Menentukan Arah Kiblat Dengan Kompas Atau Aplikasi Handphone

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Salah satu rukun Islam adalah wajib melaksanakan sholat 5 waktu dalam sehari. Untuk melakukan ibadah sholat tidak boleh sembarangan, karena harus menghadap ke arah kiblat. Arah kiblat bagi seorang muslim mengacu pada Ka'bah yang berada di Masjidil Haram, di Arab Saudi. 

Secara umum, arah kiblat untuk umat muslim yang berada di Indonesia adalah sekitar arah barat laut atau patokan arah terbenamnya matahari. Jika berada di mesjid atau musholla, mungkin tinggal menyesuaikan saja. Namun, banyak umat muslim yang masih kebingungan ketika akan menentukan arah kiblat saat akan melaksanakan salat di tempat baru atau melaksanakan salat di alam bebas.

Menentukan arah kiblat sebelum salat merupakan hal yang penting untuk dilakukan, terlebih saat kita berada di lokasi yang tak pernah kita kunjungi. Hal ini perlu dilakukan karena salat dengan menghadap kiblat merupakan perintah dan termasuk ke dalam syarat sah salat. Ini sesuai dengan yang tertuang dalam ayat Alquran berikut:



وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ اَلْمَسْجِدِ اَلْحَرَامِ } اَلْبَقَرَةِ
 

Artinya: "Di antara syarat shalat lainnya adalah menghadap kiblat. Allah Ta’ala berfirman, ‘Dan dari mana saja kamu (keluar), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram." (QS. Al-Baqarah: 150)”



Artikel di bawah ini akan memberi tahu beberapa cara menentukan arah kiblat dengan menggunakan kompas dan aplikasi di smartphone.

Cara Menentukan Arah Kiblat


Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Kompas

Sudah diketahui bahwa alat untuk mengetahui arah mata angin adalah kompas. Kompas menggunakan gaya magnet, dan hanya menunjukkan araha Utara dan Selatan.

Karena dapat menentukan arah, kompas bisa jadi salah satu cara dalam menentukan arah kiblat di alam bebas atau tempat baru yang tidak diketahui arahnya. Menurut Muh. Hadi Bashori dalam buku Kepunyaan Allah Timur dan Barat: Sejarah, Permasalahan, dan Teknik Pengukuran Arah Kiblat, pengukuran arah kiblat dengan kompas dapat menggunakan turunan dari konsep geografis.

Ini sama seperti konsep arah yang kerap diajarkan ketika di sekolah, yakni apabila didefinisikan secara azimuth maka utara = 0 derajat, timur = 90 derajat, barat = 180 derajat, dan selatan = 270 derajat.



Untuk menentukan arah kiblat menggunakan kompas, seseorang yang akan melaksanakan salat perlu memutar kompas hingga kompas menunjukan nilai azimuth berikut ini:

  • Utara: 0/360 derajat
  • Timur Laut: 45 derajat
  • Timur: 90 derajat
  • Tenggara: 135 derajat
  • Selatan: 180 derajat
  • Barat Daya: 225 derajat
  • Barat: 270 derajat
  • Barat Laut: 315 derajat


Dalam praktik pengukuran arah kiblat, deklinasi adalah hal utama yang digunakan dalam menentukan nilai azimuth atau arah mata angin yang sebenarnya. Azimuth dapat dihitung dengan rumus:
Z = Zm + D atau Zm = Z - D
Keterangan:
Z = azimuth sejati
Zm = azimuth magnetik
D = deklinasi
Bila rumus di atas menghasilkan bilangan negatif, maka tambahkan dengan angka 360. Namun, apabila hasilnya lebih dari 360, kurangkan dengan 360. Angka dasar dari azimuth dalam satuan derajat adalah antara 0-360 derajat.
Setelah mengetahui nilai azimuth untuk mengetahui arah kiblat, berikut ini ada cara praktis menentukan arah kiblat menggunakan kompas yang dapat dilakukan:

  1. Putar dial skala pada kompas sehingga menunjukkan azimuth yang dimaksud
  2. Letakkan kompas di tangan. Putar kompas sehingga azimuth magnetik searah dengan pandangan lurus
  3. Putar badan bersama kompas di tangan, sedemikian rupa hingga ujung jarum kompas yang berwarna merah (utara) berhimpit dengan utara skala kompas. Sekarang anda telah menghadap azimuth yang dimaksud.


Cara Menentukan Arah Kiblat dengan Aplikasi di Handphone Pintar

Meski bisa menentukan arah mata angin dengan kompas, namun ada kekurangannya :

  1. Pemakaian cukup sulit, harus menghitung semua sudut
  2. Terkadang pusat magnet tidak tepat di kutub utara
  3. Tak hanya itu, benda lain yang memiliki sifat magnet juga dapat mempengaruhi kinerja kompas.


