Daftar Nama Warna Dalam Bahasa Indonesia dan Inggris dan Contoh Warna

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Jika melihat suatu hal, maka selalu kita melihat selain bentuk adalah warna. Apakah warna cream, warna merah, atau warnah apa pun. Warna  menurut wikipedia merupakan spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer. Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.

Dalam peralatan optis, warna bisa pula berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya: merah, hijau, biru yang digabungkan dalam komposisi tertentu. Misalnya pencampuran 100% merah, 0% hijau, dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi warna magenta. Dalam seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Misalnya pencampuran pigmen magenta dan cyan dengan proporsi tepat dan disinari cahaya putih sempurna akan menghasilkan sensasi mirip warna merah.

daftar warna
Daftar Warna



Setiap warna mampu memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai kondisi sosial pengamatnya. Misalnya warna putih akan memberi kesan suci dan dingin di daerah Barat karena berasosiasi dengan salju. Sementara di kebanyakan negara Timur warna putih memberi kesan kematian dan sangat menakutkan karena berasosiasi dengan kain kafan (meskipun secara teoretis sebenarnya putih bukanlah warna).

Di dalam ilmu warna, hitam dianggap sebagai ketidakhadiran seluruh jenis gelombang warna. Sementara putih dianggap sebagai representasi kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang. Secara ilmiah, keduanya bukanlah warna, meskipun bisa dihadirkan dalam bentuk pigmen.

Jenis warna atau daftar warna sendiri cukup banyak. Namun sebagian besar, Warna terbagi menjadi 4, yakni primer, sekunder, tersier dan juga netral. Warna primer adalah warna dasar, yakni, merah, kuning dan biru. Warna sekunder adalah warna campuran dari 3 warna primer.

Warna tersier adalah percampuran salah 1 warna primer dan sekunder. Sedangkan warna netral adalah campuran ke-3 jenis warna diatas. 

Warna Cream / Warna Krem Sebagai Contoh

Warna itu banyak variannya, jika ditotal ada lebih dari 1000 macam. Diantara warna-warna tersebut ada yang sering kita lihat seperti warna merah, kuning, hijau.Ada pula warna lain sering disebut, tapi agak sulit juga di dengan tegas menyebutnya, seprti warna cream atau warna krem.

Warna cream atau  krem menurut kamus bahasa Inggris Merriam Webster adalah warna kekuningan pucat dan mendekati putih. Warna krem berasal dari kombinasi abu-abu muda/ pucat, coklat, dan kuning.

Contoh warna cream
Warna Cream, Beige, dan Ivory

Dalam kehidupan sehari-hari, yang tidak terlatih mungkin agak sulit membedakan antara warna Beige dan Cream. 

Untuk itu dalam industri tertentu, serin digunakan katalog warna atau bagan warna, supaya tidak salah paham. Katalog atau bagan warna  ini tergantung jenis industri dan bidang. Ada katalog warna untuk cat, ada katalog warna untuk tanaman, ada katalog warna untuk mengenal warna-warna tanah.

Contoh bagan warna untuk daun dan bunga tanaman dari RHS. Sumber : alatlaboratoriumpertanian.com

 

