Hari Jadi Bogor ke-540 Tahun Versi Kota Bogor Bertemakan Abhinaya Satya Lestari

#Tags

 Pada tanggal 3 Juni 2022 nanti Kota Bogor genap berusia 540 tahun. Peringatan Hari Jadi Kota Hujan tahun ini mengusung tema 'Abhinaya Satya Lestari'. Tema tersebut mengandung makna,Abhinaya : Semangat, Satya : Tulus dan Lestari : Tidak berubah, bertahan, terus hidup. Artinya, semangat yang tulus untuk menghadirkan program-program berkelanjutan bagi lingkungan agar bumi terus hidup atau lestari.


 

Logo  Hari Jadi Bogor ke-540

Logo Hari Jadi Bogor Ke 540 dari Pemerintah Kota Bogor

  • Huruf dan angka pada logo dibuat menggunakan font bertema aksara.
  • Makna Kujang Mata 9. Masyarakat Sunda memandang kujang sebagai refleksi ketajaman dan daya kritis, serta lambang kekuatan dan keberanian untuk memperjuangkan hak-hak dan kebenaran.
  • Elemen sungai menggambarkan salah satu usaha kebijakan populer yang diputuskan Sri Baduga Maharaja adalah menciptakan parit besar yang mengitari ibu kota Pajajaran, Pakuan, langkah ini tertulis pada Prasasti Batutulis.
  • Konon parit ini selain sebagai pengairan persawahan untuk kesejahteraan warga, juga menjadi sarana melindungi area ibu kota Pajajaran dari lawannya.
  • Daun. Makna daun dalam logo ini adalah sebagai simbol hidup harus bekerjasama atau berkolaborasi. Sehelai daun ternyata saling mendukung dengan dedaun lainnya untuk menjaga keberlanjutan hidupnya.
  • Bila suatu pepohonan memiliki daun yang rimbun nan hijau, ibarat pohon tersebut hidup dengan baik. Selain itu, daun juga sebagai simbol bahwa Pemkot Bogor sangat konsern di isu lingkungan dan program pembangunan yang berkelanjutan.
  • Untuk logo Mahkota Sri Baduga Maharaja terinspirasi dari mahkota Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi. Dimana beliau telah mewariskan jalan hidup bagi generasi sekarang yang sangat relevan dengan kondisi saat ini. Prabu Siliwangi mewariskan prinsip kebajikan yang disebut dengan pakena gawe rahayu (membiasakan diri berbuat kebajikan). Prinsip ini merupakan jalan menuju kesejahteraan yang hakiki dengan berbuat kebajikan kepada Tanah Air, bangsa, Negara, orang tua, guru dan pemimpin. Beliau juga mewasiatkan prinsip-prinsip kebenaran yang dikatakan dengan pakena kereta bener (membiasakan diri berbuat dalam kebenaran), yakni jalan menuju ketentraman bagi seseorang dalam menjalani hidup dengan tidak melanggar hukum agama, adat maupun hukum negara. Dalam menegakkan peraturan tersebut dilakukan oleh tindakan dengan memberikan sanksi dan hukuman bagi siapapun yang melanggar peraturan, atau ketentuan negara pada waktu itu.

Prinsip hidup lainnya yang tertuang dalam prasasti dan undang-undang yang dibuat pada zaman itu mewakili gambaran bahwa Prabu Siliwangi mengajarkan rakyatnya untuk hidup baik dan benar, menghormati hidup orang lain, tidak berlebihan, dan selalu eling waspada bahwa hidup di dunia ini hanya sementara. Prinsip ini juga sejalan dengan tema HJB 540 Tahun 'Abhinaya Satya Lestari'.


Rencana Peringatan HJB Bogor Ke 540

Kegiatan dimulai oleh Festival Hari Jadi Bogor ke-540 yang dimulai sejak Sabtu (28/5/2022) hingga (26/6/2022) yang berlangsung di Lapangan Bola Marzuki Mahdi Cilendek, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Kemudian, bazar UMKM yang diselenggarakan sejak Jumat (3-4/6/2022) di Jalan Nyi Raja Permas. Dihari yang sama juga ada pelaksanakan helaran seni budaya yang dipusatkan di Balaikota, Alun-Alun Kota dan Mesjid Agung Bogor.