Alternatif lain adalah menggunakan ponsel pintar. Kini sudah ada banyak aplikasi yang mempunyai fungsi menunjuk lokasi kiblat. Apalagi rata-rata orang kini memiliki ponsel android dan iphone. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi pencari kiblat di smartphone beserta tata cara menggunakannya:

1. Qibla Finder


 

Aplikasi arah kiblat pertama yang bisa digunakan umat muslim adalah Qibla Finder. Aplikasi ini dapat di-download di Google Play Store atau App Store.

Mengutip informasi dari Google Play Store, Qibla Finder merupakan aplikasi luncuran Google yang dapat membantu umat muslim untuk mencari arah kiblat dimanapun dan kapapun. Aplikasi satu ini juga telah dilengkapi fitur Augmented Reality dan GPS yang memungkinkan umat muslim di berbagai dunia mendapatkan informasi arah kiblat virtual secara akurat layaknya sebuah kompas namun dalam versi yang lebih mudah dipahami.

Tak hanya membantu penggunanya mencari kiblat yang langsung dengan melacak lokasi Ka'bah, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai kalender Islam yang akurat.

Bisa cek aplikasi ini playstore untuk handphone Android di QIBLA FINDER

2. Kiblat Connect


 

 Kiblat Connect adalah aplikasi Smartphone yang membantu pengguna ponsel Muslim di seluruh dunia dalam menemukan arah yang tepat kiblat (قبلة) dan juga memberikan timing Namaz tepat untuk membuat mereka salat dengan mudah. Kiblat Finder ini menunjukkan jalannya Ka'bah dengan bantuan yang unik dan mudah dimengerti Qibla Compass.

Keistimewaan:
Dengan bantuan dari kiblat locator ini Anda dapat:
Cari Arah Kiblat mana saja kapan saja
lokasi Lacak Ka'bah dengan Baik secara online (menggunakan GPS) dan offline (manual memasukkan lokasi saat ini) mode
Hitung jarak kiblat dari tempat yang ada di kedua Kilometer dan derajat

Cek aplikasi ini di SINI

4. Prayer Times and Qibla

 



Tak hanya menentukan arah kiblat, aplikasi yang satu ini juga bisa menjadi pengingat waktu salat. Aplikasi arah kiblat ini juga didukung oleh beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Tautan aplikasi di SINI


4. Jadwal Sholat, Kiblat & Adzan

 


Aplikasi Jadwal Sholat, Kiblat & Adzan bisa juga jadi aplikasi yang dapat diandalkan bagi umat muslim dalam mencari arah kiblat. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki perhitungan waktu salat yang sangat akurat.

Jadwal sholat adalah sebuah aplikasi untuk menghitung waktu sholat berdasarkan dari lokasi Anda yang ada di seluruh Indonesia secara otomatis, dan juga untuk melihat arah kiblat.

Fitur:
* Mengetahui jadwal sholat setiap harinya.
* Mengetahui jadwal Imsakiyah (untuk berpuasa Ramadan ataupun puasa Sunnah).
* Mengetahui jadwal sholat 30 hari kemudian.
* Alarm adzan ketika jadwal sholat yang ada di Indonesia tiba.
* Melihat arah kiblat dari lokasi Anda.
* Jarak ke Ka'bah dari lokasi Anda.
* Bisa mengatur jadwal sholat manual dari yang telah terkulasi oleh aplikasi.
* Support Bahasa: (English, Indonesia, Malaysia, French, German).

Cek tautan aplikasi di SINI
 
5. Kiblat %100 , Qibla

 



Aplikasi ini membantu Anda untuk mencari kiblat di manapun Anda berada. Arah Ka’bah di Mekah ditunjuk dengan arah pada peta sehingga Anda hanya perlu menyesuaikan arah sebelum Anda memulai sholat.

✓ Anda tidak butuh internet untuk melihat dimana Kiblat berada. Aplikasi %100 Kiblat menunjukkan kepada Anda dimana Kiblat berada bahkan pada modus luring (offline) dengan bantuan fitur kompasnya.
✓ Lokasi Anda ditentukan secara akurat dengan bantuan fitur GPS di dalam Aplikasi.
✓ Anda bisa menemukan kembali lokasi Anda dengan fitur “Temukan lokasi saya” agar yakin mengenai arah.
✓ Anda bisa menentukan ulang lokasi Anda dengan penanda.
✓ Juga memungkinkan bagi Anda untuk membagikan Kompas Kiblat di Facebook dan jaringan sosial lainnya ke teman-teman Anda.
★ Anda perlu memegang ponsel Anda pada permukaan yang rata dan menjauhkannya dari area elektromagnetik dan obyek logam. Jika diperlukan, Anda bisa mengatur ulang lokasi Anda dengan menekan penanda.

Cek tautan aplikasi di SINI