Cara Membuat Lokasi di Google Maps Baik Peramban Maupun Aplikasi HP

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Google Maps adalah layanan yang menyediakan informasi rinci tentang wilayah geografis dan situs di seluruh dunia. Layanan yang dikelola ileh Google ini selain menawarkan peta jalan konvensional, juga  pemandangan udara dan satelit dari banyak tempat. Layanan perta digital ini ini dapat memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360 derajat hingga kondisi lalu lintas hingga perjalanan rute untuk bepergian dengan mobil ataupun sepeda.



Google Maps menawarkan beberapa layanan yang tersedia dalam bentuk web maupun aplikasi, sebagai berikut.

  • Perencana rute menawarkan arahan bagi pengemudi, pengendara sepeda, pejalan kaki, dan pengguna transportasi umum yang ingin melakukan perjalanan dari satu lokasi tertentu ke lokasi lain.
  • Antarmuka program aplikasi (API) Google Maps memungkinkan administrator situs Web untuk menyematkan Google Maps ke dalam situs berpemilik seperti panduan real estat atau halaman layanan masyarakat.
  • Google Maps untuk Seluler menawarkan layanan lokasi bagi pengendara yang memanfaatkan lokasi Global Positioning System (GPS) perangkat seluler (jika tersedia) beserta data dari jaringan nirkabel dan seluler.
  • Google Street View memungkinkan pengguna untuk melihat dan menavigasi melalui gambar tingkat jalan panorama horizontal dan vertikal dari berbagai kota di seluruh dunia.


Dalam kehidupan sehari-hari, Google Maps sering digunakan untuk pencarian berbagai lokasi seperti rumah, mal, kafe ataupun hotel sehingga lebih mudah menjangkaunya. Selain mencari lokasi yang sudah ada, kita sebagai pengguna juga dapat mendaftarkan lokasi baru di Google Maps.

Cara menambahkan lokasi di aplikasi Google Maps dan website

Cara membuat alamat di Aplikasi Google Maps (Android / Iphone)

  1. Daftarkan lokasi baru melalui aplikasi Google Maps Android dan iOS
  2. Buka aplikasi Google Maps pada ponsel.
  3. Klik 'Kontribusi'.
  4. Klik 'Edit Peta > Tambahkan atau perbaiki tempat > Tambahkan tempat yang belum ada.
  5. Atau bisa klik 'Add Place' atau 'Add a Missing Place'.
  6. Isi informasi tempat yang ingin ditambahkan (nama, kategori, alamat lokasi, jam operasional, kontak, situs web, hingga foto).
  7. Klik Kirim.


Daftarkan lokasi baru di Google Maps melalui peramban website (browser  seperti chrome, mozilla firefox, Edge, Opera)

  1. Di laptop, klik browser dan ketik alamat https://www.google.co.id/maps/
  2. Cari alamat yang ingin ditambahkan.
  3. Klik di bagian kanan yang berbentuk simbol pin merah
  4. Pilih opsi tambah tempat
  5. Isi informasi tempat yang ingin ditambahkan seperti (nama, kategori lokasi, jam operasional, kontak, situs web dan foto)
  6. Lalu pilih kirim


Setelah kamu menambahkan alamat baru dengan cara di atas, nantinya Google akan memvalidasi informasi yang diberikan dan mengirimkan e-mail ke kamu berisi status penambahan alamat yang sudah diajukan.

Tak hanya cara membuat alamat, Google Maps juga memiliki fakta unik tentang area pribadi. Jika Anda pernah melihat area yang disamarkan atau tidak bisa diperjelas ini berarti area atau wilayah tersebut tidak boleh diekspos. Selain tempat, kadang jika ada terlihat ada foto manusia,maka wajah akan disamarkan, begitu juga plat kendaraan. Karena beberapa negara memiliki perjanjian dengan Google dan juga pernah memberikan pengajuan bahwa area atau suatu bagian  tidak boleh diekspos.  Google akan menyamarkan area tersebut atau tidak memperlihatkan secara jelas.