Kuliner Khas Bogor Untuk Berbuka Puasa

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Selain dikenal sebagai kawasan yang mempunya banyak titik tempat wisata, Bogor juga populer dengan kulinernya yang beragam. Kuliner khas Bogor umumnya berupa hidangan berkuah yang diolah dari beragam bahan dan bumbu. Kelezatan kuliner khas Bogor tentu cocok untuk disantap saat buka puasa pada bulan Ramadan.

Anda bisa menjajal berbagai menu buka puasa khas Bogor.  Ada banyak hidangan lezat khas Bogor yang bisa Anda coba. Berikut daftar menu buka puasa khas Bogor yang pasti enak, nikmat, dan mengenyangkan.

Kuliner Khas Bogor Untuk Berbuka Puasa

Mie Glosor

 


Mie glosor adalah salah satu menu buka khas Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat. Glosor artinya mengalir. Ini karena tekstur mienya seolah mengalir lancar dari mulut menuju kerongkongan dan lambung. Sajian mie glosor dibuat menggunakan bumbu rempah dasar yang ditumis hingga menghasilkan aroma sedap. Makanan ini biasanya disajikan dengan tambahan sambal kacang, sayuran, dan gorengan.

Laksa Bogor

Laksa Bogor. Sumber : https://www.instagram.com/dapoersikoko/
 

Laksa merupakan hidangan khas Bogor yang berisi ketupat, bihun, tauge, dan daun kemangi. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah kuning dan taburan serundeng yang gurih. Laksa khas Bogor biasanya menggunakan tahu kuning dan telur rebus.


Soto Bogor

Soto Bogor. Sumber : https://www.instagram.com/kulinertanjungduren/

 

Soto tak cuma cocok dimakan untuk sarapan, namun bisa disantap kapan pun, termasuk saat berbuka puasa. Anda bisa menemukan soto Bogor dijajakan oleh pedagang kaki lima di bulan Ramadhan.

Soto Bogor memiliki kuah berwarna kuning dengan santan. Perbedaan dengan soto pada umumnya, lauk soto Bogor bisa Anda pilih sesuai selera. Adapun varian lauk yang bisa dipilih mulai dari daging sapi, kikil, hingga jeroan sapi.

Tambahan kecap, bumbu tambahan soto, disiram kuah soto kuning yang kental karena campuran santan. Kaldu kuah soto direbus lama menggunakan tulang sapi yang membuat rasanya gurih dan nikmat.



Cungkring

Cungkring, makanan khas Bogor. Sumber : https://www.instagram.com/laparmanjaa/

Anda wajib coba menu buka puasa khas Bogor bernama cungkring. Cungkring sendiri merupakan kikil atau bagian kepala sapi yang diberi bumbu kuning dan disiram saus kacang. Bentuk penyajian cungkringnya ditusuk seperti halnya sate.

Campuran lontong, gorengan, dan bawang goreng disajikan pada pincuk atau daun pisang. Ditambah cungkring, kemudian disiram menggunak saus kacang. Tekstur cungkring yang kenyal berpadu sempurna dengan renyahnya gorengan dan gurihnya saus kacang.

Mochi


 

Kue mochi ala Bogor bisa jadi menu takjil favorit di rumah. Selain memiliki isian kacang, talas, dan keju, ada varian isian buah lainnya nanas, stroberi hingga buah pala. Mochi jadi pilihan tepat menu buka puasa karena rasanya yang manis dan dari bahan dasar tepung ketan mengenyangkan.

Adonan tepung ketan dicampur dengan air hingga kalis kemudian dibuat bulatan yang pipih baru direbus. Gula cairnya dari gula pasir dan tambahan daun pandan agar aromanya harum. Adonan tepung ketan dan gula cair dicampurkan sebelum diisi dengan isian favorit.

Es Sekoteng

 


Es sekoteng termasuk minuman legendaris Bogor yang bisa jadi menu takjil. Es sekoteng ini mirip dengan es campur. Es batu disusun di mangkuk, kemudian diberi alpukat, kelapa parut, dan pacar cina atau mirip dengan sagu mutiara. Sebagai pemanisnya, ditambah gula cair dan kental manis. Meski nampak sederhana, minum es sekoteng untuk buka puasa sangatlah nikmat dan menyegarkan.

Itulah beberapa rekomendasi menu buka puasa khas Bogor yang cocok untuk disantap bersama keluarga di rumah. 

Doclang

Doclang. Sumber : https://www.instagram.com/lindazlinyu/


Doclang terdiri dari ketupat, ketang rebus, telur rebus, bumbu kacang, dan kerupuk. Sekilas memang mirip dengan kupat tahu ataupun gado-gado, namun perbedaannya ada pada ketupat yang digunakan.

Doclang menggunakan ketupat yang digunakan disebut dengan pesor, sejenis ketupat yang dibungkus dengan daun patat, yang banyak tumbuh di kaki Gunung Salak.

Toge Goreng

Toge goreng. Sumber :  https://www.instagram.com/linasutiono/

Sesuai dengan namanya, tauge atau toge goreng merupakan hidangan khas Bogor yang terbuat dari tauge. Toge goreng berisi potongan lontong, tahu, dan mi kuning.

Sebelum disajikan, toge goreng disiram dengan kuah gurih yang terbuat dari oncom.


Bapatong

 


Bapatong merupakan akronim dari bakso, ketupat, dan gentong.  Seperti namanya, bapatong dibuat dari ketupat yang disertai dengan bakso.  Selain ketupat dan bakso, hidangan ini ditambahkan daging sapi dan kuah kaldu.

Asinan

Asinan Bogor. Sumber : https://www.instagram.com/tsaniwismono/

Asinan terbuat dari sayur atau buah yang dipotong dan dimasak dengan kuah asam pedas. Biasanya, kuah asinan Bogor berwarna merah yang berasal dari cabai. Sebegai pelengkap, akan diberi taburan kerupuk kuning dan kacang tanah.