Simbol Barbershop : Tabung Dengan Pita Merah, Putih, dan Biru

#Tags

Kalau sedang perlu ke barbershop / salon / atau tukang cukur, namun umumnya ada di  barbershop ya, biasanya ada tabung di atas dekat pintu. Tabung ini biasanya di dalam ada pita putih, merah dan biru yang dibuat saling bersilang. Ada lokasi yang membuat pita pita di dalam berputar pelan, ada pula yang tidak berputar sama sekali. Kabarnya ini semacam simbol tukang cukur internasional, sama seperti lambang ular di lembaga kesehatan. 


Arti tabung merah putih biru di tempat tukang cukur

Jadi sebenarnya, pita warha merah, putih, dan biru di tiang tukang cukur masing-masing mewakili darah, perban, dan pembuluh darah. Representasi aneh ini berasal dari zaman Perunggu.

Ahli pemangkas atau tukang cukur awal biasanya menggunakan tongkat, baskom, dan perban putih selama prosedur mereka. Pasien akan memegang tongkat, menyebabkan pembuluh darah mereka menonjol. Baskom dan perban digunakan untuk menangkap dan membersihkan kelebihan darah.


Saat tidak digunakan, tongkat akan ditempatkan di luar dengan perban yang melilitnya sehingga darah bisa mengering. Baskom ditempatkan terbalik di atas staf. Akhirnya, perban berdarah akan meninggalkan noda merah pada tongkat. Pada hari-hari berangin, tongkat akan berputar, menunjukkan pola berputar-putar merah dan putih yang berbeda. Ini adalah asal usul tiang tukang cukur modern.

Akhirnya, sebuah tiang yang dicat merah, putih, dan biru akan datang untuk menggantikan tongkat itu. Warna merah melambangkan darah, warna putih perban, dan warna biru melambangkan urat yang menonjol. Seiring waktu, tukang cukur mulai hanya fokus pada potongan rambut dan bercukur. Namun, untuk mempertahankan simbol yang telah menjadi kebiasaan orang, tiang tukang cukur-bedah berwarna merah, putih, dan biru tetap ada dan masih digunakan hingga hari ini untuk mengidentifikasi tempat pangkas rambut secara global.

BACA JUGA :

Daftar Lokasi Barbershop Bogor dan Cibinong Yang Bikin Ganteng

Fakta Menarik Tentang Tukang Cukur

  • Di Mesir dan budaya kuno lainnya, tukang cukur sering kali menjadi pendeta yang tugas utamanya adalah mencegah roh jahat merasuki orang. Mereka melakukan ini dengan mencukur rambut yang dianggap sebagai tempat masuknya setan ke dalam tubuh.
  • Tempat pangkas rambut tertua di dunia adalah 'Truefitt and Hill' di London. Itu didirikan pada tahun 1805.
  • Kata barber berasal dari bahasa latin “barba” yang berarti jenggot.