Pada hari puncak peringatan HJB, Tanggal 3 Juni 2022, Pagi hari Wali Kota Bogor membagikan KTP kepada 58 warga yang berulang tahun tepat di tanggal 3 Juni. Kemudian disambung rapat paripurna istimewa di DPRD Kota Bogor.

Lalu disambung dengan acara pawai yang akan digelar sore hari. Ada beberapa alternatif pawai, namun salah satunya adalah rute Balai Kota Bogor, Jalan Djuanda, dan kemudian belok langsung ke Alun-Alun Kota Bogor .

Ada banyak kegiatan  yang telah disiapkan selama satu bulan penuh. Mulai dari kegiatan kebudayaan, pameran UMKM, gowel Bogor, hingga mengundang sederet artis dan band dari Jakarta.

Even yang masyarakat Kota Bogor tak boleh ketinggalan yakni even Swaraya. Selama dua hari yakni 25 hingga 26 Juni 2022, akan ada semacam konser musik dari artis Tanah Air, mulai dari Raisa, Kunto Aji, RAN, Maliq & D’Essentials,  Tulus, Yura, Fortwenty, dan banyak lainnya.
.
Calendar of Event Kota Bogor 2022

Nama Event : Festival Hari Jadi Bogor ke 540
Tanggal Event : 28 Mei s/d 26 Juni 2022
Nama Penyelenggara : Pakuan Mahakarya Abadi Venue : Lapangan Bola Marzuki Mahdi Cilendek

Nama Event : Bazar UMKM
Tanggal Event : 3 s/d 4 Juni 2022
Nama Penyelenggara : Dinas Indag dan UMKM
Venue : Jl. Nyi Raja Permas

Nama Event : Helaran Seni Budaya
Tanggal Event : 3 Juni 2022
Nama Penyelenggara : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota  Bogor
Venue Event : Balaikota, Alun – Alun Kota dan Mesjid Agung Bogor.


Nama Event : Gepang Loop
Tanggal Event : 4 Juni 2022
Nama Penyelenggara : Xplore Bogor
Venue : Boxies Mall

Nama Event : SV IPB Culture Week
Tanggal Event : 4-5 Juni 2022
Nama Penyelenggara : Sekolah Vokasi IPB
Venue : Bogor Creative Cente

Nama event : Ciliwung Couple Ride
Tanggal Event : 5 Juni 2022
Nama Penyelenggara : Bogor Ciliwung Coummunity
Venue : Mall Boxies 123

Nama event : Zero to Zero
Tanggal Event : 11 Juni 2022
Nama Penyelenggara : Gowel Bogor
Venue : Balaikota

Nama event : Festival Kampung Wisata
Tanggal Event : 17 Juni – 9 Juli 2022
Nama Penyelenggara : Kompepar Kampung Wisata
Venue : Setiap Kampung Wisata

Nama Event : Bogor Open Archery Championship 2022 Piala bergilir presiden
Tanggal Event : 26 Juni – 3 Juli 2022
Nama Penyelenggara : Pajajaran Archery Center Kota Bogor
Venue : Zeni (Puzdiksi)

Nama Event : Bogor Great Sale
Tanggal Event : Juni 2022
Nama Penyelenggara : Markom Mall
Venue : Mall Kota Bogor

Nama Event : Babakti Tugu Kujang
Tanggal Event : 15 s/d 19 Juni 2022
Nama Penyelenggara : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor
Venue : Tugu Kujang

Nama Event : Swaraya
Tanggal Event : 25 s/d 26 Juni 2022
Nama Penyelenggara : YesPlis.com
Venue : Kebun Raya Bogor
Raisa, Kunto Ajim RAN, Maliq & D’Essentials
26, Tulus, Yura Fortwenty

Nama Event : Wisata ke Kampung Seni
Tanggal Event : Akhir Juni 2022
Nama Penyelenggara : Sanggar Endas
Venue : di Sanggar Endas