “Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.”
Untuk mengucapkan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia, kamu juga bias menggunakan kata dengan makna sesungguhnya, yakni ‘ulang tahun’. Hanya saja, jangan sampai kamu salah menulisnya.


Nah, berikut ini beberapa ungkapan perayaan kemerdekaan yang menggunakan kata ‘ulang tahun’:

Salah: “Hari Ulang Tahun Republik  Indonesia ke-76.”

Benar: “Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.”

Salah: “Ulang Tahun Republik  Indonesia ke-76.”

Benar: “Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.”

Salah: “Selamat Hari Ulang Tahun RI ke-76.”

Benar: “Selamat Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.”

Ungkapan salah lainnya adalah Peringatan Ulang Tahun RI ke-76. Sebab, yang benar adalah Peringatan Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia
Kamu juga bisa ikut meramaikan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan memberikan ucapan peringatan selamat ulang tahun. Nah, begini penulisannya yang benar:

Salah: “Peringatan Ulang Tahun RI ke-76.” 

Benar: “Peringatan Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.”

Jika kamu ingin menggunakan kata HUT, ubah ungkapan HUT RI ke-76 menjadi HUT ke-76 RI
Jika kamu ingin mengganti kata ‘Dirgahayu’dengan’HUT’, maka penulisan ungkapannya yang benar, antara lain:

Salah: “HUT RI ke-76.”

Benar: “HUT ke-76 RI.”

Demikian penjelasan singkat bagaimana seharusnya menulis ungkapan untuk menyambut hari kemerdekaan RI yang benar. Sudah seharusnya sebagai warga Negara Indonesia yang baik memang peduli dengan hal-hal seperti ini. Untuk menunjukkan kita peduli dengan hari Kemerdekaan RI dan menghargai pengorbanan para pahlawan bangsa Indonesia.