Tips Memilih Kacamata Untuk Wajah Bulat dan Bentuk Wajah Lainnya

#Tags

Secara umum ada 7 bentuk wajah manusia, antara lain :

  • bentuk wajah bulat
  • bentuk wajah persegi
  • bentuk wajah diamond
  • bentuk wajah oval
  • bentuk wajah hati
  • bentuk wajah persegi panjang
  • bentuk wajah segitiga


Masing - masing orang punya keunikan wajahnya sendiri. Dan untuk membuat penampilan menarik, saat ini banyak yang menggunakan kacamata, baik karena masalah penglihatan (mata minus, plus, atau pun mata rabun karena tua), maupun karena situasi (terlalu banyak sinar), dan untuk sekdar gaya saja,

Target utama jika  kacamat untuk kesehatan adalah bisa beraktivitas lagi secara normal, dan tentu saja kalau bisa tampil lbeih menarik degan kacamata.

Sebagian besar dari kita berpikiran bahwa aspek terpenting dalam memilih bingkai kacamata adalah bagaimana penampilannya di wajah kita, apakah cocok atau tidak sesuai dengan bentuk wajah. Berikut adalah tips untuk memilih kacamata sesuai bentuk wajah yang dapat dipertimbangkan pada saat akan membeli kacamata.

Tips Memilih Kacamata

Kacamata untuk bentuk wajah Oval

Wajah oval dianggap bentuk wajah ideal karena proporsinya yang seimbang. Untuk menjaga keseimbangan wajah berbentuk oval, carilah bingkai kacamata yang selebar (atau lebih lebar dari) bagian terluas wajah, atau bingkai yang berbentuk dan terlihat tidak terlalu sempit pada wajah mu.
Kacamata untuk bentuk wajah Hati

Bentuk wajah ini memiliki bagian bawah yang kecil dan bagian dahi yang lebar. Untuk meminimalkan lebar di bagian atas wajah, coba bingkai kacamata yang lebih lebar di bagian bawahnya. Pilih warna dan material yang ringan dengan gaya bingkai tanpa bingkai, lensa hanya dipasang di tempat oleh beberapa sekrup, tanpa bingkai di sekitarnya.
Kacamata untuk bentuk wajah Panjang

Wajah berbentuk panjang memiliki garis pipi lurus yang panjang dan terkadang memiliki hidung panjang juga. Untuk membuat wajah berbentuk panjang atau lonjong tampak lebih pendek dan lebih seimbang, cobalah bingkai yang tidak lebar, atau dengan bridge kacamata yang rendah untuk ilusi hidung lebih pendek.

Kacamata untuk bentuk wajah Persegi

Wajah persegi memiliki garis rahang yang kuat dan dahi yang lebar, ditambah dengan lebar dan panjangnya dalam proporsi yang sama. Untuk membuat wajah persegi terlihat lebih panjang dan melembutkan setiap sudutnya, cobalah gaya bingkai kacamata yang sempit.
Kacamata untuk bentuk wajah Berlian
kacamata bulat

Wajah berbentuk berlian ialah bentuk wajah yang sempit di garis mata dan rahang, dan memiliki tulang pipi lebar yang tinggi. Ini adalah bentuk wajah yang paling jarang ditemui. Untuk menyorot mata dan melembutkan tulang pipi, cobalah kacamata tanpa bingkai atau bentuk kacamata oval dan cat-eye.

Kacamata untuk bentuk wajah Segitiga

Wajah segitiga memiliki dahi yang sempit dan melebar di daerah pipi dan dagu. Untuk menambahkan lebar dan menyeimbangkan sepertiga bagian atas yang sempit, cobalah bingkai cat eye atau mata kucing.

Kacamata untuk wajah Bulat

Memiliki wajah bulat memang memiliki tantangan tersendiri untuk menemukan bentuk kacamata yang tepat. Pasalnya, salah memilih bentuk kacamata akan membuat wajah makin terlihat bulat. Untuk menyiasatinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kacamata.

