Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Pidato perpisahan sekolah merupakan momen yang takkan mungkin dilupakan oleh kebanyakan orang. Ini adalah acara dimana waktu terakhir kalinya kita bersama teman-teman, guru, dan petugas sekolah lainnya bersama. Pertemuan terakhir atau acara perpisahan dilakukan oleh para siswa sekolah yang duduk di kelas 6 (SD), kelas IX (SMP), ataupun kelas XII (SMA).



Setelah melewati masa-masa sekolah selama beberapa waktu,  maka harus berpisah untuk melanjut ke jenjang selanjutnya. Memang, perasaan sedih dirasakan jika bicara tentang perpisahan. Namun,  setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan.

Saat acara perpisahan, mungkin suatu waktu ada yang diminta berdiri di atas panggung untuk menyampaikan sambutan. Ya, pidato perpisahan sendiri mungkin sering diminta ke beberapa orang untuk memberikan sambutan perpisahan. Secara umum isi pidato ini adalah bagian pembuka, isi, dan penutup.  Bbeberapa contohnya disajikan di artikel bawah ini, barangkali bisa jadi inspirasi jika dibutuhkan, bisa ditambah dan dikurangi sesuai situasi masing masing.



Contoh contoh pidato perpisahan sekolah


Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6


Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh

Yang kami hormati,

Bapak Kepala SD Negeri 3 Cilendek Timur

Para guru SD Negeri 3 Cilendek Timur

Bapak/Ibu wali murid sekalian

Dan teman-teman kami

 

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya bagi kita semua. Hari ini kita berkumpul bersama untuk merayakan sebuah perpisahan yang indah.

Pertama-tama, kami ucapkan terima kasih untuk para guru yang telah membimbing, mendidik, dan mengajari kami ilmu pengetahuan selama enam tahun ini. Semoga Allah SWT senantiasa membalas jasa-jasa Anda.

Pada kesempatan ini kami memohon maaf atas segala kesalahan yang telah kami lakukan selama belajar di sekolah ini, atas tingkah laku kami yang mungkin membuat Bapak/Ibu guru kesal atau marah. Kami berharap Bapak/Ibu guru selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Untuk adik-adik kami yang masih meneruskan pendidikan di SD Negeri 3 Cilendek Timur, kami kakak-kakakmu hanya ingin berpesan teruslah menuntut ilmu, belajar yang rajin, dan hormatilah selalu Bapak/Ibu guru di sekolah ini. Patuhlah pada nasihat-nasihat baik mereka.

Kemudian yang terakhir, teruntuk orang tua kami tercinta, terima kasih banyak atas kasih sayangnya pada kami, terima kasih sudah bersedia menyekolahkan kami di SD Negeri 3 Cilendek Timur, dan terima kasih atas didikan kalian.

Demikian saya akhiri pidato perpisahan ini, Wassalamu'alaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh.



Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9


Assalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh

 

Yang terhormat Bapak Kepala SMP Negeri 6  Kota Bogor

Yang terhormat Bapak/Ibu guru SMP Negeri 6 Kota Bogor

Serta teman-teman dan adik-adik kelas kami yang kami cintai

 

Di hari yang indah ini, kami haturkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas izin-Nya kita bisa berkumpul bersama untuk acara perpisahan kelas 9 SMP Negeri 6 Kota Bogor. 


Saya selaku wakil dari kelas 9, ingin mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan yang pernah kami lakukan selama kami bersekolah diSMP Negeri 6 Kota Bogor.  ini, baik kepada Bapak Kepala Sekolah, seluruh guru, serta teman-teman, dan adik-adik kelas kami.

Walau kami melakukan kesalahan berulang kepada para guru yang mengajar, tetapi Bapak/Ibu sekalian selalu membimbing, menasihati, dan mendidik kami dengan sabar. Maka dari itu, kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua guru yang sudah menjadi pembimbing dan pembina kami.

Untuk adik-adik kelas tercinta, teruskan perjuangan kalian dalam menuntut ilmu dan jangan patah semangat. Teladanilah selalu para guru yang sudah mengajar, mendidik, dan membimbing kalian.

Adik-adikku sekalian, kami mungkin bukan contoh yang baik untuk kalian maka berprestasilah lebih baik dari kami sampai kalian bisa mencapai cita-cita.