Nama Warna Dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah daftar nama warna yang dibuat dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Kami hanya menuliskan warna warna yang sering digunakan dan muncul dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Red : Merah
  2. Yellow : Kuning
  3. Green : Hijau
  4. Blue : Biru
  5. White : Putih
  6. Black : Hitam
  7. Purple : Ungu
  8. Orange : Jingga (Oren)
  9. Brown : Coklat
  10. Grey : Abu Abu
  11. Pink : Merah Muda
  12. Gold : Emas
  13. Silver : Perak
  14. Navy  :  Biru Dongker
  15. Dark Blue :  Biru Tua
  16. Dark Green :  Hijau Tua
  17. Dark Grey :  Abu-Abu Tua
  18. Dark Brown : Coklat Tua
  19. Light Blue : Biru Muda
  20. Light Green : Hijau Muda
  21. Light Grey : Abu Abu Muda
  22. Light Yelloy : Kuning Muda
  23. Peach : Warna Peach (buah persik)
  24. Cream : Krem
  25. Mustard : Kuning Kecoklatan
  26. Olive : Hijau Kekuningan
  27. Emerald : Hijau batu Zamrud
  28. Khaki : Cokelat muda keabuan
  29. Turquoise / Tosca : Biru kehijauan
  30. Mocca : Cokelat agak redup
  31. Maroon : Merah Marun
  32. Magenta / Fuchsia : Merah Keunguan
  33. Aqua / Cyan : Hijau kebiruan
  34. Lavender : Ungu muda
  35. Ivory : Putih Gading
  36. Denim : Biru agak gelap
  37. Beige : Abu abu kecoklatan
  38. Scarlet : Merah padam
  39. Cinnamon : Cokelat kemerahan
  40. Charcoal : Warna Arang
  41. Coral : Merah kekuningan
  42. Indigo : Nila
  43. Azure : Biru langit
  44. Army : Hijau tentara
  45. Avocado : Hijau (buah) Alpukat
  46. Terracota : Warna Tanah Liat
  47. Bottle Green : Hijau Botol
  48. Latte : Cokelat kopi susu
  49. Lime : Hijau jeruk nipis (dalamnya)
  50. Salem (salmon) : Merah kemerah mudaan
  51. Dove : Abu abu keunguan
  52. Violet : Biru kemerahan
  53. Burgundy : Warna merah anggur
  54. Mint : Hijau daun mint
  55. Mauve : Ungu Pucat
  56. Dusty : Warna Kusam (*dusty bukan nama warna)
  57. Aqua : Hijau kebiruan
  58. Teal : Hijau Kebiruan Gelap
  59. Zaitun : Kuning Gelap (buah zaitun)

 


Warna Warna yang Jarang Diketahui

Ketika ingin membeli produk kain, secara daring, kadang kita disuguhi informasi warna. kadang informasinya adalah nama warna,. Jika melihat pada foto warna sering sekali, foto antara 1 toko dan toko online yang lain bisa berbeda, karena pengaruh saat foto dipengaruhi oleh cahaya di lokasi. 

Berikut ini adalah contoh - contoh warna yang seirng dipakai dalam industri kain. 


1. Warna Blue Navy

Warna Navy atau dalam bahasa Indonesia disebut Biru Dongker adalah warna biru agak kegelap-gelapan atau biru tua. Warna ini disukai para pecinta warna gelap dan menjadi alternatif lain selain warna hitam.


 
Navy atau Navy Blue melambangkan kekaleman, keseriusan dan kedewasaan dan cocok dipadukan dengan warna-warna lain, entah itu warna terang ataupun gelap.


Dalam bidang fashion, warna navy juga cocok untuk dipakai orang dengan warna kulit dan bentuk badan apapun, termasuk orang berkulit gelap ataupun berbadan gemuk.

2. Warna Peach


 Sekilas warna peach bisa dikira warna Cream. Warna peach diambil dari nama buah Peach atau buah persik yang memiliki warna merah muda ke kuning-kuningan. Warna ini memiliki warna dasar kuning namun lebih dekat ke orange.

Warna ini memiliki kesan kalem, ceria, ramah dan lembut sehingga banyak digunakan pada desain rumah ataupun pakaian, terutama pakaian muslimah.

3. Warna Mustard


 

Warna mustard adalah warna kuning kecoklat-coklatan. Penamaannya berasal dari rempah-rempah khas daratan Eropa bernama Mustard atau dalam bahasa Indonesia disebut Mostar/Mustar.

Warna yang sudah dikenal sejak 1886 ini biasa digunakan untuk membuat saus hamburger, sandwich, pizza dan makanan lainnya.


4. Warna Olive

 Warna Olive adalah hijau kekuning-kuningan gelap. Penamaannya diambil dari warna kulit buah zaitun hijau. Warna yang dikenal sejak tahun 1912 ini terlihat elegan, kalem dan sering dipadukan dengan warna cokelat ataupun warna-warna netral.