- Frame dengan sudut untuk mempertegas garis wajah

 

Wajah bulat memiliki ciri tulang pipi dan dagu yang bulat. Agar kacamata tidak membuat wajah makin terkesan bulat, penting untuk memilih kacamata dengan bentuk bingkai yang tepat. Umumnya, wajah bulat tidak memiliki sudut wajah yang tegas. Tidak jarang orang dengan wajah bulat bersusah payah menciptakan dimensi wajah dengan riasan kontur. Untuk membantu menciptakan kontur wajah secara alami, ada baiknya memilih kacamata dengan bingkai bersudut.  Dengan memilih kacamata bersudut, Anda bisa menonjolkan kontur wajah dan memberikan dimensi yang tegas. Kacamata dengan bingkai persegi akan menyeimbangkan proporsi wajah. Sudut-sudutnya akan memberi aksen tajam dan kesan wajah yang lebih panjang.

- D-frame, bergaya retro dan dapat menutupi sebagian wajah

Kacamata D-frame adalah kacamata dengan bingkai berbentuk huruf D dalam posisi horizontal. Model kacamata ini cocok untuk Anda yang berwajah bulat karena akan menutupi pipi yang chubby. Selain itu, kacamata ini memiliki sudut yang akan membuat wajah terlihat lebih tirus.

- Pointy detail, menyamarkan pipi yang bulat


 

Kacamata dengan model pointy detail atau cat eye. Model kacamata ini tergolong jadul, tetapi kembali menjadi tren yang banyak digemari. Kacamata model ini berbentuk lancip di bagian ujung dan merupakan model yang paling cocok untuk wajah bulat. Dengan sudutnya yang lancip, wajah akan terlihat lebih memiliki dimensi dan tulang pipi akan lebih menonjol.

- Hindari kacamata dengan frame tebal


 

Kacamata berbingkai gelap dengan frame terlalu tebal justru akan memberatkan kontur wajah bagi bentuk wajah bulat. Bingkai tebal memberi kesan wajah terkesan penuh. Meskipun menutupi sebagian besar wajah, bingkai terlalu tebal akan membuat wajah justru terlihat makin besar. Oleh karena itu, Anda yang berwajah bulat ada baiknya memilih kacamata dengan bingkai yang tipis.

- Metal  Round

 


Kacamata berbingkai metal round sempat populer di tahun 90-an sampai akhirnya kian menurun popularitasnya. Kini, model ini kembali dipopulerkan oleh Korea Selatan sehingga kembali menjadi tren yang digemari banyak kalangan. Kacamata metal round biasanya memiliki ukuran yang besar. Selain menutupi pipi yang chubby, kacamata berbingkai besar ini akan lebih fokus pada mata Anda.

- Sesuaikan Ukuran kacamata

Jangan piliha kacamata yang kecil, yang bisa membuat wajah terlihat lebih lebar. Selain itu kacamata terlalu kecil juga tidak nyaman.

- Pilih warna frame netral jika berhijab


 

Frame kaca mata berwarna netral, seperti hitam, warna metal, dan cokelat. Ini karena kacamata dengan frame berwarna netral lebih mudah dipadupadankan dengan warna hijab apapun.


Yang terpenting, pilih kacamata yang tidak hanya menyeimbangkan fitur wajah mu, tapi juga melengkapi gaya pribadi yang mencerminkan diri mu, kacamata yang akan nyaman dan yang lebih penting lagi, membuat mu percaya diri saat mengenakannya.

Setiap model kacamata memiliki karakternya tersendiri. Jika kamu menyukai kacamata model aviator atau cat eye tapi kamu takut apakah kacamata tersebut cocok atau tidak denganmu, cobalah ke optik terlebih dahulu. Jika tips di atas tidak menyarankan model kacamata yang kamu suka sesuai bentuk wajah mu tetapi kamu percaya diri menggunakannya, silahkan dilakukan! Jangan jadikan tips di atas penghambat kamu untuk mencoba gaya kacamata lainnya.