Kami akan selalu mengenang setiap kenangan yang sudah kami lewati di SMP Negeri 6 Kota Bogor.ini, kini kami akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Akhir kata, saya ucapkan sekian dan banyak terima kasih.

Wassalamu'alaikum warrahmatuloh wabarakatuh.


Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelasa 12


Assalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh...

 
Yang terhormat Bapak Kepala SMA Negeri 10 Bogor

Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah Ibu Eneng Herawati

Yang terhormat para guru serta staff di SMA Negeri 10 Bogor

Yang terhormat Bapak/Ibu wali murid

Serta seluruh teman-teman yang berbahagia

 

Salam sejahtera bagi kita semua, Alhamdulilah kami panjatkan puji dan syukur pada Allah SWT atas rahmat-Nya dan atas izin-Nya kami semua bisa berkumpul di acara pelepasan kelas 12 SMA Negeri 10 Kota Bogor.

Di kesempatan yang berbahagia ini, saya sebagai wakil dari kelas 12 SMA Negeri 11 Kota Bogor mengucapkan selamat kepada seluruh teman-teman yang sudah menyelesaikan ujian akhir dan sudah menempuh kelulusan dengan hasil yang baik. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak sekolah yang sudah berhasil meluluskan siswa siswinya.

Hadirin yang berbahagia,

Sudah banyak kenangan yang telah kita lewati selama 3 tahun bersekolah di SMA Negeri 10 Kota Bogor. Sudah banyak juga suka dan duka yang kita lewati bersama, tetapi jika ada pertemuan maka akan ada perpisahan. Kini tiba saatnya kami melanjutkan fase pendidikan yang lebih tinggi di hidup, kami yaitu ke perguruan tinggi.

Pada kesempatan kali ini juga, saya mewakili teman-teman saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para guru yang telah mengorbankan seluruh waktunya untuk mendidik dan membimbing kami. Semoga Allah SWT membalas semua jasa-jasa Bapak dan Ibu guru semua.

Untuk teman-teman seperjuangan yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, mari kita teruskan perjuangan kita dan semoga kita mendapatkan keberhasilan serta kesuksesan. Semoga kita semua bisa mendapatkan cita-cita yang kita inginkan.

Demikian pidato dari saya, mohon maaf jika ada salah kata, terima kasih atas perhatiannya. Sekian.

Wassalamu'alaikum warahmatuloh wabarakatuh.


Contoh Pidato Perpisahan Bahasa Sunda

Jika ingin memberikan sambutan pidato perpisahan dalam bahasa Sunda, berikut di bawah ini contohnya sebagaimana dilansir dari wisatabdg.com .

Bismilaahirrohmanirrohiim,
Assalaamual'aikum wr. wb.

Langkung ti payun sim kuring ngahaturkeun hatur nuhun ka pihak panitia anu parantos masihan waktos kanggo sasanggem dina ieu acara. Hapunten anu kasuhun, saupami dina ieu biantara aya pisanggem anu kirang merenah, boh basana boh tata kramana.

Bapa Kapala Sakola miwah Bapa sareng Ibu Guru, katut para sepuh nu hadir di ieu tempat,
Kitu deui sakumna réréncangan sakola sadaya anu dipikacinta,

Dinten ieu, dina raraga paturay tineung murid kelas genep/salapan/dua belas, tipayun mangga urang sasarengan nyanggakeun puji sinareng sukur ka Gusti Nu Maha Suci, réh maparinan taufik sareng hidayah-Na, dugi ka danget ieu urang sadaya aya dina séhat wal afiat. Pamugi ku kasumpingan urang sadaya kénging ridho ti Alloh SWT.

Solawat sinareng kasalametan mugia dilélérkeun ka jungjunan urang sadaya Nabi Muhammad SAW., ku jasa mantenna anu parantos maparin patwa ka urang sadaya dugi ka terang mana anu haq sareng mana anu bathil. Mugia urang sadaya kalebet umat anu taat kana ajaran mantenna.

