Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat : Tujuan, Kumpulan Doa, Tulisan Latin, Terjemahan / Arti Dan Waktu Membacakannya

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Selamat dunia akhirat merupakan harapan sebagai umat muslim. Artinya berharap mendapatkan atau diridhoi oleh Allah SWT untuk mendapatkan keselamatan tak hanya di dunia, tetapi juga setelah meninggal. 


 

Kenapa setelah meninggal ? Karena banyak yang menyadari siksa di akhirat jauh lebih pedih dibanding dengan di dunia. Apalagi jika tidak membawa perbekalan berupa amal baik dan hanya membawa amal buruk lebih banyak. Dengan kesadaran itu lah, umat Islam dianjurkan senantiasa berupaya menghindari berbagai bahaya dan larangan dari Allah SWT.Itu sebab umat Islam sangat memahami penting maksud dan mengamalkan doa selamat dunia akhirat sebagai salah satu bentuk ikhtiar.

Salah satu bentuk ikhtiar tersebut adalah lewat doa. Diketahui, doa adalah permintaan yang dilangitkan ke Tuhan. Berdoa boleh dihaturkan dengan berbagai bahasa. Sebab, Allah SWT mengetahui berbagai bahasa yang dilantunkan termasuk niat hamba-Nya dalam berdoa. Pun demikian dengan doa selamat dunia dan akhirat

Manfaat / Tujuan Melantukan Doa Selamat Dunia Akhirat

Terdapat bacaan doa selamat dunia akhirat yang bertujuan agar terhindar dari marabahaya. Bacaan doa ini bisa dibaca kapan pun dan di mana pun oleh umat muslim yang menginginkan keselamatan agar terhindar dari berbagai jenis kejahatan atau keburukan. Dengan membaca doa selamat dunia dan akhirat, setiap muslim dapat memperoleh dan mengindari hal-hal berikut:

  1. Mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat.
  2. Terhindar dari bencana atau malapetaka.
  3. Terhindar dari tipu daya orang kafir.
  4. Selamat dari orang zalim.
  5. Selamat dari penguasa zalim.
  6. Dijauhkan dari siksa api neraka.



Kumpulan Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat

Doa merupakan  senjata bagi orang mukmin. Demikian kiranya kalimat itu disadur  ucapan Rasulullah SAW yang bersabda:
“Doa adalah senjata orang mukmin dan pilar (tiang) agama serta cahaya langit dan bumi.” (HR. Abu Ya’la)

Karena itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk memanjatkan doa kapan pun dan di mana pun berada supaya selamat dunia dan akhirat.

Dihimpun dari buku Kamus Doa oleh Luqman Junaedi dan berbagai sumber lain, berikut kumpulan doa selamat dunia akhirat yang dapat diamalkan:

1. Doa memohon keselamatan dunia akhirat

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ
وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ
اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ
رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa 'afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan 'indal mauti wa maghfirotan ba'dal mauti.

Allahummaa hawwin 'alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal 'afwa 'indal hisaabi, rabbanaa laa tuzigh quluubana ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa 'adzaa ban naar.

Artinya / terjemahan :

 "Ya Allah kami memohon padaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Ya, Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka."


2. Doa memohon kebaikan dunia akhirat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
 "Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannaar."

Artinya: "Ya Tuhan kami, berila kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka."


3. Doa memohon dijauhkan dari azab neraka

رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا إِنَّهَا سَاءَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا
 

Rabbanas rif 'annnaa 'azaaba Jahannama inna 'azaabahaa kaana gharaamaa, innahaa saaa'at mustaqarranw wa muqoomaa.

Artinya: 

“Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal. Sesungguhnya jahanam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.”


4. Doa agar keluarga bahagia

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
 

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a'yunin waj'alnaa lil muttaqiina imaamaa.

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah pada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa." (QS Al Furqan ayat 74).


الّلهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ
Allahumma innii as'aluka nafsan bika muthma'innatan tu'minu biliqaa'ika wa tardhaa biqadhaa'ika wa taqna'u wa tafna'u bi'athaa'ika.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon pada-Mu jiwa yang tenang, yang percaya dengan pertemuan dengan-Mu dan menerima apa yang menjadi anugerah-Mu dan rela terhadap ketentuan-Mu."

5. Doa memohon keselamatan keluarga

رَبِّ اجۡعَلۡنِىۡ مُقِيۡمَ الصَّلٰوةِ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِىۡ‌‌ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ‏
Rabbij 'alnii muqiimas Salaati wa min zurriyyatii Rabbanaa wa taqabbal du'aaa'

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

Kapan Membaca Doa Selamat Dunia Akhirat?

Setelah mengetahui lafal bacaan doa selamat di dunia dan akhirat, tak lengkap rasanya jika tak memahami di waktu apa saja doa tersebut dilantunkan. Sebenarnya,  berdoa dapat diamalkan kapan pun dan di mana pun.  Namun, agar lebih afdal dan mendapatkan berbagai keutamaan, waktu tertentu untuk memanjatkan sebuah doa, termasuk doa selamat dunia akhirat kerap dicari.
Dilansir dari laman NU Online dan beberapa sumber, berikut waktu yang dianjurkan untuk membaca doa selamat dunia akhirat:

  1. Setiap selesai menunaikan salat fardu lima waktu.
  2. Setelah mendengar dan membaca doa sesudah azan.
  3. Setelah salat malam, seperti salat tahajud dan salat hajat.
  4. Saat malam ke-23 di bulan Ramadan.
  5. Saat malam lailatul qadar.


Rutin melantunkan bacaan doa selamat dunia dan akhirat lengkap di atas harus diniatkan dengan harapan agar Allah memberi perlindungan-Nya pada kita semua baik di dunia hingga di akhirat kelak. Demikian, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca , dan tentu saja bisa menambah keimanan kita kepada Allah SWT.