5. Warna Emerald


 

Warna Emerald adalah warna hijau terang sedikit kebiru-biruan. Penamaannya diambil dari warna emerald atau batu Zamrud hijau. Warna yang dikenal sejak tahun 1598 ini mengesankan kesejukan dan juga kenaturalan.


6. Warna Khaki

Warna khaki adalah warna cokelat muda sedikit keabu-abuan, warna ini hampir mirip warna cream hanya saja sedikit lebih gelap. Warna khaki terbagi menjadi 2, yakni khaki terang/muda dan khaki gelap/tua.



Warna khaki sering dipakai untuk seragam pegawai negeri ataupun seragam militer di luar negeri. Ini karena warna khaki mirip dengan warna tanah atau debu sehingga sangat cocok bagi para tentara untuk melakukan kamuflase dalam medan pertempuran.

7. Warna Turquoise / Tosca / Toska


 

Warna toska adalah warna biru yang sedikit kehijau hijauan. Penamaannya diambil dari nama bebatuan, yakni batu Turquoise atau batu pirus. Warna ini memiliki sifat menenangkan sehingga sering dipakai dalam pewarnaan ruang di rumah sakit jiwa atau ruangan terapis.

Warna toska juga cocok digunakan untuk pewarnaan interior rumah, terutama di wilayah perkotaan karena warna ini juga mengesankan kesejukan dan membawa ketenangan bagi para penghuninya.

8. Warna Mocca

 


Warna mocca, mocha atau moka adalah warna coklat agar redup dan gelap. Warna mocca adalah warna pertengahan, ia tidak tua tidak juga muda, ia juga mengesankan feminisme, serius dan kemewahan.

Warna mocca adalah warna yang sering dipakai terutama sebagai warna hijab atau pakaian Muslim. Warna ini sangat pas dipakai orang Indonesia yang rata-rata berkulit sawo matang. Jadi, rasanya tak heran warna moka banyak digunakan berbagai brand fashion ternama di Nusantara.

BACA JUGA :

Teori Warna : Primer, Sekunder, Warna Tersier dan Warna Netral dan Arti Warna


 

10. Warna Maroon


Warna maroon dalam bahasa Indonesia disebut merah hati atau juga merah manggis adalah warna merah gelap kecoklatan. warna ini biasa ditemukan pada lispstik, eye shadow dan alat kecantikan lain.

 

11. Warna Magenta (Fuchsia)


Warna magenta adalah warna yang berasal dari warna dasar Ungu. Warna yang ditemukan di London, Inggris, tahun 1859 ini telihat seperti warna merah keunguan. Dalam bidang fashion, warna ini mengesankan keceriaan dan kesegaran.

Warna magenta mirip seperti warna pada bunga Fuchsia, sehingga warna magenta sering juga disebut warna Fuchsia.
 

13. Warna Aqua (Cyan)

 


Warna ini bisa atau sering salah pahami, dan dikira sama dengan warna Tosca / Torquise. Warna aqua adalah warna hijau kebiruan, warna ini cerah dan terang dan merupakan warna yang berasal dari warna dasar biru. 

Warna Aqua adalah warna yang sepintas seperti warna hijau kebiru-biruan. Sedangkan turqoise adalah warna biru yang kehijau-hijauan.


Pengaruh Pencahayaan  Kepada Penamaan Warna - Dusty, Dark, dan Light

Salah satu contoh perubahan atau penamaan warna adalah dari gelap atau terangnya warna. Contohnya dark, light, dan dusty. 

Dusty sendiri artinya adalah keabu-abuan. Jadi, Ketika seseorang menyamatkan kata ini pada sebuah warna, misalnya Dusty pink, itu maksudnya adalah warna pink keabu-abuan atau pink kusam.

Perbedaan Dusty Pink dan Pink

 Bahkan kita warna pink diberikan lebih gelap atau terang, bisa berubah lagi. 

Contoh berikutnya adalah warna ungu / purple, yang memberikan efek warna berbeda untuk pencahayaan.



Demikian artikel tentang nama - nama warna dalam  bahasa Inggris dan Indonesia dan beberapa contoh yang digunakan.