Bapa sareng Ibu Guru,sareng réréncangan sakola sadaya anu dipikacinta,
Sim kuring atas nami wakil murid kelas genep/salapan/dua belas, seja ngadugikeun katineung, kedal lisan dina raraga paturay tineung. Bapa sinareng ibu guru anu dipikacinta, cunduk waktu ninggang mangsa, teu karaos sim kuring saparakanca diatik dididik sagalaning elmu pangaweruh anu teu kinten seueurna jasa bapa miwah ibu guru sadaya. Sim kuring sadar yén salami tilu taun tos tinangtos seueur ngalakukeun hal-hal anu matak musingkeun sareng pikakeuheuleun. Kumargi sakitu, sim kuring saparakanca seja neda sih hapuntenna tina samudayaning kalepatan.

Kalih ti éta sim kuring saparakanca seja neda pidua ka bapa, ibu guru supados tiasa neraskeun diajar ka sakola nu langkung luhur. Teu hilap ka adi-adi sadaya nu masih kénéh aya di bangku sakola, mugi sing getol diajar, sareng sing taat kana piwuruk bapa sareng ibu guru. Kitu ogé ka almamater urang sadaya, mugia sakola ieu sing langkung nanjeur ku préstasi-préstasina katut pangeusina diharepkeun sing tiasa ngajagi ngaran ieu sakola.

Bapa, ibu guru, sadaya nu sami hadir nu dipikacinta.
Sakitu biantara ti sim kuring,  mung sakitu anu kasuhun. Ieu biantara bade dipungkas waé ku sisindiran:

Saninten buah saninten
dipilih di parapatan
Hapunten abdi hapunten
bilih seueur kalepatan

Wabillahi taufik walhidayah
Wassalaamu'alaikum wr. wb.


Terjemahan pidato perpisahan bahasa Sunda ke  dalam Bahasa Indonesia:


Bismilaahirrohmanir rohim,
Assalaamualaikum wr. wb.

Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia yang sudah memberikan waktu kepada saya untuk menyampaikan sambutan di acara ini. Saya mengucapkan maaf jika dalam pidato ini ada ucapan yang kurang sesuai, baik bahasa maupun tatakrama.

Bapak Kepala Sekolah juga Bapak dan Ibu Guru, juga para orang tua yang hadir di tempat ini,
Begitu juga teman-teman satu sekolah yang saya cintai,

Hari ini, dalam rangka perpisahan siswa kelas VI/kelas IX/Kelas XII, sebelumnya mari kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Suci, karena Dia-lah yang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya, sehingga sampai sekarang kita semua sehat wal afiiat. Semoga kehadiran kita semua di sini mendapat rido dari Allah SWT.

Solawat dan keselamatan semoga dihaturkan kepada Nabi kita semua Nabi Muhammad SAW, berkat jasa beilau yang sudah memberikan fatwa kepada kita semua sehingga mengetahui mana yang haq dan mana yang bathil. Semoga kita semua termasuk kepada umat yang taat kepada ajaran beliau.

Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman semua yang saya cintai,
Saya atas nama wakil kelas VI/kelas IX/kelas XII, berniat menyampaikan rasa rindu, melalui lisan dalam rangka perpisahan ini. Bapa dan Ibu Guru yang saya cintai, waktu perpisahan akhirnya tiba, tidak teras saya dan teman-teman diajar dan dididik segala ilmu dan pengetahuan yang tidak sedikit jasa dari Bapa serta Ibu guru semua. Saya sadar bahwa selama menempuh pendidikan di sekolah ini tentunya banyak melakukan hal-hal yang kerap memusingkan dan membuat jengkel Ibu Bapa Guru. Oleh karena itu, kami dan teman-teman menghaturkan minta maaf yang tiada terhingga atas segala kesalahan.

Selain itu, kami dan teman-teman semua meminta do'a kepada Bapa dan Ibu Guru semoga kami bisa melanjutkan sekolah ke pendidikan yang lebih tinggi. Tidak lupa juga kepada adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah ini, semoga lebih rajin belajar, serta taat kepada nasihat Bapak dan Ibu Guru.

Bapak, Ibu Guru, dan semua hadirin yang saya cintai.


Demikian pidato dari saya, lebih-kurangnya saya meminta maaf.

Wabillahi taufik walhidayah
Wassalaamu'alaikum wr. wb.