Cara Membuat Donat dan Resep Bahan Bahan

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Donat  adalah jenis makanan yang terbuat dari adonan goreng beragi. Camilan ini populer di banyak negara dan disiapkan dalam berbagai bentuk sebagai camilan manis yang dapat dibuat sendiri atau dibeli di toko roti, supermarket, warung makan, dan vendor khusus waralaba. Donat biasanya digoreng dari adonan tepung, tetapi jenis adonan lain juga bisa digunakan. Berbagai topping dan perasa digunakan untuk berbagai jenis, seperti gula, cokelat, atau kaca maple. Donat juga dapat mengandung air, ragi, telur, susu, gula, minyak, mentega, dan perasa alami atau buatan.


Dua jenis yang paling umum adalah donat cincin dan donat isi, yang disuntik dengan pengawet buah (donat jeli), krim, custard, atau isian manis lainnya. Potongan kecil adonan terkadang dimasak sebagai lubang donat. Setelah digoreng, donat dapat dilapisi dengan lapisan gula, diolesi dengan lapisan gula atau cokelat, atau di atasnya dengan gula bubuk, kayu manis, taburan atau buah. Bentuk lainnya termasuk bola, bola pipih, tikungan, dan bentuk lainnya. Donat menjadi salah satu kudapan yang kerap kali dipilih ketika ingin mengemil. Teksturnya yang empuk dengan berbagai macam topping tentunya membuat siapa saja otomatis memilih makanan yang satu ini.


Berkat hal tersebut, tak sedikit yang berniat untuk membuat donat sendiri dibandingkan harus membelinya. Namun, tidak jarang yang mengeluhkan berulang kali gagal membuat donat yang empuk dan tidak dapat mengembang dengan sempurna.


Cara Membuat Donat Empuk

Kalau Anda ingin mencoba membuat donat sendiri, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Bahan-bahan  membuat donat

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 250 ml air hangat
  • 5 sdm gula pasir
  • 2 kuning telur
  • 100 gram margarin, cairkan, dinginkan
  • 6 gram ragi instan atau 1 sdt ragi instan
  • 2 sdm susu bubuk
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
  • Gula halus untuk taburan
Resep membuat donat


Langkah-langkah membuat donat

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan untuk membuat donat. Kemudian, siapkan wadah yang cukup besar. Masukkan 250 ml air hangat, 5 sdm tepung terigu, ragi, dan gula pasir. Aduk searah jarum jam perlahan-lahan dengan sendok sampai larut.
  2. Setelah tepung, ragi, dan gula pasir sebelumnya larut, masukkan sisa tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Apabila tepung sudah masuk kira-kira setengah dari ukuran, masukkan satu per satu telur, susu bubuk, dan margarin.
  3. Jika sudah, aduk kembali hingga tercampur dengan rata. Kemudian, tambahkan sisa tepung sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket lagi.
  4. Lalu, uleni adonan sampai kalis dan elastis. Jika sudah, tutup adonan dengan menggunakan plastic wrap atau kain bersih. Diamkan sampai mengembang 2 kali lipat atau kira-kira selama 45 menit.
  5. Setelah 45 menit atau adonan mengembang 2 kali lipat, kempeskan adonan dan uleni kembali sebentar saja. Bagi-bagi adonan berbentuk bulat, tutup kembali dengan menggunakan kain bersih. Diamkan adonan sampai mengembang lagi.
  6. Jika adonan sudah mengembang lagi, lubangi bagian tengah dengan menggunakan tutup botol atau cetakan donat. Lakukan sampai semua adonan habis.
  7. Kemudian, siapkan wajan besar dan panaskan minyak. Masukkan donat ke dalam minyak tersebut. Lalu, goreng donat dengan api kecil-sedang. Hanya boleh sekali dibalik saja agar donat matang dengan sempurna.
  8. Lakukan pada semua donat hingga habis. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Tunggu hingga donat dingin dan berikan taburan gula halus di atasnya atau dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Donat telah siap untuk dinikmati.


Mudah sekali bukan untuk membuatnya? Langsung saja praktikkan di rumah.